Sejarah Olahraga Futsal di Dunia

5 Oct 2015 22:32 4971 Hits 0 Comments
futsal pertama kali di mainkan, atau dipopulerkan di Negara Uruguay di Montevideo pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani.

Jika Anda sudah bosan dengan Artikel tentang hantu, atau setan, mari kita beranjak ke Artikel yang bisa mengeluarkan keringat , yaitu Artikel mengenai Sejarah Futsal.

Awal mulanya olahraga futsal pertama kali di mainkan, atau dipopulerkan di Negara Uruguay di Montevideo pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani.

Karena olahraga ini sangat unik sehingga menarik perhatian di Amerika Selatan, terutamanya di Brasil.

Permainan futsal terdiri dari lima orang dalam satu tim, termasuk dengan penjaga gawang, lama permainan futsal ini 2 x 20 menit.

Dan keterampilan dalam olahraga futsal terus dikembangkan dinegara Brasil, sehingga pemain bintang asal Brasil pun yang bernama Pele, mencoba mengasah kemampuannya di Olahraga Futsal. Sehingga Brasil menjadi salah satu pusat olahraga Futsal di dunia.

sekarang permainan olahraga futsal dimainkan dibawah perlindungan Federation Internationale de Football Association, di seluruh dunia.

Serta pertandingan olahraga futsal internasional pertama kali di lakukan di Negara Amerika Selatan, pada tahun 1969. Dan yang berhasil menjuarai dan mendapatkan Piala Amerika Selatan yaitu Paraguay.

pertandingan futsal dilakukan di Negara Amerika Seletan sapai tahun 1979, dan enam piala yang diperebutkan saat pertandingan futsal Internasional, di sapu habis oleh Negara Brazil.

Setelah pertandingan, barulah ukuran lapang olahraga futsal ditentukan dan disepakati oleh Federation Internationale de Football Association.

Ukuran lapang Futsal

Sejarah Olahraga Futsal di Dunia

  1. Panjang Lapang Futsal  25-43 m x lebar 15-25 m
  2. Garis pembatas lapang futsal yaitu selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung,  garis melintang tengah lapangan, 3 m lingkaran tengah, dan tidak ada tembok penghalang atau papan.
  3. Kemudian Untuk daerah penalti berukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang
  4. Ukuran gawang meiliki tinggi 2 m x lebar 3 m
  5. Permukaan daerah harus halus, rata, dan tak abrasif

Kemudian setelah ukuran lapang futsal, ukurun bola pun menjadi satu hal yang penting, karena bola futsal berbeda dengan pemainan sepak bola pada umumnya.

Ukuran bola Futsal

  1. Ukuran keliling bola harus 62-64 cm
  2. Kemudian berat bola harus 0,4 - 0,44 kg
  3. Selanjutnya lambungan bola harus 55-65 cm pada pantulan pertama
  4. Dan bahan yang digunakan untuk membuat bola futsal yaitu kulit.

Itulah sejarah mengenai olahraga futsal, dan olahraga futsal sangat di minati, dan digemari sampai saat ini.

 

Tags Olahraga

About The Author

Asep Sovian 52
Expert

Asep Sovian

Bismillah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel