5 Mitos Mencas Handphone

25 Mar 2016 16:00 7221 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sering dipakai begitu cepat kehabisan baterai intensitas mencharger pun sangat tinggi, cas di mobil, menggunakan yang bukan chargernya dan sebagainya

Penggunaan smartphone saat ini sudah sangat luas, tidak pandang usai. Ini membuat orang-orang aktif di media sosial, game, berita, e-mail dan sebagainya apa pun yang kita butuhkan.

Masalahnya karena sering dipakai masalah yang ditemui adalah baterai. Karena begitu cepat kehabisan baterai intensitas mencharger pun sangat tinggi, cas di mobil, menggunakan yang bukan chargernya dan sebagainya. Karena kita merasa pentingnya baterai mitos untuk menjaga ketahanan baterai pun muncul.

Pertanyaan mengenai baterai Lithium-ion pun muncul, bagaimana sebenarnya tips yang benar, mana yang Anda percaya dan apa yang seharusnya Anda abaikan? Mari kita cari tahu pada artikel 5 mitos mencas smartphone ini.

 

1. Jangan charger handphone Anda sepanjang malam

Kita sering mendengar hal ini dan itu mungkin muncul ketika teknologi baterai tidak secanggih seperti sekarang. Kebenarannya menurut ahli smartphone seperti Shane Broesky, tidak masalah mencharger handphone Anda sepanjang malam.

Ternyata teknologi baterai smartphone maju ke titik dia mana dia tahu persis harus berhenti mencharger ponsel Anda. Dengan kata lain tidak ada risiko pengisian berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada baterai karena ada pengaman yang mencegah hal tersebut terjadi.

Yang perlu Anda khawatirkan menurut Shane Broesky adalah panas yang berlebihan (overheating). Jadi, jika Anda mencharger ponsel Anda sepanjang malam pastikan ada di tempat yang relatif dingin. Juga hentikan menaruh sesuatu di atas ponsel yang membuat panas terhalang untuk keluar dari ponsel.

 

2. Chargerlah ketika baterai sudah 0%

5 Mitos Mencas Handphone

Entah dari mana mitos yang satu ini datang, tetapi ini cukup sering kita lihat. Yang membuat ini mengerikan adalah Anda akan menguras baterai sampai kosong, ini malah membuatnya tidak stabil.

Broesky menunjukkan hal yang sebaliknya kalau kita seharusnya mencharger baterai perangkat kita antara 50-80%. Dengan kata lain Anda harus mengisi baterai Anda setiap hari bukan malah menunggunya hingga 0% dan mengisinya hingga 100%.

 

3. Semua charger bahkan yang murahan bisa kita gunakan

5 Mitos Mencas Handphone

Mungkin kita ingin mengirit dengan membeli charger murah untuk ponsel kita, tetapi Anda perlu waspada karena kerusakan bisa berasal dari sini. Yang benar adalah mencharger ponsel Anda dengan charger bawannya bahkan Anda menemukan model lain yang lebih murah.

Para ahli waspada terhadap charger murahan dengan alasan sederhana; charger ini tidak dibuat dengan pertimbangan keamanan. Ini berarti ada risiko yang jauh lebih besar dari masalah pengisian baterai, ini bisa membuat ponsel Anda terbakar, atau merusak baterai Anda.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel