3 Manfaat Olahraga Bagi Psikologi Seseorang

30 Oct 2015 00:03 2841 Hits 0 Comments
Perlu tahu apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani, bisa Anda dapatkan informasinya disini.

Ternyata jika anda perlu ketahui bahwa manfaat olahraga ada hal yang perlu diketahui seperti bagi psikologi seseorang.
 
Dalam beraktivitas rutin yang dikerjakan setiap hari seperti bekerja harus memiliki adanya semangat dan motivasi yang tinggi, sehingga apa yang dikerjakan bisa maksimal dan memberikan hasil yang optimal. Namun terkadang ketika di tempat kerja kita merasa stress, mumet, banyak pikiran, serta kurang semangat. Padahal kecukupan nutrisi yang dikonsumsi standar dengan yang disarankan. Mungkin hal tersebut karena jarang atau tidak pernah berolahraga sehingga tubuh mudah cape, lemas dan tentunya tidak bergairah. Perlu kita ketahui bahwa manfaat olahraga bukan sekedar melangsingkan tubuh atau juga membentuk otot tubuh, namun berolahraga juga bermanfaat terhadap psikologi seseorang yang berguna dan paling penting dalam kehidupan sehari-hari.
 
Manfaat olahraga untuk psikologi seseorang sebenarnya banyak sekali, namun berikut adalah sebagian kecil kegunaan utama dari olaharaga untuk jiwa seseorang diantaranya yaitu :
 
1. Menambah kapasitas otak
Di dalam otak terdapat sebuah hormon yang bernama serotonin yang merupakan modulator kapasitas otak yang berfungsi untuk menstabilkan emosi, mengontrol dan mengatur pemahaman serta menambah nafsu makan. Hormon ini akan meningkat jika seseorang mengatur aktivitas olahraganya dengan rutin sehingga akan berdampak ceria di tempat kerja, produktivitas meningkat serta berkontribusi terhadap suasana semangat di ruang kerja.
 
2. Mengurangi stres
Keadaan stres di sebuah tempat kerja memang sudah biasa, namun jika stres datang semuanya serba salah untuk dilakukan. Begitu pun dengan rekan-rekan pastinya tidak ingin mendekati karena kita mudah marah. Nah jika berolahraga, maka rasa stres tersebut akan segera berkurang bahkan hilang. Gerakan tubuh yang digunakan untuk berolahraga menjadi sebuah relaksasi yang dapat menambah rasa semangat, menahan emosi, serta membuat hari bahagia. Dengan begitu, maka kita akan lebih dekat jikaberkomunkasi dengan orang lain.
 
3. Meningkatkan hubungan
Dengan berolahraga rutin apalagi dilakukan tidak sendirian misalkan dengan keluarga atau pun kerabat, maka suasananya akan jelas berbeda yaitu terasa lebih riang dan senang karena bisa berkumpul bersama.

Hubungan dengan keluarga ataupun dengan kerabat pun akan semakin dekat. Itulah sebagian kecil dari banyak manfaat berolahraga untuk psikologi seseorang.

Referensi: suka.web.id

Tags Olahraga

About The Author

Shelvi 37
Ordinary

Shelvi

Good looking, humble, & simple
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel