7 Acara Kuis Favorit Era 90-an yang Terbilang Sukses

14 Sep 2015 15:00 13992 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Kuis-kuis yang pernah sukses tahun 90-an

Acara kuis merupakan salah satu acara favorit saya. Selain karena adanya tantangan dan  uji pengetahuan, acara kuis juga menjadi satu acara yang mengangkat tema kompetisi.

Seebnarnya, ada juga acara televisi lain  dengan tema kompetisi yakni, talent show atau ajang pencarian bakat. Sayangnya, nilai kompetisi pada ajang pencarian bakat belakangan pudar oleh adanya segmen humor dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan rating acara tersebut.

Acara kuis yang ada juga kurang menarik. Acara kuis yang ada juga seringnya bukan mengasah otak tetapi lebih kepada keseruan dan kekonyolan yang ada di acara tersebut.

Ini beda dengan tahun 90-an. Ketika itu, acara kuis menjadi salah satu acara yang menarik dan banyak ditonton. Kemasan acaranya benar-benar “kuis” yang memang mengasah otak atau memberikan tantangan tertentu.

Pada masa itu, kuis pun menjadi acara favorit. Dan diantara kuis-kuis tersebut, setidaknya ada tujuh kuis favorit dengan masa tayang yang cukup panjang dan cukup sukses menyita perhatian penonton.

Berikut daftaranya!

 

1. Berpacu Dalam Melodi

7 Acara Kuis Favorit Era 90-an yang Terbilang Sukses

Berpacu dalam Melodi merupakan  acara kuis “melegenda” yang pernah ada. Kuis ini memiliki basis pengemar yang cukup banyak. Dengan pembawa acara Koes Hendratmo dan sloganya “berpacu dalam melodi” menjadi hal yang menyenangkan menikmati kuis ini.

Kuis ini hadir pada tahun 1988. Kemudian begitu populer setelah tahun 1990. Namun, berhenti tayang pada 31 Januari 1998.

Konsep acara kuisnya sendiri adalah menebak lagu-lagu populer, terutama lagu-lagu yang hits dari mulai tahun 1950-an. Ini yang membuat semua orang dari mulai remaja sampai dewasa menyukai acara yang tayang di TVRI tersebut.

Setelah berhenti tayang di TVRI, acara ini hadir kembali di televisi lain. Pertama, pada tahun 2000 di Metro TV. Di stasiun televisi milik Surya Paloh tersebut, kuis ini bertahan 5 tahun, yakni 2000 sampai 2005.

Tahun 2013, kuis ini kembali tayang di TVRI. Tentunya dengan membawa  kembali Koes Hendratmo sebagai pembawa acaranya.  Kemudian tahun 2014, kuis  yang dicipakan Ani Sumadi ini hadir di NET dengan forma modern dan pembawa acara yang lebih

 

 

2. Kuis Tak Tik Boom

7 Acara Kuis Favorit Era 90-an yang Terbilang Sukses

Saya ingat betul ketika saya kecil, saya tidak akan tidur sebelum menyaksikan kuis Tak Tik Boom. Kuis ini selain menambah pengetahuan buat saya waktu itu juga memberikan ketegangan karena kuis ini juga mengharuskan peserta memainkan strategi.

Sama seperti Berpacu dalam Melodi, kuis  Tak Tik Boom juga diciptakan oleh Ani Sumadi. Hanya saja tentu pembawa acaranya bukan Koes Hendratmo.

Kuis ini dipandu oleh Dede Yusuf yang kini jadi seorang politikus. Acaranya sendiri tayang  ini tayang pada setiap Jumat malam dengan masa tayang mulai 1 Mei 1992 sampai 31 Juli 1998.

RCTI kembali memghadirkan kuis ini pada tahun 2010.  Waktu itu acaranya dibawakan oleh Charles Bonar Sirait dan kemudian digantikan oleh Arie Untung. Sayang, acaranya hanya bertahan sebentar.

 

3. Kuis Jari-Jari

7 Acara Kuis Favorit Era 90-an yang Terbilang Sukses

Kuis Jari-jari boleh dibilang kuis dengan konsep yang berbeda dengan kuis pada umumnya. Saat itu, acara kuis banyak dibawakan oleh pembawa acara dengan tampilan elegan dan berwibawa.

Namun, kuis Jari-jari dibawakan dengan cukup ceria. Terlebih yang membawakan acara ini adalah pelawak terkemuka, Pepeng.  Acara kuisnya juga melibatkan penonton karena acara ini adalah acara kuis interaktif lewat telepon.

Dengan konsep acara yang baru serta kemasan yang humor tapi masih tetap baik, membuat kuis  yang mulai hadir tahun 1992 ini berkesan dan tak terlupakan.

 

 

4 . Kuis Siapa Dia?

7 Acara Kuis Favorit Era 90-an yang Terbilang Sukses

Salah satu acara kuis lain besutan Ani Sumadi ini pernah jadi tontonan menarik. Betapa tidak, acara ini tergolong memiliki masa tayang yang cukup panjang, yakni 2 Maret 1992 sampai dengan 26 Juni 1998 di TVRI.

Saat itu yang menjadi pembawa acara kuis ini adalah Aom Kusman.

Kuis ini kembali disiarkan oleh TVRI pada tahun 2013 dengan pembawa acara Denny Chandra. Kemudian, acara ini disiarkan oleh Trans 7 dengan pembawa acara Ananda Omesh. Sayangnya, lahirnya kembali kuis ini kurang disambut baik sehingga acaranya tidak bertahan lama.

 

5. Apa ini Apa Itu ? 

7 Acara Kuis Favorit Era 90-an yang Terbilang Sukses

Kuis “Apa ini Apa itu?’  merupakan kuis untuk menebak berbagai hal, seperti tebak gambar, tebak lagu, tokoh, suara misteri, ataupun tentang program televisi.  Konsep tebak-tebakan ini yang kemudian membuat kuis yang tayang di RCTI ini menjadi menarik.

Kuisnya sendiri dipandu oleh Elmo dari awal tayang, yakni 2 Agustus 1993 sampai 29 maret 1996. Kemudian, Jeffry Waworuntu menggantikannya dari 1 April 1996 sampai 30 Juli 1999.

Lama berhenti, tahun 2010, RCTI kembali mengemas kuis ini dengan konsep baru. Tidak tanggung-tanggung, tiga pembawa acara dihadirkan, yakni Chika Waode, Olga Syahputra, dan Raffi Ahmad. Sayangnya, senasib dengan kuis yang dilahirkan kembali, kuis ini hanya tayang sebentar.

 

6. Kuis Dangdut

7 Acara Kuis Favorit Era 90-an yang Terbilang Sukses

Kalau ada yang bertanya apa yang membuat TPI (Sekarang MNCTV) dikenal sebagai televisi yang banyak menyiarkan acara dangdut, barangkali karena kehadiran kuis ini. Kuis ini juga yang melambungkan nama Jaja Miharja sebagai pembawa acaranya.

Konsep kuisnya sendiri cukup sederhana. Peserta diminta menebak judul lagu dangdut. Mengingat orang Indonesia banyak yang suka dangdut, tentunya acara ini pun disuka. Tak ayal, acara kuis ini tayang selama 10 tahun lebih dan mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia).

 

7. Family 100

7 Acara Kuis Favorit Era 90-an yang Terbilang Sukses

Diantara banyaknya kuis yang populer tahun 90-an, Family 100 boleh jadi menjadi kuis yang paling sukses dan terus bertahan. Betapa tidak, kuis ini mengalami beberapa kali perubahan baik konsep maupun pembawa acara dan tetap saja sukses.  

Kuis yang diadapatasi dari kuis Family Feud dan Family Fortunes ini mengetengahkan konsep “pertarungan” dua keluarga yang harus menebak jawaban yang paling banyak berdasarkan hasil survey pada 100 orang.

Pembawa acara kuis ini adalah Sonny Tulung yang kemudian melambungkan namanya. 

Kuisnya sendiri pertama tayang di ANTV pada 1 April 1996 sampai 28 November 1998. Pada 5 Juli 1999 sampai 29 Agustus 2004, acara ini ditayangkan di Indonesiar. Sempat pula acar aini singgat sebentar di TV7 (sekarang Trans 7) pada 22 November 2004 sampai 25 Februari 2005.

Family 100 kini hadir dengan nama New Family 100  yang mulai tayang pada 4 November 2013 di Indosiar. Acara ini pun masih bertahan (kertika arikel ini dibuat masih tayang) karena pemirsa cukup terhibur. Terlebih, acaranya kini dibawakan oleh pelawak Tukul yang cukup menghibur.

Nah itulah, tujuh acara kuis yang terbilang sukses pada tahun 90-an. Semua kuis tersebut pernah saya tonton dan saya menyukainya. Hanya saja  ketika dikemas ulang kembali, saya jarang menonton, termasuk New Family 100.

Mungkin karena kesibukan atau karena memang karena konsep acaranya yang kurang menarik.

Nah, Anda sendiri, punya acara kuis yang menarik? Kalau ada, silakan tulis dikomentar yah!


Sumber gambar  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel