Layanan Situs yang Digunakan untuk Prostitusi Online

11 May 2015 10:00 9842 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa situs banyak digunakan untuk kegiatan prostitusi

Fenomena prostitusi online tidak lepas dari peranan media sosial. Lewat media ini, segala hal yang terkait dengan transaksi prostitusi terjadi. Tentu hal ini sangat miris, mengingat media sosial memiliki peranan yang bagus dan positif. Banyak orang memanfaatkan media sosial untuk berbagi pikiran, ide, komunikasi, dan untuk berjualan. Semuanya adalah hal positif, tetapi lain cerita jika media sosial digunakan untuk transaksi prostitusi.

Fenomena ini sebenarnya sudah berlangsung lama ketika internet memang sudah semakin dekat dengan masyarakat. Namun, beberapa bulan belakangan ini, wacana prostitusi online sedang marak sekali. Sudah ada beberapa kasus prostiusi online yang terjadi. Dan dari sepengamatan Plimbi, prostitusi online ini menggunakan media internet untuk melakukan transaksi dan menjajakan dirinya. Apa saja media internet tersebut?

 

1. Twitter

Twitter ternyata merupakan tempat untuk menjual diri atau transaksi yang cukup ampuh.  Dengan sistem yang memungkinkan pengguna mencari topik pembicaran dengan mudah, transaksi prostitusi online gampang terjadi. Tidak aneh jika belakangan ini ditemukan beberapa akun Twitter anonim yang menjajakan dirinya. Bahkan sempat menjadi heboh karena ada akun tertentu yang dikelola oleh sebutan Papi Mike. Dialah yang pada April 2015 sempat jadi heboh lantaran menjajakan pegawai seks komersial lewat akun Twitter anonim yang cukup banyak followers dan cukup banyak terjadi transaksi.

 

2. Facebook

Jauh sebelum Twitter, aktivitas prostitusi online di media sosial Facebook sudah terjadi terlebih dulu. Hanya saja, media sosial Facebook lebih privasi sehingga jarang terkespos. Namun, dulu sempat beredar tentang penipuan dan penjualan PSK (pekerja seks sosial), bahkan dibawah umur lewat media sosial ini. Selain itu, ada juga banyak  akun profil Facebook yang memasang foto wanita cantik dan seksi. Akun seperti ini memang ada yang iseng saja tetapi tidak sedikit yang memang benar-benar melakukan transaksi untuk kegiatan prostitusi.

 

3. Forum Internet

Menjajakan prostisusi secara online juga banyak dilakukan di situs-situs forum internet, terutama di situs forum dewasa. Ada salah satu forum situs dewasa yang memang terkenal membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan seks. DI forum tersebut juga ada kanal jual beli, termasuk jual PSK. Dan orang yang menjajakan biasanya tidak langsung si PSK, melainkan seorang pria atau calo yang memiliki banyak PSK untuk dijajakan. Dan harga jual para PSK cukup beragam, mulai dari harga jutaan sampai puluhan jutaan.

 

Selain ketiga media tersebut, prostitusi online juga bisa terjadi, termasuk di layanan pesan instan, seperti BBM.  Hanya saja karena sifatnya lebih pribadi, transaksi dan penjualan PSK di layanan aplikasi pesan instan jarang terekspos. Terlepas dari itu, Plimbi berharap pihak-pihak berwenang untuk melakukan investigasi tentang transaksi prostitusi online ini. Unit cybercrime atau pihak lain hendaknya bisa bertindak untuk melacak aktivitas prostitusi online yang meresahkan ini [HMN]  

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel