5 Aktivitas “Ngabuburit” Tanpa Perangkat Teknologi

23 Jun 2015 15:05 3752 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ngabuburit tidak harus selalu bermain gadget, ngabuburit sebaiknya diisi dengan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat.

Ngabuburit sudah menjadi tradisi yang dilakukan menjelang waktu berbuka puasa di Indonesia. Ngabuburit sendiri bisa diisi dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat, menyenangkan, dan membuat waktu untuk berbuka tidak terasa cepat datang. Hanya saja, di era modern dan digitalisasi sekarang ini, sebagian anak-anak muda bahkan orang dewasa lebih memilih untuk lebih banyak aktif di dunia maya dengan smartphone atau komputernya daripada melakukan aktivitas lainnya. Padahal ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan selama waktu ngabuburit ini. Apa saja 7 jenis aktivitas yang bisa dilakukan saat ngabuburit tanpa smartphone dan komputer? Berikut uraiannya.

 

1. Ngabuburit dengan Mengaji Al-Quran

5 Aktivitas âNgabuburitâ Tanpa Perangkat Teknologi

Berbagai ibadah yang dilakukan di bulan puasa akan dilipatgandakan pahalanya. Oleh karena itu, pada saat bulan puasa orang-orang berusaha untuk bisa melakukan sebanyak-banyaknya ibadah. Salah satunya adalah dengan mengaji Al-Quran. Agar waktu ngabuburit kita bermanfaat dan bernilai ibadah, cobalah untuk mengaji Al-Quran. Mengaji dalam hal ini tidak hanya sekadar membaca ayat-ayat Al-Quran tetapi juga membaca dan memahami artinya. Selain kita beribadah mengaji Al-Quran, kita juga akan lebih memahami arti dari ayat Al-Quran yang kita baca.

 

2. Ngabuburit dengan Mengobrol Bersama Anggota Keluarga

5 Aktivitas âNgabuburitâ Tanpa Perangkat Teknologi

 

Pada hari-hari biasa, terkadang sebagian dari kita mungkin jarang sekali dengan sengaja melakukan kegiatan mengobrol bersama seluruh anggota keluarga. Bulan puasa bisa menjadi satu momen yang menyenangkan untuk mulai membiasakan mengobrol bersama keluarga pada saat ngabuburit. Hal ini bisa membuat hubungan keluarga semakin akrab dan harmonis. Selain itu, antaranggota keluarga bisa lebih memahami karakternya masing-masing dan mulai mengetahui serta memahami apa yang dipikirkan dan diinginkan oleh setiap anggota keluarga. Ngabuburit dengan mengobrol bersama keluarga ini akan jauh lebih menyenangkan daripada hanya duduk dan sibuk sendirian mengecek media sosial.

 

3. Ngabuburit dengan Jalan-Jalan Sore

5 Aktivitas âNgabuburitâ Tanpa Perangkat Teknologi

Ngabuburit tentunya dilakukan di sore hari menjelang berbuka puasa. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengisi ngabuburit dengan jalan-jalan sore di sekitar tempat tinggal. Pada saat sore hari menjelang berbuka biasanya banyak orang yang suka melakukan aktivitas jalan-jalan sore ini. Aktivitas ini selain gratis dan mudah, juga bisa dilakukan bersama-sama keluarga atau teman. Ramainya suasana sore hari di luar, akan memberikan kesenangan tersendiri serta membuat pikiran menjadi kembali segar dan bahagia.

 

4. Ngabuburit dengan Memasak untuk Buka Puasa

5 Aktivitas âNgabuburitâ Tanpa Perangkat Teknologi

Memasak tidak harus selalu dilakukan oleh ibu kita saja atau orang yang memang memiliki tuga untuk memasak di keluarga. Memasak juga bisa menjadi salah satu kegiatan asyik dan bermanfaat untuk mengisi waktu ngabuburit kita. Mungkin sebagian dari kita tidak ahli dalam memasak, hanya saja aktvitas ngabuburit dengan memasak ini bisa menjadi ajang latihan memasak. Selain itu, masakan yang sudah kita buat tersebut bisa menjadi menu yang spesial untuk berbuka. Jika memang tidak bisa memasak, kita bisa mengisi ngabuburit memasak ini dengan membantu ibu yang sedang memasak. Misalnya membantu memotong sayuran, mengulek bumbu, mencucikan beras, dan lain-lain.

 

5. Ngabuburit dengan Membeli  atau Berjualan Takjil

5 Aktivitas âNgabuburitâ Tanpa Perangkat Teknologi

 

Siapa yang tidak suka dengan takjil saat berbuka puasa? Ya, takjil merupakan makanan ringan atau minuman segar yang biasa dikonsumsi pada saat berbuka puasa sebelum makan makanan berat. Bagi yang rajin membuat takjil sendiri tentunya tidak perlu repot membelinya, hanya saja bagi yang tidak suka atau tidak sempat membuat takjil sendiri, maka membeli takjil di luar menjadi pilihan utama. Membeli takjil bisa menjadi aktivitas ngabuburit yang menyenangkan. Sambil menunggu waktu berbuka, kita bisa memilih banyak menu takjil manis, segar, dan bervariasi. Selain itu, aktivitas ini bisa dilakukan bersama keluarga dan teman.

Itulah 5 jenis aktivitas menyenangkan untuk ngabuburit tanpa komputer dan smartphone. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati waktu ngabuburitnya. [DIA]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel