Exfm - Situs Lagu Online Baru Untuk Mencari Dan Berbagi Musik

28 Dec 2012 10:30 2523 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menjelajahi musik melalui dunia maya terus berkembang setiap tahunnya, dengan layanan populer seperti Pandora dan Grooveshark sebagai pemimpinnya. Disamping ketangguhan kedua pemain lama tersebut, banyak pemain baru mulai terjun ke persaingan ini, dengan beberapa diantaranya mencapai kesuksesan yang mengejutkan.

Menjelajahi musik melalui dunia maya terus berkembang setiap tahunnya, dengan layanan populer seperti Pandora dan Grooveshark sebagai pemimpinnya. Disamping ketangguhan kedua pemain lama tersebut, banyak pemain baru mulai terjun ke persaingan ini, dengan beberapa diantaranya mencapai kesuksesan yang mengejutkan. Dengan versi aslinya yang berasal dari extension pada Chrome, Exfm sekarang telah menjadi pesaing bagi situs penjelajahan musik, dengan pengguna yang semakin bertambah setiap waktunya. Mungkin saja, suatu saat nanti Anda akan menjadikan Exfm sebagai situs lagu online yang bisa Anda jelajahi saat berinternet.

Exfm adalah program untuk menjelajahi musik yang akan memberikan Anda fokus pada dua hal, yaitu mencari musik dan juga membaginya. Jika Anda ingin membuat playlist dan menyimpan musik Anda sendiri, mungkin Anda perlu mencari layanan web musik lainnya. Bagaimanapun, jika Anda mencari media streaming baru, berbagai hal populer serta info artis yang Anda sukai, Exfm adalah tempat yang tepat untuk memulainya.

Tampilan dari Exfm sediri tidak terlalu menunjukkan keeleganan, dan juga tidak terlalu menonjolkan sisi artistik. Bar menu ditempatkan di sebelah kiri, kontrol musik di bagian bawah, dan bar search yang minimalis berada di bagian atas. Tab pertama pada bar menu digunakan untuk melihat profile Anda. Anda dapat memanfaatkan layanan Exfm dengan membuat akun secara gratis, atau menggunakan akun media sosial untuk menghubungkannya. Profile milik Anda akan menunjukkan berbagai track yang Anda ingin dengarkan, aktifitas terbaru Anda, lagu yang disukai, dan juga kontak.

Hal yang biasa ada pada sebuah layanan web penjelajahan musik dalam mencari musik tentu saja adalah penggunaan tombol search yang akan Anda temukan di bagian atas laman web. Ini digunakan untuk mencari musik yang Anda inginkan. Hasil pencarian akan ditampilkan dengan baik, karena Exfm juga mengambil data-data musik dari layanan musik yang sangat populer yaitu Last.fm. Dengan ini, Anda dapat memberikan perluasan pada hasil pencarian. Area Trending adalah jalan tercepat untuk melihat lagu yang paling sering diakses oleh pengguna Exfm. Lagu-lagu tersebut akan ditampilakan dalam bermacam-macam genre, tetapi Anda dapat menyaringnya ke genre yang lebih spesifik seperti pop atau rock.

Lagu akan diperlihatkan dalam mode tiled serta tombol Play di bagian tengah, dengan ikon sharing di bagian atas dan avatar dari pengguna di bagian bawah. Area Trending bukanlah satu-satunya yang bisa Anda tuju, ada berbagai macam lagu hingga lagu yang simpel pun bisa Anda dengarkan, dan Anda bisa menggabungkan selera musik Anda dengan release lagu-lagu terbaru nantinya. Untuk melihat opsi lain untuk lagu selain memainkannya, Anda dapat melakukan klik pada judul lagu dan akan menampilkan halaman yang lebih detail. Di sini, Anda dapat melihat tag dan artis yang memiliki kesamaan dengan artis yang Anda pilih.

Untuk melihat lebih dalam lagi dalam mencari musik di layanan web ini, gunakanlah tombol Explore. Di bagian ini, pemilihan musik akan dikelompokkan berdasarkan genre, music blogs, content, serta recent loved songs. Pilih satu lagu dari daftar dan masukkan ke musik Anda, atau dengarkan semuanya dengan klik pada tombol Play. Kontrol Playback akan berada di bagian bawah, dan juga musik yang Anda mainkan dapat dibagi melalui email dan berbagai media sosial. Tombol dengan gambar hati akan memasukkan musik Anda ke dalam daftar Loved, yaitu daftar musik yang Anda sukai. Dua tombol terakhir di bagian kanan adalah untuk mengelola playlist dan melakukan shuffle pada musik. Playlist yang Anda miliki akan berada di layanan web ini, walaupun Anda telah log out dari Exfm. Selain itu, Anda dapat menghapus dan klik tombol hati pada playlist Anda.

Secara keseluruhan, Exfm memberikan layanan web musik yang menjanjikan, dan memberikan jalan yang mudah dalam menjelajahi musik. Dengan tampilan yang biasa-biasa saja, di dalam program ini terdapat berbagai fungsi yang akan membantu Anda. Pemilihan musik yang baik dan hasil yang memuaskan, bukan tidak mungkin akan menjadi poin penting bagi Exfm untuk menjadi layanan web musik terbesar. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel