Penyusunan Laporan Keuangan dan Tujuannya

22 Feb 2022 13:35 790 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penyusunan Laporan Keuangan Dan Tujuannya

Yang dimaksudkan dengan laporan keuangan adalah sebuah laporan yang di dalamnya menyimpan beragam jenis tujuan dan fungsi yang sifatnya sangat luas. Laporan ini digunakan oleh masing-masing individu maupun kelompok yang menjalankan sebuah kegiatan ekonomi. Untuk mengetahui lebih lengkap maka tersebut di bawah ini kami akan membahas tentang tujuan pentingnya pembuatan laporan keuangan di dalam sebuah perusahaan.

1/ Sebagai salah satu bahan untuk melakukan evaluasi kreditur

Ini tidak hanya berlaku terhadap pemilik dan pemegang saham saja yang biasanya membutuhkan dan menggunakan laporan keuangan sebagai salah satu bahan evaluasi. Para kreditur akan memakainya sebagai salah satu bahan evaluasi dan alat pertimbangan. Dimana diketahui bahwa kelompok kreditur sangat membutuhkan laporan keuangan untuk bisa melakukan penilaian terhadap kelancaran dan bagaimana kondisi alur arus kas. Tujuannya adalah untuk memprediksi apakah keuangan yang ada bisa berjalan lancar dan mencukupi untuk pembayaran cicilan pinjaman. Dalam hal ini kreditur tidak akan sembarangan memberikan kredit pinjaman apabila pelaporan yang terjadi dalam sebuah perusahaan bentuknya tidak jelas atau bila arus kas yang ada dinilai kurang bagus.

2/ Sebagai alat pertimbangan bagi para pemegang saham

Agar mampu melakukan sebuah bisnis atau supaya sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar maka membutuhkan modal yaitu berupa saham. Jadi dalam hal ini pemegang atau pemilik saham yang berkontribusi berhak untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan kondisi dari bisnis atau perusahaan bersangkutan. Pelaporan inilah yang nantinya akan menjadi media untuk pertimbangan mereka dimana mereka akan menentukan untuk tetap berkomitmen dengan perusahaan tersebut dalam jangka panjang atau tidak.

3/ Pencapaian target manajemen

Meskipun diketahui bahwa pihak manajemen adalah yang bertanggung jawab untuk menyusun dan melaporkan laporan keuangan tetapi hal ini juga menyangkut tujuan pembuatan laporan keuangan. Dimana pihak manajemen di masa depan akan mengetahui apakah target mereka akan tercukupi atau tidak di periode bersangkutan. Apakah sudah sesuai dengan rencana yang sebelumnya telah diatur ? Inilah nantinya yang akan dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi guna masa yang akan datang yang sifatnya tak menentu.

4/ Sebagai alat pertimbangan bagi pemilik perusahaan

Di dunia ini tidak ada hal yang selalu berjalan mulus, begitu juga yang terjadi di dalam sebuah keuangan pada suatu perusahaan. Ketika kondisi di sekitar menjadi semakin memburuk atau lebih baik, sang pemilik dan pengelola perusahaan haruslah bisa melakukan tindakan. Salah satu bahan pertimbangan guna melakukan tindakan di perusahaan dalam suatu periode tertentu adalah laporan keuangan perusahaan. Dengan melihat hasil yang ditunjukkan dalam laporan yang telah disusun maka diharapkan nantinya pemilik perusahaan akan menentukan bagaimana tujuan dan aksi yang akan dilakukan pada periode berikutnya.

5/ Mengetahui informasi aset

Aset yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan-perusahaan tertentu akan bisa diketahui dengan melihat kondisi laporan keuangan di dalam perusahaan tersebut. Karena dalam sebuah laporan keuangan anda bisa secara detail memperoleh penjelasan tentang aset di dalamnya. Seberapa banyak yang masih dimiliki dan seberapa besar yang sudah terpakai.

6/ Mengetahui jumlah modal

Modal merupakan sebuah faktor terpenting yang wajib ada di dalam bisnis dan kegiatan ekonomi lainnya. Inilah yang menjadi salah satu faktor penting yang dilukiskan dalam sebuah laporan keuangan. Beragam informasi yang dibutuhkan nantinya kan dijumpai di laporan keuangan tersebut. Yang berhubungan dengan seberapa besar modal yang tersedia, yang anda butuhkan dalam hal ini adalah yang telah digunakan, yang tersimpan dan tersedia setaip waktu diperlukan.

7/ Arus kas

Ini adalah yang menjadi bagian yaitu menggambarkan bagaimana pengelolaan arus kas. Apakah masih kurang stabil, tidak memadai dan bahkan akan mampu berjalan dengan lancar. Masing-masing pelaku yang melakukan tindakan ekonomi pastilah membutuhkan rincian mengenai arus kas di dalam perusahaan terutama dalam periode tertentu.

8/ Alat pertanggung jawaban pihak manajemen

Laporan keuangan menjadi salah satu alat yang akan digunakan untuk pertanggung jawaban manajemen. Karena ini adalah salah satu laporan yang sifatnya sangat penting bisa mendefiniskan keadaan perusahaan. Maka pihak manajemen wajib mempertanggung jawabkan dengan baik kepada pemiliknya, pemegang saham dan kreditur. Nantinya, inilah yang akan menjadi alat bantu guna mengetahui tentang bagaimana kondisi dari sebuah perusahaan selama dalam sebuah periode tertentu. Keuangan yang ada wajib dipertanggung jawabkan dan menjadi bukti nyata dan pasti atau alat kesaksian.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel