Pertarungan Dua Smartphone High-End: Sony Ericcson Xperia Arc vs Apple iPhone 4

24 Feb 2012 13:00 3466 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pertengahan tahun 2011, Sony Ericsson meluncurkan produk unggulan terbarunya yaitu Sony Ericsson Xperia Arc yang menawarkan spesifikasi cukup mumpuni. Di sisi lain, Apple juga rupanya telah lebih dulu mengeluarkan Apple iPhone 4 yang juga merupakan smartphone high-end sebagai pendahulunya. Mana di antara kedua smartphone high-end ini yang lebih unggul?

Pertengahan tahun 2011 merupakan waktu yang dianggap tepat oleh vendor Sony Ericsson untuk meluncurkan produk unggulan terbaru mereka yaitu Sony Ericsson Xperia Arc yang menawarkan spesifikasi cukup mumpuni. Di sisi lain, Apple juga rupanya telah lebih dulu mengeluarkan Apple iPhone 4 yang juga merupakan smartphone high-end sebagai pendahulunya. Mana di antara kedua smartphone high-end ini yang lebih unggul?

Dimensi

Bicara masalah bobot, Sony Ericsson Xperia Arc memiliki ukuran yang lebih ringan dibandingkan dengan pesaingnya Apple iPhone 4 yakni 137gr : 117gr. Biasanya, faktor berat ini juga kerap menjadi pertimbangan utama bagi seseorang ketika hendak membeli smartphone (terlebih bagi kaum hawa).

Layar

Apple iPhone 4 dan Sony Ericsson Xperia Arc memakai layar dengan teknologi yang berbeda. Sony Ericcson Arc misalnya, lebih nyaman dengan menggunakan layar berteknologi Sony BRAVIA Mobile Engine dengan ukuran 4,2 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel. Sedangkan teknologi layar Apple iPhone 4 memakai teknologi layar yang disebut dengan Retina Display dengan ukuran yang lebih kecil yakni sekitar 3,5 inci dengan resolusi 640 x 960 piksel. Jika dibandingkan, maka akan terlihat bahwa layar yang digunakan Apple iPhone 4 lebih tajam dari Sony Ericsson Xperia Arc.

Performa

Sistem operasi keduanya juga berbeda. Apple iPhone 4 memaki OS iOS 4 dengan dukungan processor A4 1GHz, sedangkan pesaingnya Sony Ericcson Xperia Arc memakai OS Andorid 2.3 Gingerbread dengan ditenagai processor Qualcomm 1GHz.

Kamera

Membandingkan kamera keduanya, Sony Ericsson Xperia Arc bisa lebih bangga mengingat smartphone ini sudah memakai kamera 8MP, meskipun belum dilengkapi dengan kamera depan. Sedangkan Apple iPhone 4 memakai kamera 5MP yang sudah dilengkapi dengan kamera depan.

Memori

Perbandingan memori yang digunakan keduanya sangat jauh. Jika Apple iPhone 4 sudah menggunakan memori internal sebesar 16GB hingga 32GB, Sony Ericsson Xperia Arc hanya dibekali dengan memori internal 512MB. Meskipun demikian, Sony Ericcson Xperia ini sudah dilengkapi dengan slot microSD hingga 32GB, sedangkan Apple iPhone 4 tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Kesimpulan

Kedua smartphone high-end ini saling mengalahkan satu sama lain. Sony Ericsson Xperia Arc hadir dengan banderol yang lebih murah dengan menawarkan sistem operasi Android Gingerbread yang kini tengah digemari dan kamera 8MP yang memiliki kualitas terbaik. Sedangkan Apple iPhone 4 menawarkan OS iOS 4 dengan layar yang lebih baik, serta memori internal yang lebih besar. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel