Lakukan ini Ketika Memory Card Anda Tidak Terbaca

17 Jun 2015 21:09 7224 Hits 0 Comments
Penyebab memory card tak terbaca biasanya disebabkan beberapa faktor

JAKARTA, Plimbi - Sebagai pendukung smartphone memory card atau yang sering kita kenal dengan naman microSD memiliki peranan yang sangat besar. Apalagi pada era Big Data seperti sekarang ini, ketika satu kali capturan foto pada sebuah smartphone memiliki ukuran sampai 4 Mega Byte.

Namun sayangnya, beberapa kendala pasti akan dan bahkan sudah pernah kita jumpai dalam hal memory card eror atau tidak terbaca di smartphone kita. Bagi yang saat ini sedang mengalami permasalahan tersebut, jangan dulu dibuang memory anda. Simak ulasan kami berikut ini yang khusus kami hadirkan untuk anda.

Pada dasarnya, penyebab memory card tak terbaca biasanya dikarenakan oleh beberapa faktor seperti virus atau system error. Tentunya hal tersebut membuat beberapa pengguna merasa kesal karena tak dapat mengakses file yang disimpan pada ponsel.

Faktor Virus

Sebagai informasi, bagi para pengguna ponsel canggih berplatform Android, memang sangat banyak sekali virus serta malware yang mengintai. Jika ponsel anda sudah terjangkit sebuah virus, hal ini membuat memory card tidak terbaca dikarenakan adanya virus pada memory card. Bermacam-macam virus akan terus menerus bermunculan dan menyerang memori, sehingga memori tak dapat berfungsi secara normal. Jika Anda dihadapkan dengan masalah ini, Usahakan untuk menkoneksikan memory pada Personal Computer agar memory anda di scan oleh antivirus di komputer. Dan jangan lupa lindungi ponsel anda dengan cara berikan ponsel aplikasi antivirus. Tentunya, aplikasi anti-virus itu harus selalu update.

 

Baca juga :

               Review HP Envy 34 Curved, All - in - one seharga 20 jutaan, layar cekung sebesar 34 inch

               5 Tips Berguna Untuk Pengguna Windows 10 Yang Perlu Diketahui

 

System Error

Pada beberapa kasus sering terjadi sistem eror pada memory card yang anda gunakan, biasanya hal tersebut terjadi di karenakan kualitas memory anda yang kurang baik. Hal yang harus anda lakukan ketika hal ini terjadi adalah sama seperti cara pertama yaitu menghubungkan memory card ke PC anda. Kemudian sobat bisa masuk ke Windows explorer kemudian  klik kanan pada drive memory card tersebut. Lalu pada menu tab pilih tools kemudian klik check now, kemudian sobat bisa checklist atau centang pada opsi automatically check system dan scan for and attempt recovery of bad sector.Kemudian tunggu hingga pengecekan sistem drive micro sd tersebut selesai

Setelah itu, pasangkan kembali micro sd / memory card tersebut ke handphone gadget sobat, lalu pastikan untuk melakukan cek apakah memory card / micro sd card tersebut dapat terbaca dan terdeksi dengan baik.

Memori Card Terkunci

Kendala lain yang mengakibatkan memory card tak terbaca dikarenakan Anda lupa password yang telah dimasukkan, sehingga menyebabkan memory card terkunci. Untuk mengatasinya, masuk ke C:systemMMCstore.ini baca mmcstore.ini dengan notepad atau menggunakan aplikasi MMCpwd.sls.

Demikian beberapa kasus dan tips untuk mengatasi kasus tersebut, bagi anda yang mengalami permasalahan lain, silakan tinggalkan komentar dan kami akan langsung mencari tahu penyebab serta cara mengatasi hal tersebut. (rie)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel