Fakta yang Membahas Tentang Hygiene dan Sanitasi

8 Mar 2022 15:20 1748 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Yang Membahas Tentang Hygiene Dan Sanitasi

Hygiene adalah salah satu jenis ilmu yang erat kaitannya dengan masalah kesehatan disertai berbagai upaya guna mempertahankan dan memperbaiki kesehatan. Ruang lingkup hygiene mencakup segala usaha perawatan kesehatan diri termasuk ketepatan sikap tubuh, maka perlu diadakan perlindungan bagi para pekerja yang terlibat dalam pengolahan makanan sehinggang bisa terhindar dari sakit, baik itu sakit yang terjadi pada umumnya serta sakit yang disebabkan oleh kecelakaan kerja. Sedangkan yang dimaksud dengan sanitasi adalah penciptaan dan pemeliharaan kondisi yang bertujuan mencegah terjadinya kontaminasi makanan sehingga menyebabkan terjadinya penyakit yang disebabkan oleh makanan tersebut. Secara garis besar hygiene merupakan usaha seseorang atau individu dan sanitasi adalah faktor dari lingkungan seseorang atau individu. 

Perbedaan Hygiene Dan Sanitasi

Hygiene dan sanitasi merupakan dua hal yang satu dengan yang lainnya tidak bisa dipisahkan namun keduanya mempunyai perbedaan. Lihat penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

Hygiene adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dari penyakit yang memfokus kepada objek itu sendiri yaitu manusia dimana kegiatannya contohnya adalah mencuci tangan, memasak air dan makanan, proses pengolahan produk dan lain sebagainya. Sedangkan sanitasi merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dari penyakit yang memfokus kepada kondisi lingkungan yang ada di sekitar objek manusia, kegiatannya contohnya menjaga kebersihan ruangan, sirkulasi uadara ruangan, pengelolaan sampah, penanganan sektor penyakit dan lain sebagainya. 

Ruang Lingkup Hygiene Dan Sanitasi

Adapun ruang linkup hygiene dan sanitasi diantaranya adalah

Ruang lingkup hygiene erat hubungannya dengan personal hygiene atau kebersihan perorangan adalah suatu usaha untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang guna kesejahteraan fisik dan psikis. Hygiene makanan dan minuman merupakan suatu usaha untuk menjaga dan memelihara kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari oleh manusia. Sedangkan ruang lingkup sanitasi erat hubungannya dengan penyediaan air bersih / air minum meliputi pengawasan terhadap kualitas, kuantitas dan pemanfaatan air. Juga pengolahan sampah ‘refuse dispol’ yang meliputi cara pembuangan sampah, peralatan pembuangan sampah dan cara penggunaannya. Pengolahan makanan dan minuman ‘food sanitation’ meliputi pengadaan, penyimpanan, pengolahan dan penyajian makanan. Pengawasan / pengendalian serangga dan binatang pengerat ‘insect anda rodent control’ meliputi cara pengendalian serangan dan binatang pengerat. Kesehatan dan keselamatan kerja dengan melakukan kegiatan K3 meliputi ruang kerja seperti dapur, pekerjaan, cara kerja dan tenaga kerja.

Manfaat Hygiene Dan Sanitasi

Seperti yang sudah dijelaskan padan pengertian hygiene dan sanitasi tersebut di atas, maka selanjutnya adalah menjelaskan tentang manfaat hygiene dan sanitasi secara umum yaitu sebagai berikut :

  • Memastikan tempat beraktivitas yang bersih.
  • Melindungi setiap individu dari faktor lingkungan yang bisa merusak kesehatan fisik dan mental.
  • Tindakan pencegahan terhadap penyakit menular.
  • Tindakan pencegahan terhadap kecelakaan kerja.

Contoh Tindakan Hygiene Dan Sanitasi

Tindakan terhadap hygiene dan sanitasi seharusnya dimulai dari dalam diri sendiri. Kebiasaan yang baik yaitu menjaga kebersihan dan kesehatan terhadap diri sendiri dan lingkungan akan berdampak besar terhadap kesehatan tubuh anda dan lingkungan dimana anda tinggal. Sehingga hygiene dan sanitasi memiliki peranan yang sangat penting.

Contoh hygiene adalah mencuci tangan hingga bersih setiap kali akan makan, mandi dan menggosok gigi secara teratur guna menjaga kebersihan tubuh, menjaga kebersihan bahan makanan dan juga makanan yang telah diolah dan menjaga kebersihan semua peralatan memasak dan wadahnya. Sedangkan contoh sanitasi adalah membuat dan mengatur saluran pembuangan air hujan di pinggir jalan, membuat dan mengatur saluran pembuangan limbah rumah tangga dapur dan kamar mandi, membuang sampah pada tempat yang telah disediakan dan pengelolaan limbah/sampah dengan baik, teratur dan berkesinambungan misalnya dengan memilih sampah plastik, kertas, organik, kaca dan logam.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.dosenpendidikan.co.id/hygiene-dan-sanitasi/

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel