Samsung Galaxy On7 (2016), Smartphone Kelas Menengah yang Siap Bertempur di Bulan Oktober 2016

27 Sep 2016 19:00 3598 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Punya spesifikasi yang lumayan bagus, smartphone ini bisa menjadi alternatif Samsung Galaxy S7.

Di tahun ini, Samsung sepertinya banyak mengeluarkan smartphone di berbagai serinya. Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa Samsung mengeluarkan S7 dan S7 Edge untuk segmen flagship yang kemudian disusul oleh Samsung Galaxy Note 7.

Sedangkan untuk kelas menengah, Samsung juga mengeluarkan Samsung Galaxy J7 Prime yang kemudian disusul sekarang oleh Samsung Galaxy On7 (2016).

Terdengar mirip seperti grup band semasa saya masi sekolah dulu, Sheila On 7, smartphone Samsung Galaxy On7 (2016) ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan grup band tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang setangguh apa smartphone ini dilihat dari spesifikasi tertulisnya, silahkan simak ulasan spesifikasinya di bawah ini.

 

1. Desain dan Layar

Galaxy On7 (2016) mungkin tidak seindah dan seelegan Samsung Galaxy S7 dari segi desain. Akan tetapi, smartphone ini ternyata tidak kalah menarik jika dibandingkan side-to-side dengan smartphone flagship buatan Samsung tersebut.

Dengan bodinya yang terlihat ramping dimana hanya memiliki ketebalan 8 milimeter saja, smartphone ini juga terbilang nyaman digenggaman, tidak seperti smartphone buatan merek jepang yang ujung-ujungnya lancip sehingga meninggalkan bekas di genggaman tangan.

Memiliki panjang 151.7 x 75 milimeter, Samsung Galaxy On7 (2016) bisa dibilang sebagai smartphone yang cukup besar, ditambah lagi dengan bobotnya yang berkisar 167 gram membuat smartphone ini memiliki berat sesuai dengan penampilannya.

Layar pada smartphone Samsung Galaxy On7 (2016) adalah layar berukuran 5,5 inch yang sudah memiliki resolusi full HD (1080 x 1920p) dengan kepadatan layar mencapai 401 ppi.

Namun cukup disayangkan, layar yang digunakan untuk smartphone ini masih berteknologi TFT yang secara kualitas masih kalah dengan IPS apalagi AMOLED dan SUPER AMOLED.

 

2. Prosessor

Untuk yang satu ini, Samsung sepertinya tidak main-main. Buktinya, Samsung Galaxy On7 (2016) dibekali dengan prosessor octa-core buatan Qualcomm yang memiliki clock @2.0GHz bernama Snapdragon 625.

Untuk mendukung kinerja prosessor tersebut agar bekerja lebih maksimal, Samsung menggunakan GPU Adreno 506 sebagai partner Snapdragon 625.

Dengan prosessor dan GPU secanggih ini, multitasking ataupun game 3D bisa dimainkan dengan lumayan lancar pada resolusi HD (720 x 1280p).

 

3. Penyimpanan Internal dan RAM

Untuk Samsung Galaxy On7 (2016), Samsung sudah membekalinya dengan memori atau penyimpanan internal sebesar 32GB. Jika masih kurang, jangan khawatir karena ada slot untuk memori eksternal yang kapasitasnya sendiri bisa mendukung hingga 256GB.

RAM pada smartphone ini juga tidak main-main. Untuk sebuah smartphone kelas menengah, Samsung Galaxy On7 sudah dibekali RAM sebesar 3GB yang pastinya ketika dipadukan dengan prosessor Snapdragon 625 dan GPU Adreno 506, dapat menciptakan sebuah kombinasi yang powerful.

 

4. Kamera dan Konektivitas

Samsung Galaxy On7 (2016) dibekali sebuah kamera utama 13MP dengan apertur f/1.9 yang sudah mendukung autofocus serta didampingi oleh sebuah lampu LED flash. Fitur untuk kamera belakang ini terbilang biasa saja atau umum. Mulai dari geo-tagging, tocuh focus hingga face detection.

Untuk kamera depannya sendiri, Samsung Galaxy On7 (2016) memiliki lensa 8MP dengan apertur f/1.9 yang jika digunakan untuk selfie akan menghasilkan gambar dengan kualitas baik.

Soal merekam video, baik kamera utama ataupun kamera sekunder dari Samsung Galaxy On7 ini sudah sanggup merekam video berukuran full HD dengan FPS maksimal 30fps.

Beralih ke bagian konektivitas, Samsung Galaxy On7 (2016) adalah smartphone yang sudah mendukung koneksi 4G/LTE.

Selain itu, smartphone ini juga menggunakan bluetooth terbaru yakni versi 4.2, A-GPS, serta GLONASS/BDS (tergantung dari region).

 

5. Baterai dan Fitur

Hampir mendekati baterai Samsung Galaxy S7 Edge, smartphone Samsung Galaxy On7 dibekali baterai Li-Ion non-removable berkapasitas 3,300 mAh.

Pengisian baterai pada smartphone ini juga sudah mendukung fast charging sehingga Anda tidak perlu pusing lagi menunggu lama-lama hingga baterai smartphone terisi penuh.

Dan salah satu fitur unggulan lain dari Samsung Galaxy On7 (2016) adalah fitur keamanan yang mungkin sekarang ini tidak jarang lagi ditemukan di berbagai smartphone yaitu sensor sidik jari (fingerprint sensor).

 

Penutup

Baru saja diumumkan pada bulan September 2016 ini, Samsung Galaxy On7 direncanakan untuk rilis pada bulan Oktober 2016, bersamaan dengan banyak smartphone Android lain yang juga siap bersaing di segmennya masing-masing.

Belum ada harga pasti soal harga dari Samsung Galaxy On7. Namun menurut informasi yang banyak beredar di internet, Samsung Galaxy On7 (2016) ini dibanderol dengan harga 3.1 jutaan saja.

Cukup murah bukan untuk sebuah smartphone bermerek sekelas Samsung? Apalagi spesifikasinya tidak kalah tangguh dengan kebanyakan smartphone pabrikan China yang sekarang ini sudah banyak ditemukan di pasaran namun tidak memiliki garansi yang pasti.

Bagaimana dengan Anda? Apa berminat untuk memboyong smartphone Samsung Galaxy On7 (2016) ketika smartphone ini sudah mulai dijual di pasaran? [FM]

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel