9 Hal Yang Paling Mengingatkan Kita Pada Windows XP

14 Oct 2015 03:40 5091 Hits 0 Comments
9 hal yang menurut penulis mengingatkan kita pada Windows XP.

Tidak dapat disanggah kalau Windows XP adalah sistem operasi (SO) paling fenomenal dalam sejarah manusia. SO ini membawa dampak yang revolusioner bukan hanya di dunia perkomputeran, tapi juga hampir diseluruh bidang kehidupan; karena semenjak Windows XP diluncurkan, komputer menjadi lebih mudah digunakan dan multifungsi, sehingga menjadi barang yang ‘mesti’ dimiliki. Pada puncak kejayaannya, SO ini digunakan hampir oleh seluruh perangkat komputer, baik desktop, mobile, dan embedded (seperti ATM), menjadikannya SO sejuta umat.

                                                                                                                    

Ada beberapa ciri khas yang dimiliki Windows XP, dan ciri-ciri tersebut membuat orang teringat padanya. Berikut ini adalah ciri-cirinya (menurut penulis):

 

 

 

1. Warna Biru Tema Luna

Selain warna biru, ada warna perak (Silver) dan hijau muda (Olive Green). Warna biru adalah yang paling banyak digunakan, diikuti oleh perak, dan yang jarang (bahkan tidak ada), hijau muda. Tema dari edisi Windows sebelumnya juga disertakan dengan nama Windows Classic.

 

 

2. Wallpaper Bliss

Terpasang bersama dengan tema Luna biru, menjadikannya pasangan yang serasi dengan warna biru-hijau yang memberikan nuansa sejuk.

 

 

3. Suara Start Windows

Ada beberapa orang yang menjadikannya sebagai nada dering ponsel.

 

 

4. Suara Error

Ini adalah suara yang membuat penggunanya jengkel. Muncul bersamaan dengan tampilan error di layar.

 

 

5. Suara Hardware Insert

Suara ini muncul ketika pengguna mencolokkan perangkat USB, seperti flashdisk, pemutar MP3/MP4, ponsel, printer, scanner, dan yang lainnya.

 

 

6. Suara Hardware Remove

Suara ini adalah lawan dari suara Hardware Insert. Terdengar ketika pengguna mencabut perangkat USB-nya.

 

 

7. Tampilan Booting

Beberapa pengguna, terutama pengguna komputer kantoran atau di tempat kerja, terpaksa harus melihat tampilan ini ketika pertama kali komputernya dinyalakan. Tulisan besar yang menegaskan Windows XP dengan progress bar dibawahnya yang khas.

 

 

8. Tema Dari Pihak ke-3 Yang Digunakan Untuk Mengganti Tema Luna

Biasanya digunakan untuk mempercantik desktop atau sekedar menghilangkan kejenuhan tema Luna-nya. Aplikasi yang populer dan paling banyak digunakan adalah Vista Transformation Pack dan Bricopack Vista Inspirant, yang membuatnya mirip seperti tampilan Windows Vista. Aplikasi tema ini banyak digunakan sekitar rentang awal tahun 2007 hingga pertengahan 2010-an, dimana banyak pengguna Windows yang suka dengan tampilan Windows Vista, tapi tidak menyukai Windows Vista-nya. Tren ini mulai ditinggalkan ketika Windows 7 yang tampilannya tidak jauh dari Vista, perlahan mulai menggantikan Windows XP. Selain itu, ada juga aplikasi yang merubah tampilan Windows XP menjadi mirip SO Linux, seperti Ubuntu Transformation Pack dan Fedora Transformation Pack.

 

 

9. Tampilan User Account-nya

Biasanya tampilan ini muncul pada pengguna yang mem-password­ komputernya, atau memiliki pengguna (user) lebih dari satu.

 

 

 

Kini, Windows 7, 8, dan 10 yang lebih canggih telah menggantikan Windows XP. Tapi walau bagaimanapun juga, sepertinya sulit untuk mengalahkan kefenomenalan dan popularitas Windows XP yang revolusioner. Masih banyak pengguna yang merasa betah dengan Windows XP, meskipun komputer yang mereka gunakan sudah lebih dari cukup untuk menjalankan Windows terbaru. Windows XP telah dihentikan dukungannya oleh Microsoft sejak April 2014 lalu, itu berarti secara kasarnya, Windows XP telah dilepas tanggung jawabnya oleh Microsoft.

Tags

About The Author

Fajar Sany 25
Novice

Fajar Sany

Saya adalah Fajar, manusia biasa, bukan manusia super atau yang aneh-aneh lainnya.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel