5 Tips Sehat Mengenai Cara untuk Mengontrol Emosi Di Jalan Macet agar Tidak Stres

12 Jun 2024 15:00 149 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

5 Tips Sehat Mengenai Cara Untuk Mengontrol Emosi Di Jalan Macet Agar Tidak Stres

Memasuki tahun 2024 ini ada banyak kasus lalu lintas yang muncul tidak hanya terjadi sebatas hubungannya dengan kecelakaan saja melainkan ada kasus-kasus lain yang menyebabkan munculnya banyak rintangan di jalan raya. Contohnya adalah percekcokan pada akhirnya berbuntut perkelahian di jalan raya saat ini menjadi semakin sering terjadi. Makanya penting bagi kamu sebagai pengendara untuk mengenal dan mengetahui bagaimana cara untuk dapat mengontrol emosi ketika sedang berkendara. Meskipun sekilas pandang terlihat normal-normal saja, seorang manusia pastilah bisa merasakan emosi yang memuncak di saat-saat tertentu. Namun emosi tersebut bisa saja berubah-ubah sehingga menjadi sesuatu hal yang berbahaya jika pelampiasannya bisa melukai atau membahayakan orang lain.

Kondisi tempat seperti daerah perkotaan dimana dengan mudah ditemukan banyaknya kendaraan pribadi yang lalu lalang di jalan raya tentu saja bisa menjadi penyebab kemacetan dan ini bisa memicu orang-orang yang berhubungan secara langsung menjadi stres. Bila secara kebetulan kamu adalah salah satu orang yang merasa lebih nyaman untuk membawa kendaraan sendiri tentu sudah mengetahui segala resiko yang akan terjadi. Supaya selalu fokus mengemudi, yuk terapkan cara-cara mengendalikan emosi sebelum bepergian seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

1. Pastikan untuk istirahat yang cukup

Mengemudi mobil atau motor haruslah memiliki kondisi tubuh yang fit dan ini bukan menjadi rahasia lagi. Kondisi fit bisa kamu peroleh melalui istirahat yang mencukupi. Bagi kelompok orang dewasa yang berusia antara 18 hingga 40 tahun, waktu istirahat yang dianjurkan sesuai dengan aturan kesehatan adalah selama 7 sampai dengan 8 jam. Dimana kondisi tubuh yang fit bukan hanya sehat secara fisik saja melainkan juga sehat secara mental supaya siap-siap menghadapi lingkungan, provokasi dan gangguan yang datangnya tiba-tiba selama kamu mengemudi. Pada saat kamu cukup istirahat maka berkendaraan pun menjadi lebih sadar dan sabar dilakukan.

2. Atur waktu bepergian

Kamu tentu sudah menyadari bahwa bepergian pada waktu pagi hari lebih banyak menjumpai kendaraan di jalan raya. Ada beragam keperluan di sini seperti untuk mengantar anak-anak sekolah, para mahasiswa/wi yang mengejar kelas pagi dan juga karyawan/wati yang berangkat lebih pagi karena rumahnya jauh dari lokasi kantor. Beragam keperluan tersebut adalah cukup untuk menghindari bepergian jika tidak perlu sekali antara pukul 06.00 sampai dengan 08.00. Pilihlah waktu di atas pukul 09.00 jika harus membuat janji sehingga kamu tidak perlu bertemu kemacetan yang dapat memicu emosi. Jika keluar pada waktu sore hari sekitar pukul 16.00 hingga 18.00 bisa kamu hindari jika tidak ingin bertemu kendaraan yang keluar dari gedung-gedung perkantoran.

3. Cara mengendalikan emosi dengan jalur alternatif

Bagaimana kalau harus berhadapan dengan kemacetan? Kamu dalam hal ini harus cerdas-cerdas dalam memilih jalur yang akan dilalui supaya bisa lebih cepat sampai ke tujuan. Gunakan Google Maps fitur lalu lintas/live traffic data atau aplikasi pemantau kemacetan untuk membantu pemilihan jalur alternatif serta mengetahui perkiraan lama perjalanan. Seandainya kamu diharuskan dihadapkan kepada kondisi kemacetan jadi harus mengetahui untuk mengambil jalan mana yang memberikan fasilitas lebih lancar atau berhenti sejenak agar tidak kelelahan di perjalanan. Dengan begitu emosi tidak perlu memuncak.

4. Pasang lagu-lagu favorit

Sebaiknya menyiapkan playlist yang di dalamnya berisikan lagu-lagu favorit yang akan menemani kamu di sepanjang perjalanan. Ini adalah salah satu hiburan yang sederhana tetapi jitu untuk mengalihkan rasa kesal di perjalanan. Kamu bisa memasukkan lagu-lagu berirama slow atau sesuai dengan selera daripada dipusingkan oleh suara klakson maka lebih baik bernyanyi bersama para musisi favorit kamu.

5. Cari teman-teman

Jika moto kamu adalah berdua lebih seru daripada menyendiri maka dalam hal ini ajaklah seseorang yang dapat membuat kamu merasa santai dan tertawa saat berkendaraan. Selain menemani kamu selama perjalanan, adanya co-driver bisa membantu memilihkan jalan alternatif serta menghibur kamu melalui obrolan yang membahas beragam topik.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel