Daripada Hura-Hura, Yuk Pilih Cara Investasi Anak Muda

16 Mar 2017 12:02 2611 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sekarang jamannya anak muda kreatif dan inovatif sebagai entrepreneur dan investor yang harus tahu investasi yang tepat

via https://www.flickr.com/photos/23065375@N05/2247354510/

Masih muda masanya hura-hura? Boleh saja bersenang-senang, tetapi kita harus tetap tahu batasannya. Sekarang jamannya anak muda kreatif dan inovatif sebagai entrepreneur dan investor. Investasi adalah penanaman modal yang dapat berupa saham dengan aktiva jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian surat berharga lainnya untuk mendapatkan keuntungan.

Investasi dapat juga diartikan sebagai kegiatan menyimpan uang yang ditujukan untuk mendapatkan imbal hasil (return) di masa depan. Menyimpan uang disini bermacam-macam, mulai dari suntikan dana di pasar modal hingga berbentuk fisik seperti emas atau properti. Bergantung dengan modal yang tersedia, bukan berarti investasi urusan nanti-nanti. Yuk mulai intip cari cara investasi yang cocok untukmu dari sekarang!

Reksadana

Daripada Hura-Hura, Yuk Pilih Cara Investasi Anak Mudavia https://www.flickr.com/photos/worldbank/5320573109/

Sudah berhasil menyisihkan uang jajan untuk menabung? Coba deh mulai lirik cara untuk meningkatkan nilai uangmu. Dengan dana terbatas, bukan berarti kamu tidak bisa berinvestasi. Reksadana untuk anak muda memang sebuah peluang investasi yang paling pas untuk dana yang serba terbatas.

Jenis investasi pemula ini ideal bagi kamu yang minim waktu dan pengetahuan investasi. Makanya investasi untuk anak kuliah ini cocok banget buat kamu yang mau coba dunia investasi pertama kali dengan bantuan orang lain yang mengurus uangmu di pasar modal.

Reksadana merupakan wadah mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal untuk kemudian diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi (MI). Nah, mekanismenya ialah kamu dapat mencari produk reksadana yang sesuai, lalu pilih MI yang kredibel, kemudian melakukan pembelian dengan mentransferkan dana.

Setiap tahun atau tengah tahun, MI akan mengirimkan laporan investasi yang menjadi bukti bahwa kamu adalah salah satu pemilik reksadana. Sebagai pemilik modal, kamu bahkan bisa memulai hanya dengan Rp.100,000. Dengan menyisihkan sejumlah uang yang biasa kamu habiskan untuk beli baju atau nongkrong di cafe, kamu sudah bisa belajar prospek investasi untuk masa depanmu.

Properti

Daripada Hura-Hura, Yuk Pilih Cara Investasi Anak Mudavia https://www.flickr.com/photos/aidanmorgan/5588594181/

Yang satu ini adalah investasi yang cocok dipilih bagi kamu yang sudah punya pekerjaan tetap. Terlebih kamu adalah orang yang tertib dalam mengurus cashflow setiap bulannya. Pemerintah kini gencar menyediakan perumahan untuk rakyat melalui proyek sejuta rumah.

Diperuntukan bagi golongan Masyarakat Berpenghasilan Rendah di usia mulai dari 21 tahun, pemerintah memudahkan rakyat dengan ketentuan uang muka dan cicilan yang relatif rendah melalui KPR bersubsidi atau yang juga disebut dengan KPR FLPP.

Nah, jika kamu masih dalam tahap awal karirmu, bisa jadi upah yang kamu dapatkan sesuai dengan peraturan pemerintah yakni tidak lebih dari Rp. 4,000,000 untuk memiliki hunian dengan KPR bersubsidi atau Rp. 7,000,000 untuk kepemilikan apartemen bersubsidi.

Kebijakan ini bersifat meringankan karena suku bunga cicilan flatrate 5 persen sepanjang masa kredit maksimal 20 tahun dan uang mukanya berkisar antara 1-5 persen saja. Namun perlu diingat bahwa pemerintah memiliki kuota yang terbatas.

Harga rumah subsidi Pulau Jawa (kecuali Jabodetabek) tidak lebih dari Rp. 123,000,000 pada tahun 2017. Jika pendapatan per bulan yang kamu hasilkan lebih dari syarat KPR bersubsidi, maka kamu bisa juga melirik rumah murah non subsidi kemudian tinggal cari KPR di bank pilihanmu.

Tips untuk kamu yang memilih tinggal di kota besar layaknya Bandung, pilih lokasi yang sedang berkembang karena masih dapat ditemukan harga rumah tipe 36 Rp. 274,000,000.

Pendidikan

Daripada Hura-Hura, Yuk Pilih Cara Investasi Anak Mudavia https://www.flickr.com/photos/gotcredit/32911121200/in/photostream/

Nah ini dia yang seringkali tak terpikir sebagai sebuah investasi yakni pendidikan. Sebenarnya tanpa disadari, pendidikan menjadi investasi baik bagi kamu dan orang tuamu.

Kok bisa? Bisa dong!

Memang masalah biaya masih banyak yang bergantung pada orang tua, namun tak sedikit pula yang banting tulang bekerja sambil membiayai kuliahnya. Investasi ini pun prospeknya cemerlang jika kamu menempuh pendidikan dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu semaksimal mungkin. Lulus cepat dengan bonus nilai memuaskan, pendidikan merupakan investasi yang menuntunmu untuk meraih masa depan yang cerah.

Kelak dengan ilmu dan gelar yang telah disandang, pintu gerbang karir terbuka lebar sampai kepada situasi dimana kamu akan merasakan menjadi orang yang mapan secara finansial dan dapat membahagiakan dirimu dan juga orang tuamu.

Gimana?

Mikir ulang dong malas-malasan sekolah atau kuliah yang sebenarnya merupakan investasi yang sedang kamu jalankan saat ini?

Eits, bagi kamu yang belum berkesempatan untuk mengemban pendidikan yang lebih tinggi jangan berkecil hati, kamu masih tetap bisa menjalankan bisnismu hingga sukses dan menjadi pembuka lapangan kerja bagi orang-orang disekitarmu.

Tags

About The Author

Hilman 78
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel