Mengoptimalkan Audio Ponsel Android Dengan DSP Manager

14 Sep 2012 18:00 58964 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Walaupun dari player bawaan terdapat equalizer yang bisa diatur, tetapi tetap saja suara yang dihasilkan audio ponsel Android masih terasa kurang. Oleh karena itu Plimbi memberikan solusinya, yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama DSP Manager.

Bagaimanakah rasanya jika kualitas audio hp Android Anda kurang greget? Jika itu yang sering dialami, maka pembahasan ini harus Anda baca dengan tuntas. Pasalnya, Plimbi memberikan tips kepada Anda mengenai bagaimana caranya mengoptimalkan audio pada ponsel Android agar kualitas output suaranya lebih mantap baik menggunakan headset maupun menggunakan speaker aktif.

Bagi sebagian pemilik ponsel Android, tentu mereka memiliki keluhan yang sama pada audionya, karena suaranya yang kurang greget, kurang nendang dan hal lainnya. Walaupun dari player bawaan terdapat equalizer yang bisa diatur, tetapi tetap saja suara yang dihasilkan masih terasa kurang. Oleh karena itu Plimbi memberikan solusinya, yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama DSP Manager. Aplikasi ini ukurannya hanya sebesar 35KB tetapi memberikan pengaruh audio yang menjanjikan, selain suara menjadi lebih mantap, bass yang dihasilkan pun lebih menggelegar.

Terdapat pengaturan audio untuk headset, phone speaker, dan Bluetooth headset, semuanya memiliki pengaturan yang sama, yaitu :

  • Dynamic Range Compression, menjadikan suara yang dikeluarkan melalui headset maupun Bluetooth headset menjadi lebih wide layaknya kita menggunakan fitur surround 5.1 seperti yang ada di ponsel Android Galaxy milik Samsung, tetapi suara yang dikeluarkan lebih gahar.

  • Bass Booster, menambahkan kualitas bass di headset, phone speaker, dan Bluetooth headset, dentuman bass-nya menjadi lebih bergetar. Terdapat 3 pilihan pada pengaturan ini, yaitu slight (bass yang dihasilkan hanya bertambah sedikit), moderate (bass yang dihasilkan sudah terasa dan akan terasa perbedaannya dengan tanpa menggunakan bass booster), dan extreme (bass yang dihasilkan sangat terasa dan perbandingannya akan terasa sangat jelas). Tetapi untuk speaker phone tidak akan memberikan pengaruh sama sekali, jadi tidak akan memberikan dampak apa-apa jika kita mengaktifkan fitur bass booster ini. Pada saat Plimbi tes menggunakan headset yang murahan, ketika diaktifkan fitur ini, suara bass-nya terasa berdengung di telinga, walaupun tidak sebagus kualitas headset yang harganya sedikit mahal.

  • Equalizer, sama seperti pengaturan yang ada di berbagai aplikasi pemutar musik (rock, pop, wide, acoustic, flat, R&B, bass booster, bass reducer, treble booster, treble reducer, custom).

  • Virtual Room, memberikan efek suara seperti di studio, hall, concert, live, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mencarinya di situs pencarian karena sudah banyak juga yang menyediakan aplikasi ini dari berbagai situs penyimpanan file. Setelah mengunduh aplikasi ini, install seperti biasa, bila belum pernah menginstal aplikasi selain dari Play Store, pilih setting => aplikasi => pengembangan => centang sumber tidak diketahui. Jika dengan cara install biasa gagal, maka gunakan cara kedua :

  1. Unduh aplikasi DSP Manager, unduh juga aplikasi Root Explorer di Play Store (gratis).

  2. Setelah terinstal, masuk ke Root Explorer. Jika ada pesan dari Superuser klik Allow.

  3. Cari DSP Manager yang sudah diunduh tadi di SDcard, tahan lalu pilih move ke system/app. Jangan lupa, set permission di pojok atas yang asalnya R/W menjadi R/O.

  4. Setelah pindah, pilih dan tahan lagi lalu pilih permissions. Ubah centangan menjadi rw- r-- r--.

  5. Restart ponsel Anda, jika sudah ada di drawer berarti Anda berhasil menginstalnya.

Bagi Anda yang sudah menginstal Custom ROM yang dibuat oleh developernya, biasanya aplikasi ini sudah otomatis terinstal sehingga Anda tidak perlu menginstalnya lagi, tinggal mengatur pengaturan seperti yang ada di atas. Dan ada juga sebagian developer yang mengubah namanya menjadi beats tetapi fungsi dan pengaturannya tetap sama. Kelebihannya jika menginstal aplikasi ini bawaan dari Custom ROM bisa melakukan pengaturan di musik player bawaannya di menu setting.

Untuk penggunaan sehari-hari jika Anda menggunakan headset, sebaiknya dalam penggunaan bass booster settingan bass nya di-moderate saja tetapi jika memang bagi Anda yang merasa kurang dalam hal suara bass-nya, bisa Anda atur sesuai selera yang diinginkan. Dan jika Anda memutar lagu menggunakan speaker aktif, untuk pengaturan bass booster di speaker aktif sebaiknya tidak dicentang, karena pengaturan bass bisa dilakukan pada speaker aktif dan agar suara yang dihasilkan tidak pecah oleh suara bass yang berlebihan.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa aplikasi ini khusus untuk ponsel Android Anda yang sudah melakukan proses rooting. Jika ponsel Android Anda belum di-root, sebaiknya jangan menginstal aplikasi ini. Untuk yang penasaran ingin menginstal walaupun belum di-root, silahkan dicoba, dengan resiko yang ditanggung Anda sendiri. Tetapi bagi yang belum atau tidak mau di-root, di Play Store tersedia banyak aplikasi untuk pengaturan equalizer seperti Music Volume EQ dan Equalizer dari Smart Android Apps, LLC atau Anda bisa juga mengunduh player yang memiliki fitur equalizer seperti Winamp, Poweramp Music Player (Trial), PlayerPro Music Player Trial, Rocket Music Player, jetAudio Basic dan lain sebagainya. Semua aplikasi tersebut bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel