"Curiosity" Sang Penjelajah Mars

6 Aug 2015 15:00 2927 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kisah Robot penjelajah Mars yang kini berulang tahun

Mars adalah sebuah planet keempat terdekat jaraknya dari Matahari. Dijuluki sebagai “Planet Merah”, planet yang memiliki berwarna kemerahan karena permukaannya dipenuhi oleh oksida besi ini ternyata merupakan planet kedua terkecil di sistem tata surya kita.

Fakta mengenai planet ini yang konon dapat ditempati oleh makhluk hidup, membuat organisasi NASA memulai proyek “pencarian kehidupan” di planet ini dengan menigirimkan berbagai wahana ruang angkasa dimulai dari Viking 1, Viking 2 hingga robot yang sekarang masih menjelajah sampai sekarang ini  bernama Curiosity

Curiosity adalah sebuah robot mobil penjelajah yang dibuat oleh MSL (salah satu divisi dari NASA) yang bertujuan untuk menyelidiki planet Mars.

Mendarat pada tanggal 6 Agustus 2012, robot penjelajah dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari mobil van ini memiliki tugas untuk menilai keadaan lingkungan di Gale Crater apakah cocok untuk kehidupan makhkluk hidup atau tidak.

Mulai dari penilaian kondisi lingkungannya, khususnya air; apakah lingkungan disana cocok bagi kehidupan mikroba atau tidak.


Spesifikasi

Dengan berat 899 kilogram(80 kilogram adalah alat-alat ilmiah) robot penjelajah ini memiliki panjang 2.9 meter, lebar 2.7 meter dan tinggi 2.2 meter.

Seperti pada Viking 1 dan Viking 2, yaitu wahana yang pertama kali dikirim ke mars pada tahun 1976. Curiosity juga menggunakan radioisotope thermoelectric generator (RTG) sebagai tenaga penggeraknya.

Yang menjadi otak dari robot penjelajah ini adalah dua buah komputer yang disebut RCE (Rover Computer Element). Kedua komputer ini memiliki kekebalan tinggi terhadap radiasi ekstrim yang ada di luar angkasa.

Kemudian robot ini juga dilengkapi dengan X band transmitter and receiver yang memungkinkan untuk berkomunikasi langsung dengan markas di planet Bumi.

Sedangkan, untuk mengambil gambar, Curiosity dilengkapi dengan Mast Camera (MastCam) yang dapat mengambil gambar dengan resolusi sebesar 1600x1200 pixel dan video dengan resolusi 1280x720 pixel.

Lalu ada juga kamera untuk menangkap atau mendeteksi dan menganalisa komposisi dari bebatuan dan tanah yang ada di Mars. Kamera yang dinamakan Chemistry Camera ini mampu merekam hingga 6.144 gelombang berbeda dari ultraviolet, cahaya infrared dan juga gelombang yang terlihat.

Selain itu ada juga HazCam yang fungsinya untuk menghindari bahaya yang terdeteksi oleh kamera ini. HazCam sendiri terdiri dari dua macam kamera yaitu MAHLI dan APXS yang terletak di tangan Curiosity.

Dalam perjalanannya mengeksplorasi Mars, selama ini Curiosity dilengkapi dengan kamera navigasi yang bisa berputar sebesar 45 derajat.Dan dalam melakukan pergerakannya, robot penjelajah ini  bergerak dengan menggunakan enam buah ban berdiameter 50 cm dengan sistem suspensi Rocker Bogie yang juga berfungsi sebagai alat pendaratan ketika pertama kali mendarat di Mars.

Sebenarnya masih banyak kelengkapan lainnya yang digunakan Curiosity dalam melakukan pengembaraannya seperti DRT untuk membersihkan debu dari target penyelidikan, DAN untuk mengukur tingkat kadar hidrogen dan RAD yang berfungsi sebagai pendeteksi radiasi.

Ketiganya merupakan bagian dari peralatan SAM (Sample Analysis at Mars)

 

Delapan Tugas Curiosity

Apa yang harus dilakukan robot penjelajah buatan NASA ini di Gale Crater, Mars meliputi beberapa tugas:

  1. Memastikan keadaan alam dan senyawa organik yang ada disana.

  2. Menyelidiki enam elemen penting dalam kehidupan (hidrogen, carbon, oksigen, nitrogen, posfor dan sulfur)

  3. Mencari bukti bahwa pernah ada proses biologi yang terjadi di Mars

  4. Menyelidiki kandungan zat kimia, isotop, dan komposisi material geologi yang membentuk permukaan mars

  5. Menilai panjang waktu evolusi jangka panjang dari atmosfir planet Mars

  6. Menafsirkan proses pembentukan bebatuan dan tanah disana

  7. Memastikan keadaan atau kondisi terakhir disana, yaitu perputaran air dan karbon dioksida.

  8. Mendata berbagai jenis radiasi yang ada di permukaan kemudian mengukur sejauh mana radiasi akan berpengaruh pada interior pesawat ruang angkasa yang akan digunakan oleh manusia di misi yang akan datang.

Beberapa foto cantik hasil pengembaraan

Tepat 3 tahun berlalu sejak pertama kali mendarat di Mars, Curiosity yang belum menjalankan seluruh tugasnya di Gale Crater sebagi robot penjelajah mengirimkan kado ulang tahun ke-3 Curiosity berupa foto-foto cantik yang ia kumpulkan dalam pengembaraannya.

 

"Curiosity" Sang Penjelajah Mars
Gambar ini adalah gambar gunung Sharp sebelum Curiosity tiba di kaki gunung tersebut.

 

"Curiosity" Sang Penjelajah Mars
Gambar gunung Sharp dari jauh. Gunung ini berukuran sedikit lebih besar dari gunung Rainier di Bumi

 

"Curiosity" Sang Penjelajah Mars
Lapisan batu yang terbentuk karena proses yang dinamakan Cross-Bedding. Batu ini memiliki skala puluhan meter.

 

"Curiosity" Sang Penjelajah Mars
Contoh Cross-Bedding, akibat dari air lewat ke celah celah sedimen yang longgar.

Tags Mars

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel