Tips Aman Belanja Online Menggunakan Mobile Banking

14 Dec 2012 15:30 2728 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbelanja secara online di dunia maya memang lebih mudah dan menghemat tenaga. Untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda membutuhkan layanan mobile banking yang memungkinkan Anda untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Berbelanja secara online di dunia maya memang lebih mudah dan menghemat tenaga. Untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda membutuhkan layanan mobile banking yang memungkinkan Anda untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun Anda berada. Dengan layanan mobile bangking ini, tentunya Anda tidak harus repot atau membuang waktu Anda jika sedang berhalangan untuk mentransfer uang ke bank maupun ke mesin ATM untuk membeli barang melalui toko online. Dengan hanya melakukan beberapa langkah, Anda sudah bisa langsung menyelesaikan semua proses transaksi yang Anda butuhkan.

Namun, tidak hanya keuntungan yang akan Anda peroleh dari layanan mobile banking ini, ada pula kerugian yang bisa membuat Anda kesusahan, semakin banyak pengguna transaksi melalui mobile dan internet ini, memicu adanya kejahatan cyber atau biasanya disebut dengan Cyber Crime. Kali ini Plimbi akan mencoba memberikan beberapa tips aman belanja online menggunakan Mobile Banking:

Menggunakan Aplikasi Resmi dari Bank

Tips Berbelanja Menggunakan Mobile Banking pertama yaitu Anda harus menggunakan aplikasi resmi yang dikeluarkan khusus oleh Bank yang bersangkutan dengan mobile banking Anda. Anda dapat mengunduh langsung aplikasi tersebut dari toko aplikasi ponsel Anda atau dari situs resmi bank tersebut. Tujuannya adalah agar Anda tidak terjebak dalam kasus penipuan dengan semua jenis kejahatan yang mungkin saja bisa Anda terima melalui media apa saja dengan meninstruksikan Anda agar mengunduh aplikasi yang tidak resmi.

Menggunakan Password

Tips Berbelanja Menggunakan Mobile Banking selanjutnya yaitu Anda harus menggunakan password. Password sangat diperlukan untuk hal sepenting mobile banking ini. Hal ini perlu Anda lakukan agar tidak sembarang orang bisa melihat dan mengakses informasi dalam ponsel Anda.

Jangan Gunakan Wi-Fi

Tips Berbelanja Menggunakan Mobile Banking selanjutnya yaitu jangan sekali - kali Anda menggunakan akses Wi-Fi pada saat Anda melakukan transaksi pada Mobile Banking Anda. Banyak pelaku kejahatan yang sudah canggih dalam melakukan aksinya, jaringan nirkabel yang tersedia untuk publik juga bisa di manfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk mencuri informasi dari berbagai hal, salah satunya informasi perbankan Anda.

Jaga Ponsel Sebaik Mungkin

Tips Berbelanja Menggunakan Mobile Banking selanjutnya yaitu Anda harus menjaga ponsel Anda sebaik mungkin, perlakukan ponsel Anda layaknya Anda memperlakukan Komputer pribadi Anda. Ponsel pintar bisa dengan mudah dirusak oleh jaringan virus. Dengan Anda menginstall antivirus pada Ponsel Anda, Anda sudah dapat meminimalisir risiko terkena virus. Selain virus, hilang adalah suatu hal yang banyak terjadi pada ponsel, awasi dan berhati–hati jika hendak menaruh ponsel maupun dipinjam oleh kerabat, jangan sampai hilang dan informasi yang Anda punya bisa dilihat orang yang tidak bertanggung jawab.

Jaga Kode Penting

Tips Berbelanja Menggunakan Mobile Banking yaitu menjaga kode–kode penting dalam perbankan Anda. Pastikan Anda menyimpan semua informasi penting tidak di dalam ponsel yang dapat dengan mudah dilihat oleh orang lain. Simpanlah informasi ditempat yang dikira hanya Anda yang bisa melihat informasi tersebut. Jangan pernah mengirimkan informasi rekening tabungan atau password Anda kepada siapapun itu. Bila perlu, ganti password Anda secara berkala untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

Jangan Cepat Percaya

Tips Berbelanja Menggunakan Mobile Banking yaitu janganlah Anda cepat mempercayai penjual atau siapapun yang meminta Anda untuk mentransferkan sejumlah dana tanpa mengetahui benar apakah orang itu "bersih” atau tidak. Telitilah lebih dahulu sebelum Anda mengambil keputusan.

Jangan Tertipu oleh Pesan Aneh

Tips Berbelanja Menggunakan Mobile Banking yaitu jangan sampai Anda tertipu oleh pesan - pesan yang mengharuskan Anda mentransfer sejumlah uang tanpa alasan yang realistis, atau jangan pernah tertipu oleh isi email atau pesan text yang meminta informasi pribadi Anda. Alasannya karena terkadang ada sejumlah oknum tidak bertanggung jawab menyamar sebagai instansi bank dan meminta Anda mengunjungi suatu link atau tautan tertentu untuk memperbaharui informasi rekening Anda. Bila terjadi seperti itu, konfirmasi terlebih dahulu oleh bank yang bersangkutan. Bisa jadi itu merupakan langkah penipuan yang akan menguras habis akun bank Anda. [JON]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel