Tips Mengendalikan Sistem Keamanan Data Smartphone yang Wajib Diketahui

23 Dec 2012 13:00 3349 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Terdapat beberapa metode dalam meningkatkan keamanan data pada perangkat smartphone. Metode yang paling sederhana yaitu dengan cara mengunci handphone, baik menggunakan fitur keamanan password yang telah disediakan pada handphone, atau menggunakan aplikasi tambahan yang berfungsi menjaga keamanan ponsel dengan mengAndalkan kode rahasia.

Banyak pengguna ponsel pintar beralih dari komputer atau laptop ke smartphone mereka dalam hal menyimpan file dan data informasi, baik berupa tulisan, gambar, video, hingga file - file sensitif yang tidak semua orang memilki hak untuk mengaksesnya. Namun, pernahkah Anda mendengar sebuah opini yang mengatakan bahwa, data file dan informasi yang tersimpan pada perangkat smartphone sangatlah rentan dicuri atau dirusak oleh pihak - pihak tak bertanggung jawab. Dan secara realistisnya opini tersebut memang benar - benar tidak bisa dipungkiri lagi.

Tindakan mencuri dan merusak data pada smartphone telah banyak dialami oleh sebagian pengguna perangkat modern ini. Untuk itu, menjaga dan mengendalikan sistem keamanan data smartphone merupakan hal yang sangat wajib bagi Anda yang menggunakan platform tersebut. Dengan intensitas keamanan file dan informasi yang tinggi nan ketat, memungkinkan Anda untuk terhindar dari masalah berkaitan tentang kehilangan atau kebobolan data file dan informasi pada memori ponsel Anda.

Namun, bagaimanakah cara penerapan pengendalian terhadap keamanan smartphone kita tersebut? Bagi kalangan ahli IT, mungkin ini bukanlah masalah bagi mereka. Dikarenakan mereka telah paham betul tentang metode - metode pengendalian keamanan suatu perangkat komunikasi dan informasi. Namun, bagi kalangan biasa, ini merupakan sesuatu yang masih asing dalam pengalaman mereka di bidang IT. Terkait hal tersebut, Plimbi berinisiatif memberikan beberapa tips dan trik cara meningkatkan keamanan data dan informasi pada ponsel Anda, yang saat ini banyak diterapkan oleh kalangan ahli IT.

Terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan pada smartphone kesayangan Anda. Dan spesialnya lagi, tips yang Paseban tulis ini merupakan metode keamanan informasi yang sangat–sangat umum dan simple. Tidak ada metode - metode rahasia yang memusingkan dan sulit diingat. Semuanya bersifat sederhana, namun cukup membantu untuk meningkatkan keamanan file dan informasi pada perangkat smartphone Anda. Mari kita simak tips dan trik keamanan smartphone di bawah ini! Terdapat beberapa metode dalam meningkatkan keamanan data pada perangkat smartphone Metode yang paling sederhana yaitu dengan cara mengunci handphone, baik menggunakan fitur keamanan password yang telah disediakan pada handphone, atau menggunakan aplikasi tambahan yang berfungsi menjaga keamanan ponsel dengan mengAndalkan kode rahasia. Metode ini benar - benar sangat sederhana dan mudah untuk diaplikasikan.

Namun sayangnya, sebagian besar pengguna smartphone tampak merasa sulit untuk melakukannya. Kesulitan yang mereka alami bukan soal teknis, namun mereka merasa malas untuk memasang pengaman kode rahasia pada smartphone mereka. Metode lainnya yaitu pemanfaatan fitur GPS yang telah diusung oleh banyak smartphone pada umumnya. Apabila smartphone Anda memiliki fitur tersebut, maka Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Dengan fitur GPS, Anda dapat mengakses pelacakana jarak jauh untuk menemukan di mana lokasi smartphone Anda berada.

Hal ini sangat berguna ketika Anda mengalami kehilangan ponsel, baik terjatuh ketika berpergian, dicuri, ataupun sebab lainnya. Namun, apabila smartphone Anda belum disertai fitur GPS, maka Anda perlu menggunakan aplikasi tambahan yang memiliki fungsional sebagai mobilephone GPS. Salah satu contohnya adalah aplikasi PhoneBak Mobilephone. Aplikasi ini akan sangat membantu Anda melacak keberadaan smartphone Anda yang hilang. Namun, pada apilkasi ini ia tidak hanya mengusung fitur GPS saja. Aplikasi ini mampu mengendalikan sistem smartphone Anda yang hilang tersebut melalui akses jarak jauh.

Sehingga, memungkinkan Anda untuk mengunci bahkan menghapus seluruh data yang terdapat didalam ponsel. Luar biasa bukan. Dengan metode ini, keamanan data pada smartphone Anda akan betul - betul terkendali. Metode pengendalian keamanan data smartphone yang cukup penting lainnya adalah melakukan enkripsi data pada smartphone. Dewasa ini, sebagian besar smartphone telah disertai dengan fasilitas enkripsi data, sehingga segala data file dan informasi yang terdapat pada ponsel bisa terlindungi dengan baik. Dengan penggunaan fasilitas enkripsi data, maka memungkinkan ponsel Anda untuk dapat melakukan perlindungan dirinya sendiri ketika screen lock berhasil dibobol oleh pihak - pihak tak berwenang. Apabila smartphone yang Anda miliki belum difasilitasi dengan layanan enkripsi data, jangan cemas! Telah banyak aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi sama dengan fasilitas enkripsi bawaan smartphone.

Dan Anda dapat menggunakannya untuk menutupi kekurangan smarphone kesayangan Anda akan ketidak tersedianya fasilitas enkripsi. Saking pentingnya, metode ini bisa dibilang sebagai metode perlindungan keamanan data yang wajib diterapkan pada semua perangkat smartphone yang telah difasilitasi fitur enkripsi. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel