Inilah 5 Tips Penting untuk Dipraktekkan Guna Menghindari Bunda Emosi Kepada Anak

13 Jun 2024 19:05 162 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah 5 Tips Penting Untuk Dipraktekkan Guna Menghindari Bunda Emosi Kepada Anak

Setiap orang tua pastilah menghendaki menjadi seorang ibu yang sabar dan bisa bersikap santai dalam mengurus dan menghadapi tingkah polah anak-anak namun kadang-kadang kemarahan bisa saja muncul secara spontan bisa saja dipicu karena masalah sepele, mungkin Anda adalah salah satu yang mengalami hal ini karena dipicu oleh banyak masalah di tempat kerja, pulang kantor sering melihat rumah berantakan, anak-anak nakal sering bikin rebut dan berkelahi, anak-anak sulit disuruh bersih-bersih rumah dan lain sebagainya. Mungkin dalam kondisi ini Anda bisa saja berfikir untuk tahan emosi, memisahkan masalah di kantor dengan keadaan di rumah, tetapi kadang-kadang kemarahan meluncur begitu saja tanpa disadari. Anda jadi tiba-tiba membentak anak tanpa adanya alasan yang jelas, meskipun ini adalah kondisi yang wajar-wajar saja terjadi, tetapi pada saat tertentu Anda perlu mengendalikan agar Anda mampu mengontrol emosi dengan bijaksana. Ini sangat penting untuk dilakukan, terutama ketika Anda sedang menghadapi anak-anak, karena memberikan contoh yang kelak bisa ditiru oleh anak-anak karena kondisi memudahkan menular kepada anak-anak Anda.

Di bawah ini kami berikan beberapa tips yang membantu Anda untuk mengontrol emosi ketika menghadapi tingkah anak-anak yang kadang-kadang terlihat menyebalkan di mata Anda. Diharapkan dengan membaca tips ini maka Anda akan tahu bagaimana cara untuk mengendalikan amarah ketika menghadapi anak-anak di rumah dimana emosi Anda sedang dalam kondisi labil.

1. Segeralah melakukan perawatan diri

Dalam hal ini Anda perlu melakukan perawatan yaitu kunjungi tempat pijat, di sini Anda bisa memanjakan diri agar tubuh bisa rileks dan juga secara otomatis mengembalikan pikiran menjadi fresh. Atau sesekali panggil tukang pijat untuk datang ke rumah, mereka akan membantu Anda melenturkan otot-otot tubuh yang terlalu tegang, urut otot-otot bagian tubuh tertentu dan bisa meminta tolong suami melakukannya saling bergantian pijat memijat guna menghilangkan rasa capek. Dengan cara ini Anda tidak memerlukan waktu lama untuk kembali fresh. Selain bisa untuk menghilangkan rasa lelah, ini juga dapat menambah keharmonisan suami istri, lakukan ketika Anda mulai merasa jenuh dan kelelahan dengan setumpuk sivitas di luar rumah.

2. Mulailah mendisiplinkan anak-anak dengan aturan yang jelas

Ini tampak terlihat sederhana tetapi jarang dilakukan oleh para orangtua. Cobalah praktekkan metode yang satu ini yaitu membuat aturan jelas dan tegas kepada anak-anak, lebih baik lagi jika Anda menulis aturan-aturan tersebut di kertas lalu temple pada tempat-tempat yang sering dilalui oleh anak-anak. Jika ketahuan anak-anak melanggar atau tidak patuh dengan aturan yang Anda buat maka Anda berhak cabut satu hak istimewa darinya. Misalnya adalah jika anak-anak berontak tidak mau tidur siang maka mereka larang untuk main HP selama 2 hari. Anda dalam hal ini harus mampu bersikap tegas jangan lemah meskipun anak-anak menangis minta HP dikembalikan. Karena jika Anda mengalah maka dalam hal ini Anda sudah bersikap kurang konsisten terhadap peraturan dan anak-anak akan semakin berani melanggarnya.

3. Belajar untuk menahan emosi

Menahan emosi adalah menjadi penyebab mengapa peraturan di rumah diperlukan dan kadang-kadang perlu ditulis. Pada saat anak-anak mengetahui ada peraturan yang nyata dan tegas/jelas, Anda tidak perlu lagi merasa emosi untuk mendisiplinkan anak-anak. Tinggal Anda tunjuk saja salah satu peraturan yang tertulis maka diharapkan anak-anak sadar dan bersedia mendengarkan. Dimana kadang-kadang rasa lelah mudah memicu munculnya emosi namun harus Anda kontrol sehingga tidak meledak, karena jika ibu keseringan marah-marah kurang bagus juga untuk perkembangan mental anak-anak.

4. Perhatikan isyarat anak-anak seperti lapar, lelah, ngantuk dan yang lainnya

Kadang-kadang luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan penyebab anak-anak bertingkah menyebalkan. Mungkin saja mereka sedang ingin ngemil, sedang lapar, mengantuk, sehingga membutuhkan perhatian. Seorang ibu haruslah memahami hal ini, mulailah berlatih menjadi lebih peka terhadap isyarat yang ditunjukkan oleh anak-anak dimana kadang-kadang anak-anak menjadi rewel karena meraka dalam kondisi tertentu tetapi Anda pada saat yang bersamaan dalam kondisi buruk sehingga emosi Anda menjadi kurang terkontrol saat melihat anak-anak bertingkah aneh. Jadi dalam hal ini penting melakukan sikap pengontrolan diri dengan melihat isyarat yang diberikan oleh anak-anak.

4. Sering-seringlah bermain dengan anak-anak terutama ketika Anda sedang santai

Disarankan untuk sering-sering bercakap-cakap dengan anak-anak Anda, bicarakan apa saja yang mereka sukai dan apa yang membuat mereka kesal. Mainlah bersama-sama seperti main mobil-mobilan, bersepeda, main boneka atau jogging. Rasakan hubungan kedekatan diri Anda dengan anak-anak pada momen tersebut.

Semoga bermanfaat.

 

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel