Cara Memasang Emoticon dan Simbol Khusus pada Perangkat Android

8 Jan 2013 11:30 217227 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Memang kebanyakan emoticon seperti smiley atau kaomoji menggunakan kerakter atau simbol standar, namun keduanya akan tampil lebih meriah jika menggunakan karakter khusus yang tidak standar. Jika perlu, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus pembuat smiley atau kaomoji agar lebih cepat. Pada artikel inilah Plimbi akan memaparkan cara memasang emoticon untuk perangkat Android.

Kebanyakan keyboard standar pada sistem operasi ponsel- entah itu iOS atau Android dilengkapi dengan simbol dan karakter kusus terbatas. Paling yang dilengkapi hanya karakter khusus stAndar seperti @, $, &, hingga * dan # saja. Padahal untuk hal-hal tertentu, seperti membuat rumus matematika dan lainnya, dibutuhkan simbol-simbol khusus. Untuk membuat emoticon, simbol atau karakter khusus juga diperlukan.

Memang kebanyakan emoticon seperti smiley atau kaomoji menggunakan kerakter atau simbol standar, namun keduanya akan tampil lebih meriah jika menggunakan karakter khusus yang tidak standar. Jika perlu, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus pembuat smiley atau kaomoji agar lebih cepat. Pada artikel inilah Plimbi akan memaparkan cara memasang emoticon untuk perangkat Android.

Salah satu cara memasang emoticon pada Android adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mendatangkan simbol atau karakter khusus yang tidak ada di keyboard standar. Salah satunya adalah aplikasi Symbol (Click to Symbol) buatan Yanex untuk pengguna Android. Aplikasi ini akan menampilkan sejumlah simbol atau karakter khusus untuk digunakan saat menyusun kata atau kalimat di SMS, amail, atau instant messenger.

Aplikasi ini akan menyimpan karekter yang dipilih di clipboard lalu Anda bisa mem-paste-nya di aplikasi apa saja. Pilihan aplikasi semacam ini sebenarnya cukup banyak. Ada Symbols buatan Coolpisoo, SymbolsPanel, SymbolsKeyboard & TextArt Lite, dan sebagainya. Semuanya gratis di Google Play Store.

Empat Langkah Mudah Tambah Simbol

  • Untuk menambah simbol atau karakter khusus di ponsel Android, Anda dapat menginstal Simbol buatan Yanex dari Google Play Store secara gratis. Instal aplikasi lalu jalankan.

  • Anda beberapa kategori simbol atau karakter khusus yang tersedia. Ada pilihan simbol bergambar, simbol sains, dan sebagainya. Pilih kategori dari ikon tab di bagian bawah.

  • Jika ada simbol yang hendak digunakan, tap pada simbol tersebut. Selanjutnya akan muncul notifikasi "Copied to clipboard". Buka aplikasi yang hendak dimasukkan karakter seperti email.

  • Buatlah email baru, lalu untuk memasukkan simbol yang sudah disalin ke clipboard, tap-tahan kotak isian teks dan pilih [Paste]. Simbol akan muncul di bodi email.

Tambah Emoticon Unik

Sudah menjadi kebiasaan umum orang-orang di seluruh dunia untuk menambahkan Emoticon ketika ber-email, chatting, IM, ataupun ber-SMS. Emoticon, dikenal juga dengan nama smiley, adalah ekspresi wajah yang digambarkan lewat kombinasi karakter, dan berguna untuk menghindarkan kesan kaku ketika berkirim pesan. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mendatangkan emotikon dengan cepat. Pada instant messenger atau email, sejumlah smiley sudah terinstal default. Jika Anda ingin yang berbeda, gunakan kaomoji. Ini adalah versi Jepang dari emotikon. Kao berarti wajah dan moji berarti karakter.

Perbedaan utama dari versi Jepang dan barat adalah, Kaomoji dapat dibaca secara horisontal, tanpa perlu memiringkan kepala ketika membacanya. Misalnya untuk mengekspresikan bahagia, kalau versi umum adalah :-) sedangkan kaomojinya adalah (^_^). tampilan kaomoji lebih ekspresif, dibandingkan smiley. Unsur-unsur karakter khusus yang membentuknya biasanya terdiri dari tanda kurung tutup sebagai wajah, tAnda kutip sebagai mata, dan garis bawah sebagai mulut. Kadang kita pun dapat menambahkan gerakan tangan dengan menyisipkan karakter tertentu. Sekilas mirip dengan tokoh-tokoh kartun gaya Jepang. Mukanya bulat, dengan ekspresi mata khas kartun anime.

Anda bisa mendatangkan karakter smiley unik ala Jepang ini dengan bantuan aplikasi apa saja. Tidak perlu menghafal daftar kaomoji yang banyak bertebaran di jagad maya. Pilihan aplikasinya pun cukup banyak. Anda tinggal mencari aplikasi yang tersedia di Play Store dengan menggunakan kata kunci "emoji" dan Anda dapat menemukan berbagai aplikasi emotikon gratis untuk Anda gunakan.

Untuk para pengguna iPhone dan Ipod Touch atau pun iPad, banyak aplikasi sejenis di APP Store. Anda bisa menjajal aplikasi Emoji 2, Emoticons*, Emoji ;), Emoji & Unicode Icons, dan masih banyak lagi. Anda tinggal mencarinya dengan kata kunci "emoticon" atau "emoji". Aplikasi-aplikasi tersebut menambah pustaka simbol dan karakter smiley di ponsel Anda. Hampir semuanya gratis dan dapat digunakan dengan mudah. Cara pakainya seperti aplikasi simbol atau karakter. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel