5 Fakta Umum Penyebab Kita Menjadi Pecandu Internet

9 Sep 2015 17:00 1187 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah hal-hal berikut ini juga alasan Anda menyukai Internet?

Siapa yang tidak kenal internet?

Sejak masuk masa komersilnya pada tahun 1995, internet langsung banyak digandrungi oleh para penggunanya. Dan sampai sekarang, pengguna internet di seluruh dunia sudah mencapai milyaran orang.

Namun, selalu ada dampak negatif dari suatu hal yang positif. Begitu pula dengan internet.

"Apakah kita selalu mengecek media sosial dalam interval yang singkat?"

"Apakah kita selalu menyelesaikan masalah dengan mencari jawabannya melalui mesin pencari Google?"

Jika kedua hal di atas kita jawab dengan “ya”, itu merupakan salah satu pertanda bahwa kita adalah pecandu internet.

Mau bagaimana lagi? Internet menyediakan berbagai informasi yang memang bermanfaat. Selain itu, berbagai jenis jawaban dari berbagai masalah dapat ditemukan hanya dengan mencarinya melalui mesin pencari Google.

Di bawah ini adalah 5 hal spesifik tentang kenapa kita sangat suka menggunakan internet dalam waktu yang lama, atau dalam artian menjadi pecandu internet.

 

1. Internet Membantu Mengisi Waktu Luang

Ketika kita tidak menganggur atau tidak ada hal yang bisa kita lakukan, kita biasanya mengambil gadget elektronik kita, baik itu laptop, PC desktop ataupun smartphone dan mulai menjelajahi internet untuk mencari hal menarik.

Mudahnya akses internet bagi warga perkotaan atau pedesaan modern menjadikan kita mendapatkan sinyal atau koneksi internet dimana saja, baik itu yang gratis maupun yang berbayar.

Contohnya penulis, ketika sedang berada di rumah atau berada di jalanan sendirian, hal yang pasti sering penulis lakukan adalah membuka smartphone untuk kemudian mencari hal menarik baik di media sosial, media berita online, membaca novel online ataupun bermain game online.

Walaupun dilihat dari pandangan orang lain merupakan hal tidak produktif, tapi penulis mendapatkan pengetahuan dan wawasan lebih efisien daripada mereka yang membaca koran atau pergi ke perpustakaan untuk membaca buku.

 

2. Internet Membantu Kita Belajar

Hanya dengan satu klik saja, kita dapat mencari berbagai hal yang ingin kita cari di internet. Alasannya adalah karena internet mungkin memiliki semua hal yang mungkin kita butuhkan. Oleh karena itu, tidak ada alasan lain untuk melakukan hal yang lebih melelahkan

Namun, jika penggunaan internet dilakukan diluar batas kewajaran akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan kita. Contohnya, sakit mata, pusing-pusing, dan pegal-pegal di seluruh badan.

Untuk menghindari hal itu, biasakanlah untuk menghindar dari internet untuk sementara dengan cara beristirahat atau melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan internet.

 

3.   Internet Menyebabkan Efek Domino

Jika kita mencari sesuatu di internet, pasti pencarian tersebut akan berakar ke pencarian-pencarian lainnya yang tentunya berhubungan dengan topik yang pernah kita cari. Dari hal ini, sifat manusia seperti rasa penasaran dan selalu haus akan wawasan tercerminkan.

Dampak pencarian yang berakar kemana-mana dari pencarian sebuah subjek tentunya akan mengkonsumsi waktu yang sangat lama dan menyebabkan kita betah berlama-lama di depan komputer.

 

4. Internet Sangatlah Menyenangkan

Apa yang kita lakukan setelah terhubung ke internet dan di depan kita adalah sebuah layar monitor yang menampilkan browser favorit kita?

Kalau penulis, mungkin akan langsung mengetik apa yang ada di pikiran penulis kemudian menelusurinya menggunakan Google.

Contohnya, penulis sekarang sedang memiliki pikiran tentang “Kurs Dollar”. Untuk mengetahui kurs sekarang penulis akan mencoba mencarinya lewat Google dengan mengetikkan kata kuncinya yaitu, “Kurs dollar Indonesia 9 September 2015”.

Atau karena penulis masih lajang, maka penulis akan mencoba mencari pasangan di internet dengan mengetikkan situs jodoh pada mesin pencarian.

Kedua contoh di atas hanyalah dua dari potensi tidak terbatas google yang bisa kita cari di Internet. Apapun yang kita cari di Internet, selama hal itu masih dalam batas wajar pikiran manusia pasti memiliki hasil pencarian.

Lalu bagaimana dengan Anda? Apa yang akan Anda lakukan jika dihadapkan dengan mesin pencarian Google di depan Anda?

 

5. Internet Membuat Kita Merasa Produktif

Produktif memiliki arti bergerak menggerakkan badan untuk melakukan sesuatu untuk menghasilkan sesuatu. Dan bagi mereka yang melihat seseorang sedang menggunakan internet, selalu ada anggapan bahwa orang-orang tersebut tidak produktif.

Memang benar, mereka yang menggunakan internet itu tidak produktif jika dilihat dari sudut pandang orang lain. Tapi bagaimana dengan sudut pandang dari yang menggunakan internet tersebut?

Bagi mereka yang sedang menggunakan internet, akan muncul ilusi seakan mereka sedang melakukan kegiatan yang produktif walaupun pada kenyataannya tubuh mereka tidak bergerak secara fisik.

 Contohnya, Membaca berita pada sebuah situs berita online, itu sama saja dengan mereka yang membaca berita pada koran. Keduanya sama-sama menambah wawasan bagi orang yang membacanya.

 

Dari kelima hal di atas, manakah yang biasanya membuat Anda berlama-lama duduk didepan komputer yang terhubung ke Internet? [FM]

 

 

 

 

 

Tags internet

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel