Panasonic SC-ALL05, Speaker Portabel Mutakhir yang Anti Air

28 Sep 2016 11:45 3427 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Speaker portabel yang kaya akan fitur dan punya desain keren.

Pernahkah Anda membayangkan berendam air hangat di kamar mandi dengan bath tub besar sambil diiringi musik klasik?

Kehidupan ala “sultan” tersebut mungkin bisa Anda rasakan dengan sebuah produk buatan Panasonic bernama Panasonic SC-ALL05.

Panasonic SC-ALL05 adalah sebuah speaker portabel yang kebal terhadap air karena memiliki sertifikat anti air yang resmi. Dilengkapi dengan Wi-Fi, Bluetooth serta fungsi AllPlay dari Qualcomm, Panasonic SC-ALL05 dapat terhubung dari jarak yang cukup jauh di dalam suatu rumah yang besar sekalipun.

Mengupas lebih jelas seperti apa Panasonic SC-ALL05, berikut adalah ulasannya.

 

Desain

Memiliki kesan elegan, compact serta menarik perhatian, Panasonic SC-ALL05 bisa dikatakan juara dari segi desain. Apalagi dengan ukurannya yang memiliki lebar 170mm serta panjang 77mm, speaker portabel ini sangat cocok untuk ditempatkan dimana saja baik itu kamar mandi ataupun dapur yang memang biasanya merupakan ruangan paling kecil di sebuah rumah.

Speakers Panasonic SC-ALL05 memiliki panel chrome pada bagian atasnya yang kabar buruknya adalah magnet untuk bekas sidik jari. Namun, tetap hal tersebut tidak begitu berpengaruh karena tertutupi dengan penampilannya yang elegan.

Sebagian besar dari Panasonic SC-ALL05, tertutupi oleh grill yang menyelimuti speaker serta dua buah lampu led yang memperlihatkan status baik itu jaringan maupun mode yang sedang berjalan.

 

Fitur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Panasonic SC-ALL05 adalah sebuah speaker portabel yang anti-air (waterproof) dengan sertifikat IPX5 dan IPX7. Dengan kata lain, speaker ini mampu menangkis semprotan air bertenaga atau bahkan menyelam di dalam air hingga kedalaman 1 meter dengan waktu kurang lebih 30 menit.

Fitur lainnya yang dimiliki speaker Panasonic SC-ALL05 adalah All Connected Audio Range yang mampu melakukan stream musik dari PC dan juga smartphone.

Jika Anda tidak punya PC ataupun smartphone, radio yang menggunakan jaringan internet pun sudah terpasang pada speaker ini. Tentunya selama Anda dapat terhubung ke internet di rumah Anda.

Panasonic SC-ALL05 menggunakan Allplay Multiroom dimana Anda mengendalkan semua sepaker serupa sekaligus yang terletak di berbagai ruangan untuk melantunkan lagu yang sama. Atau bisa juga melantunkan lagu-lagu berbeda untuk setiap speakernya.

Berbicara soal spesifikasi, Panasonic SC-ALL05 memiliki output 20W yang akan menurun ke 8W ketika baterai pada speaker sudah melemah.

Untuk daya tahan baterainya sendiri, Panasonic SC-ALL05 mampu bertahan hingga 9 jam pemakaian pada mode bluetooth dan 8.5 jam saja ketika mode yang mengandalkan jaringan diaktifkan.

Ketika menggunakan fitur AllPlay, Anda akan dapat menjalankan lagu seperti MP3, AAC, FLAC, dan WAV, serta dari tiga diantaranya dapat diputar hingga 192kHz/24-bit.

 

Pengaturan Pengoperasian

Bagi Anda yang ingin menggunakan jaringan Wi-Fi untuk menyalakan Panasonic SC-ALL05, caranya sendiri sangat mudah.

Anda tinggal membuka aplikasi streaming musik pada PC atau smartphone Anda dan kemudian mengikuti instruksi yang sudah tertulis di layar monitor atau smartphone Anda.

Setelah jaringan menemukan Panasonic SC-ALL05, Anda tinggal memasukkan password Wi-Fi yang Anda gunakan.

Berbicara soal pengaturan pengoperasian, satu hal yang kurang pada speaker portabel ini adalah pengaturan menggunakan remote control. Dikatakan seperti itu, karena Panasonic SC-ALL05 tidak memiliki remote control dan hanya dapat dikendalikan lewat smartphone atau komputer Anda.

Setelah aplikasi terbuka Anda dapat mulai memainkan musik dengan pertama-tama membuka menu browser terlebih dahulu yang isinya adalah server yang dapat dipilih, layanan streaming serta aplikasi radio.

Untuk menjalankan multiroom control, Anda dapat menemukan dan menjalankan fitur tersebut pada menu sidebar dimana setiap speaker yang terhubung dibedakan dari warna ikonnya. Disini Anda dapat mengkustomisasi warna ikon tersebut sesuka Anda, menyatukan atau memisahkan berbagai ikon tersebut.

 

Kesimpulan dan Harga

Jika Anda sebelumnya pernah membeli perangkat Panasonic yang sudah memiliki fitur multiroom, menambahkan Panasonic SC-ALL05 pada koleksi sound system Anda adalah sebuah hal yang menurut saya sangat layak.

Apalagi karena Panasonic SC-ALL05 ini memiliki kekebalan terhadap air, Anda jadi memiliki pilihan tempat lain untuk menyimpan speaker selain di ruangan yang tidak ada airnya seperti di kamar mandi ataupun di dapur.

Dari segi suara, Panasonic SC-ALL05 dijamin memberikan suara yang dapat memanjakan telinga pendengarnya baik itu lagu klasik, lagu dangdut ataupun lagu hard rock sekalipun.

Tapi sayangnya, Panasonic SC-ALL05 tidak begitu dapat diandalkan jika pendengarnya adalah seorang audiophile. Karena bagi kebanyakan audiophile, suara yang dihasilkan speaker portabel ini tidak begitu “ngena” di telinga.

Tapi overall, dengan baterai yang memiliki daya tahan yang cukup lama, suara yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan kebanyakan speaker portabel yang ada di pasaran, serta desainnya yang compact dan tahan terhadap air, menjadikan speaker ini menjadi pilihan utama ketika ingin membeli speaker portabel yang bisa dibawa kemana saja termasuk tempat yang penuh dengan air.

 

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel