Cara Merekam Audio Berkualitas Menggunakan Smartphone Atau Tablet

17 Dec 2012 09:30 5363 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perangkat mobile kini semakin pintar. Dengan berbagai aplikasi yang menghinggapinya, adalah hal yang mudah untuk menggunakannya dan membantu pekerjaan kita. Namun begitu, fitur-fitur yang ada pada perangkat mobile saat ini masih memiliki beberapa kesamaan dengan handphone jaman dulu. Terutama adalah telepon, pengiriman pesan, dan tidak lupa, merekam audio.

Perangkat mobile kini semakin pintar. Dengan berbagai aplikasi yang menghinggapinya, adalah hal yang mudah untuk menggunakannya dan membantu pekerjaan kita. Namun begitu, fitur-fitur yang ada pada perangkat mobile saat ini masih memiliki beberapa kesamaan dengan handphone jaman dulu. Terutama adalah telepon, pengiriman pesan, dan tidak lupa, merekam audio.

Saat ini, cara merekam audio menggunakan smartphone ataupun tablet memang tidak semua orang bisa menggunakannya Dengan kamera yang telah memiliki teknologi HD, pengguna dapat merekam audio sekaligus video dengan kualitas tinggi. Bahkam sekarang ini, merekam audio hanyalah sebagai fitur penghias sebuah perangkat mobile karena kualitasnya. Namun nyatanya, merekam audio masih dibutuhkan oleh beberapa orang. Saat bekerja, Anda membutuhkan rekaman pada sebuah rapat yang akan digunakan sebagai catatan untuk mengingat apa yang dilakukan dalam rapat tersebut. Kemudian, jika Anda akan mewawancarai seseorang, maka Anda membutuhkan alat perekam. Tidak usah repot, karena smartphone atau tablet yang Anda miliki bisa menjadi alat perekam alternatif yang memiliki kualitas hampir sama dalam hal hasil rekaman. Tak dapat dipungkiri jika merekam memang masih dibutuhkan oleh beberapa orang. Untuk Anda yang senang merekam berbagai macam suara melalui perangkat mobile, berikut ini plimbi menampilkan tips dalam merekam audio menggunakan smartphone atau tablet agar menghasilkan kualitas yang memuaskan.

Menghilangkan Gangguan yang Disebabkan Perangkat Mobile

Ketika menggunakan smartphone ataupun tablet untuk merekam audio, Anda tidak boleh melupakan bahwa perangkat tersebut adalah multifungsional. Gangguan dapat datang dari pesan yang datang ketika Anda sedang merekam, dan juga adanya notifikasi yang bisa datang sewaktu-waktu. Jadi, sebelum Anda menekan tombol record untuk merekam, pastikan jika Anda telah mengamankankan smartphone atau tablet dari berbagai gangguan dengan mematikan fungsi telepon dan pesan atau dengan mengaktifkan fitur silent.

Mengelola Perangkat Mobile

Jika perangkat mobile Anda memiliki satu tombol merekam, Anda bisa kehilangan langkah ini. Atau, Anda bisa mengunduh aplikasi recording untuk perangkat Anda tersebut. Bagaimanapun, banyak aplikasi recording yang akan memiliki setting yang bisa Anda kelola. Dengan menggunakan perangkat eksternal seperti microphone, Anda akan mendapatkan suatu rekaman yang utuh. Yang sering terjadi adalah kualitas rekaman suatu perangkat akan menjadi rendah untuk mengikuti kapasitas penyimpanan yang terbatas. Jika Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang mencukupi, maksimalkan kualitas rekamannya dengan melakukan pengaturan pada aplikasi. Anda bisa melakukan kompresi setelah melakukan perekaman itu.

Melihat Keadaan Sekeliling

Setiap ruangan memiliki situasi yang berbeda-beda. Adalah hal yang mudah untuk menemukan suara sekecil apapun di sekitar Anda. Anda harus bisa melihat apa-apa yang ada di area Anda merekam. Sebelum Anda merekam, ambillah tindakan untuk memastikannya. Lebih bagus lagi, Anda dapat membuat suatu sample dengan rekaman pendek dalam ruangan yang Anda tempati. Dengan ini, Anda dapat mengetahui situasi sebelum memulai perekaman yang sebenarnya. Suara-suara yang ada bisa Anda jadikan suatu acuan dalam melakukan perekaman. Jika dirasa ada suara yang mengganggu, bergeraklah sedikit untuk mencari tempat yang pas untuk merekam. Ada banyak suara yang dapat mengganggu di dalam ruangan seperti misalnya AC, atau bisa juga jendela dan pintu yang bergerak terkena angin. Jika Anda sedang merekam untuk mewawancarai seseorang atau dalam suatu rapat, letakkan sesuatu yang halus dan lembut, misalnya kain, di bawah perangkat mobile yang Anda gunakan untuk merekam untuk mengurangi suara-suara yang mengganggu disekitarnya.

Menggunakan Perangkat Eksternal Microphone

Jika Anda membutuhkan perangkat tambahan berupa microphone, Anda dapat menggunakannya pada perangkat mobile. Ini tergantung pada seberapa lama Anda merekam dan juga kualitas rekaman yang Anda harapkan, apabila penggunaan smartphone atau tablet saja tidak mencukupi. Beruntung, beberapa perangkat memiliki jack microphone. Anda dapat menggunakan perangkat eksternal yaitu microphone yang dihubungkan pada smartphone ataupun tablet Anda, dan akan meningkatkan kualitas audio yang direkam. Tidak hanya akan memberikan Anda kejernihan, microphone dengan kontrol yang sensitif akan memberikan Anda fleksibilitas dalam merekam audio berkualitas walaupun berada pada situasi dengan banyak suara yang mengganggu. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel