Bagaimana Memilih Memory SD Card Untuk Device Anda

27 Dec 2012 13:30 4657 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kartu SD (Secure Digital) adalah salah satu media penyimpanan untuk berbagai perangkat yang paling sering digunakan. Banyak orang berada pada situasi dimana mereka telah memasukkan kartu penyimpanan tersebut pada perangkatnya, dan perangkat tidak dapat membacanya

Kartu SD (Secure Digital) adalah salah satu media penyimpanan untuk berbagai perangkat yang paling sering digunakan. Banyak orang berada pada situasi dimana mereka telah memasukkan kartu penyimpanan tersebut pada perangkatnya, dan perangkat tidak dapat membacanya. Kasus lain, kartu tersebut gagal untuk digunakan sebagai hard drive eksternal. Seringnya, Anda mungkin tidak mengetahui apa yang sedang terjadi.

Tetapi tidak hanya itu aja. Kartu SD bukan hanya sebagai media penyimpanan. Faktanya, banyak faktor yang dapat mempengaruhi media penyimpanan ini, dan ketika Anda memilih SD, Anda perlu untuk memperhatikan segala hal. Dikatakan bahwa SD tidak hanya tentang menambah kapasitas penyimpanan, tetapi juga penting bagi kita untuk mempelajari satu per satu informasi yang menyelimutinya. Semua tipe data memiliki perbedaan, dan Anda juga harus menyesuaikannya dengan perangkat Anda. Dengan memiliki informasi yang pas, Anda dapat menentukan keputusan yang akan Anda lakukan.

Ketika memilih memory SD Card, Anda harus melihat pada empat faktor. Sebagai panduan manual di luar panduan yang Anda dapatkan pada paket SD, Anda akan mendapatkan rekomendasi berbagai hal tentang SD, dan adalah hal yang bagus untuk Anda mengetahuinya. Berikut faktor-faktor tersebut:

Class

Ada empat perbedaan pada kelas kartu SD yang bisa Anda pilih. Anda dapat memilih diantara Class 2, Class 4, Class 6, atau Class 10. Jumlah class tersebut secara sederhana telah memberitahukan kepada Anda tentang kecepatan membaca minimum dari sebuah kartu. Tetapi, apakah nomor-nomor yang berada berdampingan tersebut? Jumlah nomor pada kartu menandakan minimum MB/s yang dapat dibaca oleh sebuah kartu. Sebagai contoh, sebuah kartu dengan Class 2 dapat membaca pada 2 MB/s. Namun, ada juga kartu ultra high speed (UHS) dimana dapat mentransfer apapun antara 50 MB/s hingga 312 MB/s.

"X” Rating

"X” rating sebenarnya adalah tentang berapa kali kecepatan sebuah kartu dalam membaca informasi dikomparasikan dengan CD-ROM standard Sebagai catatan, kecepatan drive ini untuk membaca data adalah 150 kb/s. Sebagai informasi. Sebuah kartu class 2 memiliki "x” rating sebanyak 13x. Beberapa kartu SD menampilkan "x” rating, dan beberapa tidak menampilkannya. Namujn, Anda cukup fokus pada MB/s untuk memudahkannya.

Kapasitas Penyimpanan

Untuk kapasitas penyimpanan, ini bisa dilihat pada tipe perangkat yang akan Anda gunakan. Disarankan bahwa Anda memeriksa terlebih dahulu ukuran maksimum pada setiap perangkat, dan Anda dapat memperkirakan kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan. Bagaimanapun, ada tiga tipe kartu umum dengan kapasitas yang berbeda-beda yaitu:
- SD, hingga 2GB
- SDHC, hingga 32 GB
- SDXC, hingga 2TB

Ukuran

Terdapat tiga ukuran kartu SD yang bisa Anda pilih yaitu:
- Ukuran standard (32mm x 24mm)
- Ukuran mini (31,5mm x 20mm)
- Ukuran micro (11mm x 15mm)

Setiap dari kartu tersebut terhubung dengan perangkat Anda, dan Anda yang akan menentukan mana yang pas untuk dipilih. Kebanyakan smartphone menggunakan ukuran micro, sedangkan kamera biasanya menggunakan ukuran yang lebih besar.

Perangkat yang Anda miliki menentukan segalanya. Untuk foto, Anda direkomendasikan untuk fokus pada kapasitas penyimpanan. Untuk kamera saku, Anda mungkin hanya membutuhkan 2 hingga 4 giga, namun jika menggunakan kamera pro, Anda bisa memaksimalkannya hingga 32 GB. Sedangkan untuk video, ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda perhatikan yaitu:
- Class2, Untuk perekaman minimum
- Class 4 & 6, untuk perekaman full HD
- Class 10, untuk perekaman full HD dan perekaman HD yang terus-menerus

Untuk smartphone atau tablet, Anda juga perlu melihat informasi-informasi yang ada. Anda perlu mengetahui rating dimana data dapat membaca kartu, dan Anda juga perlu mengetahui berapa kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan.

Adalah hal yang bagus jika Anda memperhatikan kartu SD terlebih dahulu sebelum Anda membelinya. Seperti memilih sebuah smartphone, Anda juga harus mempelajari spesifikasinya dalam mengambil keputusan yang tepat. Sekarang, apabila Anda akan memilih kartu SD, perhatikanlah informasi-informasi yang telah Anda dapat. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel