Lindungi Email Anda Dari Para Spammer Menggunakan Layanan Email Gliph Ini

3 Sep 2012 15:30 3340 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi Anda yang ingin mengikuti cara ini, ada satu layanan bernama Gliph yang menyediakan alamat email sementara dan dapat diakses langsung dari perangkat Android ataupun iPhone.

Alamat email personal adalah salah satu hal yang diakses oleh banyak website di internet. Dengan menyediakan alamat email, artinya Anda akan mendapatkan banyak pesan-pesan spam yang kerap kali tidak diketahui kebutuhannya bagi diri pribadi. Sementara itu, salah cara untuk melindungi email adalah dengan menggunakan email temporary. Email temporary atau kerap disebut sebagai Disposable email ini merupakan pengganti alamat email yang digunakan saat melakukan registrasi, mengisi komentar, mengunduh, atau lainnya. Bagi Anda yang ingin mengikuti cara ini, ada satu layanan bernama Gliph yang menyediakan alamat email sementara dan dapat diakses langsung dari perangkat Android ataupun iPhone.

Seperti halnya layanan web seperti Mailnator, layanan ini pada umumnya memiliki kelebihan untuk melindungi email asli dari email spam, exploits, spoof, dan hoax. Selain itu email ini akan hangus setelah beberapa periode penggunaan. Dengan begitu Anda akan menggunakan alamat email sementara untuk melakukan berbagai registrasi untuk mengakses website. Berbeda dengan Mailnator, layanan email dari aplikasi Gliph ini ,e,nerolam akses untuk memeriksa pesan yang masuk ke alamat email disposable. Hal itulah yang tidak diberikan oleh layanan sekelas Mailnator. Selebihnya, Gliph memiliki kinerja yang hampir sama dengan layanan lainnya, namun tambahan fitur-fitur menari yang akan sangat berguna bagi para pengguna perangkat Android dan iPhone.

Bagaimana layanan email ini bekerja? Jika ditilik secara sekilas, Gliph terlihat cukup mudah untuk digunakan. Namun, pada sisi lain Anda harus beradaptasi dengan fitur-fitur di dalamnya. Aplikasi ini menyediakan Anda dua cara untuk mengirim serta mendapatkan email sementara. Seluruh balasan pesan yang terkirim ke alamat email itu akan masuk ke dalam layanan email Gliph dan hadir dalam versi sebenarnya ke hadapan ANda. Anda pun dapat menggunakan Gliph untuk mengirim dan menerika email dari pengguna Gliph lainnya. Dengan begitu akan ada banyak atau sedikitnya informasi yang Anda sukai. Anda dapat menyimpan email Gliph ini selama yang Anda inginkan. Tetapi jika email diketahui telah mendapatkan pesan-pesan spam, Anda dapat membuang alamat email Gliph dan mempersiapkan email lainnya untuk menyembunyikan alamat email asli Anda.

Uniknya, Anda dapat mulai menggunakan Gliph dengan melakukan pengaturan dengan memilih sekitar tiga hingga lima simbol yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Gliph lainnya. Penggunaan simbol ini merupakan cara yang sangat unik. Tetapi hanya satu kombinasi simbol saja yang dapat digunakan untuk setiap member Gliph. Artinya jika Anda memilih empat simbol pensil, kombinasi itu telah dipergunakan. Namun, ada banyak kemungkinan tanpa akhir untuk membuat kombinasi menarik penggunaan layanan ini. Pilihlah dengan bijak. Pasalnya layanan email Gliph ini digunakan pula ke dalam akun Anda, baik dalam perangkat mobile ataupun aplikasi online. Penggunaan simbol ini dilakukan agar Anda dapat dengan nyaman melindungi privasi, komunikasi, serta keamanan dari pesan-pesan spam yang kerapkali hadir.

Setelah segala proses pengaturan berhasil dilakukan, Anda dapat memilih alamat email disposable Anda. Anda tidak perlu menggunakan alamat email Gliph yang hadir pertama kali. Gunakanlah tombol refresh untuk hingga mendapatkan alamat email yang diinginkan. Setelah alamat email terpilih, Anda dapat menggunakannya seperti halnya layanan email lainnya. Anda mungkin akan menggunakannya untuk berkomunikasi saat berbelanja secara online atau menggunakannya untuk melakukan registrasi ke alamat website secara acak. Penerima email Gliph Anda akan mendapatkan email dari Anda yang hadir dengan alamat: @cloak.gli.ph. Sedangkan untuk mengirim pesan dari perangkat mobile, Anda cukup menekan ikon "Cloak" pada bagian kiri atas aplikasi ini. Pilihlah alamat email, dan tekan tombol "Send New Cloaked Email."

Anda dapat berkorespondensi dengan pengguna Gliph lainnya apabila Anda mengetahui simbol alamat mereka. Untuk mengundah member Gliph lainnya, Anda dapat masuk ke dalam menu pencarian yang terdapat pada bagian bawah menu. Bagi Anda yang masih bingung untuk menggunaknnya, terdapat beberapa video tutorial yang akan menunjukkan cara mempergunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Gliph, Inc. Anda dapat memperoleh email tambahan lainnya dan dapat mempergunakan fitur penambahan lampiran dari aplikasi dengan mengirimkan undangan kepada orang lain untuk ikut menggunakan layanan ini. Anda dapat menggunaka aplikasi ini pada perangkat Android ataupun iPhone. Untuk Android, Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store di sini. Sedangkan para pengguna iPhone dapat mengunduhnya secara gratis di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel