17 Tahun Google : Sempat Galau Hari Ulang Tahun

27 Sep 2015 20:26 3175 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Opini sedikit "nakal' tentang Google 17 tahun 

Minggu, 27 September 2015 menjadi hari yang membuat saya bingung. Bukan bingung lantaran Asep Bondil suka kencing sembarangan. Itu sih kebiasaan. 

Atau selalu bingung karena tulisan Bu Ugi Agustono selalu mendapat banyak komentar. (Tulisanku kapan banyak komentar yah?) 

Saya bingung oleh Google. Yah, Google  Tempat semua orang bertanya atas kebingungan mereka meskipun itu pertanyaan bodoh.  Saya bingung oleh Google karena hari besar atau Dies Natalies-nya Google jatuh pada hari yang tidak konsisten. 

Saya  tidak lantas mengetikan kata kunci “Kapan Hari Ulang Tahun Google?”. Buat apa? Toh saya tidak akan memberikan kue ulang tahun pada Google. Atau sekadar memberikan kejutan dengan “menamparkan” kue tar pada muka Google. 

Ok, cukup tentang kuenya. 

Mari kembali ke topik ulang tahun Google. Pada Minggu 27 September 2015, Google menghadirkan Google Doodle tentang ulang tahunnya yang ke-17. 

Padahal konon, menurut Wikipedia, Google sebagai perusahaan berdiri pada  4 September 1998. Tapi, ketika usianya menginjak lima tahun (2003), ulang tahun Google diperingati pada 8 September.

Aneh yah? Mungkin usia lima tahun masih belum paham tentang pertanggalan. Maklum, saya juga dulu lupa ulang tahun saya ketika usia 5 tahun. 

Beranjak 6 tahun, Google mengubah tanggal lahirnya menjadi 7 September. Barangkali Google masih lupa tanggal lahirnya. 

Lucunya, pada usia 7 tahun, ketika anak manusia sudah mulai belajar membaca dan menghitung, Google merayakan ulang tahun pada 26 September. (Ah, barangkali Google lelah)

Belum sempat kebingungan saya, sebuah sumber dari situs Kompas Tekno yang mengutip dari IBN Live, menyatakan bahwa orang tua Google (Larry Page dan Sergey Brin) mendaftarkan Google.com pada 5 September 1997.


Wah, beda-beda yah harinya. Saya sampai bingung mau pake yang mana kapan ulang tahun Google. Tapi, untungnya 10 tahun ini Google konsisten karena hari ulang tahunnya kemudian dirayakan pada 27 September. 

Entah apa  yang membuat Google mengubah tanggal tersebut. Tapi ya sudahlah. Google mau apa aja  bebas. Uangnya banyak kok. Gak konsisten juga, bebas Google mah. Uangnya uang dia. Bukan uang dari rakyat untuk pejabat yang hari ini bilang A besok bilang C. 

Tapi yah, perusahaan sebesar Google,tidak sepatutnya kebingungan akan hari ulang tahunnya. Usianya sekarang sudah  17 tahun. Kalau manusia sih usia 17 tahun adalah usia istimewa.  Usia yang dinilai sebagai langkah awal menuju kedewasaan (meskipun sebenarnya patut dipertanyakan) 

Kalau Google seorang wanita, maka Google saat ini sedang ranum-ranumnya. Hormon kedewasaannya sudah muncul. Jelas ini bukan pengandaian semata. 

Lihat saja, pada usia 17 tahun Google sudah bisa mengubah “identitas” mereka sebagai Alphabet. Yah, meskipun dalamnya Google juga. Bukan hanya itu, logonya juga diganti. Biar kekinian, yang harus simpel, flat, dan tidak ketinggalan zaman. 

Google juga memang sedang ranum. Tengok saja, sistem Androidnya yang paling “menonjol”. Yang bisa membuat semua orang terpana dan menginginkanya. 

Sayangnya, bagian menonjolnya ada yang agak sedikit lembek karena kemasannya kurang menjual. Mungkin ukuran menentukan. Tapi tenang saja, ada juga kok  yang kencang dan layak “dipermainkan” apapun oleh kedua tangan.

Itupun kalau tampilan luarnya lebar. Kalau tidak terlalu lebar sih, satu tangan juga cukup. 

Eh bukan bagian permukaan saja lo yang menonjol. Bagian “bawahnya” Google ada yang menonjol dan ramai dibicarakan orang. 

Katanya, bagian ini khusus melayani pengguna yang membutuhkan kerja cepat. Yah, bagi yang mainnya suka cepat-cepat sih pasti asyik mainin layanan yang disebut Google Fiber ini. 

Banyak juga lo, bagian ranum lain dari Google. Tapi tidak perlu disebutkan. Kasian sama  Esenciel yang lagi pingin aksesori keren dan canggih buat iPhone. Maklum dia penggemar “apel”. Padahal dia tidak suka buah. 

Tuh kan, keluar topik lagi. 

Ya sudah, sekarang saya tutup saja artikel ini sambil tetap bertanya-tanya kenapa Google sempat “galau” tentang ulang tahunnya? 

Ah sudahlah, tidak ada yang mau jawab juga. Mungkin jawabannya ada di ujung langit. 

Daripada pusing-pusing, mending mari ucapkan ulang tahun yang ke-17  sama Google. Kalau gak bisa ngucapin setidaknya kamu main  Google Doodle.

Kasian lo, tim Google pasti capek bikin Google Doodle 27 Desember 2015 yang menampilkan logo lama, dua balon, kotak drawer dengan set yang menyerupai Lego di atasnya. Oh iyah, ada juga lampu lava serti  kabel yang melilit  yang tampak  seperti huruf "e."

Jangan lupakan juga sama topi kerucut dan monitor CRT. Ada juga boneka pinguin kecil yang entah punya makna apa. Maklum saya bukan ahli semiotika rupa. 

Ya sudahlah, yah kali ini bernar-benar ditutup.

 Selamat Ulang Tahun, Google!

Tags Google

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel