Mengenal Virus Zika, Virus Mematikan bagi Calon Bayi

28 Jan 2016 15:00 3412 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penjelasan tentang Virus Zika.

Sebuah jenis virus terbaru yang disebarkan oleh hewan penghisap darah mungil yang kita kenal dengan nama nyamuk saat ini sedang ramai dibicarakan dan menjadi sebuah kekhawatiran oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Menjadi sebuah kekhawatiran karena virus yang bernama virus Zika ini diketahui memiliki hubungan dengan kelainan sistem saraf pada bayi yang baru lahir.

Virus Zika sendiri disebarkan oleh nyamuk yang terkenal berbahaya karena dapat menularkan virus penyebab demam berdarah, yaitu nyamuk bernama Aedes aegypti.

Penyebaran virus Zika ini diketahui telah menyebar dengan pesat ke 24 negara bagian di benua Amerika dengan pengecualian dua negara lain.

Menurut pihak WHO (World Health Organization), penyebaran virus dengan kecepatan yang cukup luar biasa di sebagian besar negara di benua Amerika tersebut dikarenakan penduduknya tidak mempunyai immunitas terhadap virus tersebut

Virus Zika dihubungkan kelainan sistem saraf pada bayi yang baru lahir dengan sebutan medisnya microcephaly, yang dapat menyebabkan kelainan pada bayi berupa ukuran kepala yang kecil yang merupakan sebuah hal serius.

Selain itu, kondisi microcephaly ini juga dapat menyebabkan pelannya pertumbuhan mental seorang anak.

Di bawah ini adalah 5 hal yang harus Anda ketahui soal virus Zika. Mulai dari apa sebenarnya virus Zika, bagaimana cara penyebaran virus Zika, sejauh mana virus Zika menyebar hingga saat ini, bagaimana cara Anda melindungi diri Anda seandainya virus Zika menyebar di wilayah Anda dan apa yang harus dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus tersebut.

 

1. Apa itu Virus Zika?

virus Zika adalah sebuah flavivirus, yaitu virus yang juga satu keluarga dengan virus penyebab penyakit Chikungunya. Perbedaan dari kedua virus tersebut hanya satu yaitu, jika pada Chikungunya sudah ada obatnya, virus Zika yang baru ditemukan belum lama ini masih belum ada obatnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, virus Zika ini menjadi kekhawatiran dunia internasional karena virus ini diketahui mempunyai hubungan antara kelainan bernama microcephaly, yaitu sebuah kelainan sistem saraf pada bayi yang baru lahir yaitu bayi dengan ukuran kepala yang kecil, serta lambatnya pertumbuhan mental bayi tersebut kedepannya.

Sejak bulan November 2015 kemarin, di Brazil sendiri sudah ditemukan 4,180 kasus microcephaly yang diakibatkan oleh virus Zika.

Mengenal Virus Zika, Virus Mematikan bagi Calon Bayi

 

2. Bagaimana Cara Penyebaran virus Zika?

Virus Zika menyebar melalui gigitan nyamuk yang kita kenal dengan nama nyamuk Aedes aegypti.

Bagi orang-orang yang terjangkit virus tersebut, mereka akan mengalami gejala-gejala ringan seperti demam, pusing-pusing, bintik-bintik merah pada kulit seperti halnya ketika terkenal demam berdarah, serta kemungkinan bola mata yang menjadi kemerahan.

Berdasarkan hasil survey dari CDC Amerika, 80 persen dari mereka yang terjangkit virus tersebut tidak sadar telah terinfeksi virus Zika.

 

 

Ke Halaman Selanjutnya

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel