Silatutahmi Lebaran Sekalian piknik ke Malang

12 Jul 2015 07:13 1534 Hits 0 Comments
Seperti pepatah “sambil menyelam minum air”, tak ada salahnya bersilaturahmi lebaran sekalian piknik,

Mungkin Liburan Idul Fitri 2015 ini, ada rencana Anda untuk mengunjungi sanak famili, kerabat, atau teman di kota Malang-Jawa Timur. Seperti pepatah “sambil menyelam minum air”, tak ada salahnya bersilaturahmi lebaran sekalian piknik, menikmati obyek wisata di kota yang sarat dengan peninggalan sejarah dan dikenal berhawa sejuk ini.

Malang menyandang sederet julukan. Sudah tak asing lagi, kota ini dikenal sebagai penghasil buah apel, sehingga Malang dijuluki "Kota Apel". Produksi apel cukup melimpah, di antaranya terdapat di Kota Batu dan Poncokusumo. Dikatakan sebagai "Kota Sejarah", karena Malang menyimpan misteri embrio munculnya kerajaan-kerajaan besar di Tanah Air.  Seperti Tumapel, Kanjuruhan, Singosari, Kediri (Dhoho), Mojopahit, Demak dan Mataram. Di kota Malang juga terukir awal perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Malang juga dijuluki kota sejuk atau berhawa dingin. Hal ini tak lepas dari kondisi geografis Malang yang dikelilingi pegunungan. Di antaranya Gunung Arjuno Welirang, Gunung Kawi-Panderman, dan Gunung Bromo-Semeru.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi serta dikelilingi gunung inilah yang membuat hawa di Malang terasa lebih dingin dibanding daerah-daerah di sekitarnya. Oleh karena itu, sudah tidak perlu disangsikan lagi jika Malang menyandang julukan "Kota Dingin" meski belakangan ini banyak yang mengeluhkan adanya  dampak pemanasan global yang juga dirasakan di kota ini.

Selain itu, Malang juga dikenal sebagai kota pelajar. Hal ini tak lepas dari banyaknya fasilitas pendidikan yang terdapat di kota ini. Malang yang tenang, menjadikkannya sangat cocok sebagai tempat belajar atau menempuh pendidikan. Di kota ini terdapat banyak sekali universitas negeri maupun swasta.

Seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Malang, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Kesehatan Malang dan puluhan Perguruan Tinggi Swasta lainnya. Tak ayal jika kota ini juga banyak didatangi para pelajar dan mahasiswa berbagai pulau untuk menempuh pendidikan yang lebih baik di sini.

Di samping itu, masih banyak julukan lain yang disandangnya, termasuk sebagai kota kuliner. Di kota ini juga terdapat berbagai aneka pangan, minuman, maupun jajanan khas Malang yang memiliki daya tarik tersendiri untuk wisata kuliner.

Banyak yang mengatakan Malang sebagai tempat yang menawan untuk dikunjungi. Iklim Malang yang lumayan sejuk, masyarakatnya yang ramah,  dan lingkungan kotanya yang bersih pun membuat Malang selalu memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan. (AC)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel