Lampu Senter Beragam Banyak Kegunaannya

18 Apr 2018 17:38 11389 Hits 0 Comments
Salah satu peralatan yang sangat berguna di rumah tapi kadang juga dilupakan ketika tak dipakai adalah lampu senter. Peralatan satu ini sangat berguna ketika Anda mengalami

Salah satu peralatan yang sangat berguna di rumah tapi kadang juga dilupakan ketika tak dipakai adalah lampu senter. Peralatan satu ini sangat berguna ketika Anda mengalami mati lampu di rumah, dan juga untuk menerangi lingkungan sekitar Anda ketika sedang berada di tempat yang gelap. Senter, atau dalam bahasa Inggris nya disebut dengan flashlight, memiliki fungsi utama menjadi alat penerang. Karena bentuknya yang portable dan juga ukurannya yang relatif kecil, senter biasanya menjadi barang penting untuk mereka yang suka berpetualang di alam bebas, atau memerlukan cahayanya untuk menyinari tempat-tempat gelap di mana sinar lampu atau matahari tak mampu mencapainya.

Sinarnya yang terkonsentrasi ke satu arah membuatnya menjadi sangat ideal untuk membantu penglihatan di dalam gelap. Lantaran bentuk dan ukurannya yang juga bermacam-macam, senter ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Memang, fungsi utama dari senter adalah menjadi alat penerangan. Namun sifat unik dari cahaya yang dihasilkannya membuat senter sangat berguna untuk hal-hal seperti berikut ini misalnya:

1. Penerang saat mati lampu.

Inilah fungsi dari senter yang paling banyak dipakai. Nyaris semua orang di Indonesia memiliki senter yang langsung dicari dan dinyalakan begitu lampu mati, untuk mencari lilin maupun mencari sakelar lampu.

2. Memberikan sinyal.

Sering kali para anggota Pramuka maupun anggota polisi atau militer menggunakan senter ini sebagai alat untuk memberikan sinyal. Demikian juga dengan pelaut-pelaut dan petugas keamanan. Senter sangat berguna untuk menyampaikan kode morse.

3. Untuk peralatan kemah.

Senter juga sangat berguna untuk peralatan berkemah. Ketika bepergian untuk camping maupun trekking, salah satu peralatan wajib yang harus dibawa adalah senter, yang bisa dipakai untuk menerangi jalanan gelap, maupun dipakai sebagai lampu tenda darurat.

4. Penerang bagi montir.

Senter sering kali diperlukan oleh para montir untuk membantu menerangi bagian-bagian mobil yang tak bisa dilihat mata telanjang. Dengan makin banyaknya jenis lampu senter yang ada di pasaran sekarang ini, kegunaan dari alat penerang satu ini makin banyak saja.

Anda bisa menemukan senter yang bentuknya besar, yang biasa dipakai sebagai alat penanda sinyal, atau pun yang sangat kecil seukuran pulpen untuk membantu dalam mengajar di kelas. Dokter juga menggunakan senter kecil untuk membantu melihat kondisi pasiennya. Namun, kegunaan dari senter tak hanya hal-hal di atas saja.

Berikut ini adalah pengalaman dari orang-orang yang memberikan gambaran bahwa senter ini adalah alat multifungsi:

• Senter sering kali dipakai untuk menjadi alat bela diri, terutama senter yang terbuat dari besi dan dilengkapi dengan kemampuan untuk menyetrum di ujung lampunya.

• Untuk mencari benda-benda kecil yang jatuh ke lantai dan menggelinding di bawah perabotan yang Anda miliki, alat penerangan ini sangatlah berguna.

• Untuk melihat apakah ada bekas noda yang masih tertinggal di baju, Anda bisa menyinari baju tersebut sehingga noda yang tertinggal bisa terlihat.

• Ada benda kecil yang jatuh di lantai? Letakkan senter di lantai, sinarnya akan menerangi dan memperlihatkan semua benda-benda kecil di lantai. Itulah beberapa fungsi dari lampu senter yang bisa Anda gunakan sehari-hari.

Lampu ini sangatlah efektif untuk berbagai keperluan selama Anda merawatnya dengan baik. Selain itu, adalah ide yang baik untuk memiliki beberapa jenis senter sekaligus, sehingga ketika satu senter mengalami masalah, seperti kehabisan baterai misalnya, Anda masih memiliki cadangannya sehingga tak perlu meraba-raba dalam gelap.

Tags elektronik

About The Author

Shelvi 37
Ordinary

Shelvi

Good looking, humble, & simple

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel