Yuk Bunda Ajak Ayah Menciptakan Bonding Dengan Anak Anak Lewat Contoh Sederhana Dalam Keseharian Hidup

11 Jun 2024 10:20 116 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk Bunda Ajak Ayah Menciptakan Bonding Dengan Anak Anak Lewat Contoh Sederhana Dalam Keseharian Hidup

Dalam keseharian mungkin anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan bunda karena ayah mempunyai tugas yaitu mencari nafkah untuk keluarga. Kadang-kadang ayah harus berangkat pagi-pagi ketika anak-anak belum bangun dan pulang larut malam ketika anak-anak sudah tidur. Namun jangan sampai hal ini sebagai rutinitas menjadi jarak yang menyebabkan hubungan ayah dan anak menjadi renggang. Karena bagaimanapun juga kehadiran sosok ayah menjadi penting untuk membantu mengoptimalkan masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dalam berbagai aspek. Ketia ada waktu luang, ayah bisa berusaha untuk dapat meningkatkan bonding dengan anak-anak melalui hal yang sederhana. Contohnya adalah bunda mengajak ayah untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Temanilah anak-anak saat ada di rumah

Pada saat ayah bisa pulang lebih cepat atau ketika hari sedang libur, ayah bisa memanfaatkan waktu di rumah untuk menemani anak-anak. Contohnya adalah menawarkan diri untuk bergantian menjaga anak-anak agar bunda bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya atau istirahat. Momen ini bisa dimanfaatkan ayah untuk melakukan beberapa hal, misalnya adalah mengajak anak-anak bermain atau menidurkan anak-anak ketika sudah waktunya. Meskipun hanya sebentar, tetapi percayalah jika ayah bunda melakukan ini dengan rutin maka bisa membantu meningkatkan ikatan ayah dengan buah hati tercinta.

2. Tingkatkan skinship dengan buah hati

Tahukah Anda bahwa skin to skin contact atau skinship ternyata tidak hanya penting dilakukan oleh bunda saja, demi untuk tumbuh kembang anak-anak yang optimal, skinships dengan ayah dibutuhkan sejak dini. Berikan sentuhan menjadi kata kunci perekmbangan anak yang pertama yaitu mengingat ini merupakan indera pertama yang dirasakan anak-anak saat baru lahir ke dunia. Sentuhan juga bisa meningkatkan rasa aman, nyaman dan tenang untuk kepentingan anak-anak. Jadi bonding dalam hal ini bisa dibangun lebih erat, perhatikan beberapa skinship yang dapat dilakukan oleh ayah kepada buah hati seperti dengan memeluk anak sepulang bekerja, memberikan pijatan kecil untuk anak-anak hingga mengusap kepalanya ketika ia akan tidur.

3. Lakukan jalan-jalan santai berdua di waktu senggang

Mungkin dalam keseharian anak-anak sering jalan-jalan berdua dengan bunda misalnya saat menemani bunda belanja kebutuhan sehari-hari. Namun mungkin ia belum pernah menikmati jalan-jalan berduaan saja dengan ayah. Ketika ada waktu senggang, coba ajak ayah untuk menikmati jalan-jalan bersama anak-anak berdua saja. Misalnya dengan mengajak anak-anak berolahraga bersama-sama di waktu pagi hari ketika bunda sedang sibuk di dapur, pergi ke minimarket bersama-sama untuk membeli keperluan rumah tangga, atau sekadar jalan-jalan sore ke taman di sekitar rumah bisa menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama dengan anak. Dengan begitu, ayah bisa menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan anak-anak.

4. Ajaklah anak-anak mengobrol dan bercerita

Pada waktu malam hari sebelum tidur ayah bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk mengajak anak-anak mengobrol sambil bercerita. Di samping bisa membantu meningkatkan kosa kata anak dan kemampuan komunikasinya, cara ini juga bisa membantu meningkatkan bonding. Ayah bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti apa saja yang dilakukan anak-anak ketika bersama bunda, apa yang membuat anak-anak senang atau cerita-cerita keseharian anak lainnya. Jadilah pendengar yang baik supaya anak bisa menanamkan rasa percaya kepada orangtua  yang bisa terbawa dan diingat hingga mereka dewasa nanti.

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel