ASUS Sabertooth 990FX, Motherboard ASUS yang Awet dan Berperforma Tinggi

18 Dec 2012 18:30 2766 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kali ini Plimbi akan membahas tentang Motherboard kelas atas besutan ASUS. Produsen Asus dengan produk andalannya yang ber seri TUF atau The Ultimate Force telah menghadirkan sebuah Motherboard yang tidak hanya memiliki performa tinggi, tetapi juga memiliki daya tahan tinggi yang di klaim bisa lebih awet daripada Motherboard biasa lainnya.

Kali ini Plimbi akan membahas tentang Motherboard kelas atas besutan ASUS. Produsen Asus dengan produk andalannya yang ber seri TUF atau The Ultimate Force telah menghadirkan sebuah Motherboard yang tidak hanya memiliki performa tinggi, tetapi juga memiliki daya tahan tinggi yang di klaim bisa lebih awet daripada Motherboard biasa lainnya. Hal tersebut memang terlihat dari penggunaan komponen berkualitas tinggi yang diklaim oleh ASUS sendiri bahwa komponen yang dipakai telah lulus berbagai uji ketahanan berstandar militer yaitu ASUS Sabertooth 990FX.

Setelah sebelumnya Plimbi perrnah menghadirkan review Motherboard G1 Sniper besutan Gigabyte untuk platform atau prosessor Intel, maka kali ini Plimbi menghadirkan review Motherboard untuk platform atau prosessor AMD yaitu ASUS Sabertooth 990FX

ASUS Sabertooth 990FX merupakan Motherboard yang mempunyai socket AM3+, dilengkapi dengan chipset kelas atas yaitu AMD 990FX dan SB950. Socket AM3+ ini mampu menampung prosessor AMD socket AM3, AM3+ maupun seri terbaru dari AMD yaitu socket FX Vishera.

ASUS Sabertooth 990FX dilengkapi oleh 3 buah PCIe 2.0 x16, 1 buah PCIe 2.0 x16 untuk dual GPU dengan mode x4, 1 buah PCIe 2.0 x1, dan 1 buah slot PCI. Untuk koneksi internal dari ASUS Sabertooth 990FX ini sudah di lengkapi dengan slot USB 3.0 dan slot SATA 6Gb/s.

Di dalam paket pembelian, ASUS menyertakan perlengkapan yang akan dibutuhkan oleh Anda, diantaranya terdapat 4 buah kabel SATA, pelindung I/O pada panel belakang, SLI Bridge untuk dual GPU, dan ASUS Q-Connector. ASUS menyertakan pula sebuah User Guide, Driver dan Utility Disc, kartu garansi sepanjang 5 Tahun, dan Sticker bertuliskan TUF Inside.

Sekarang mari kita masuk kedalam pengujian untuk Motherboard besutan ASUS ini. Plimbi akan menggunakan prosesor AMD FX 8150, nVidia Geforce GTX560 Ti untuk GPU, 8GB RAM, Monitor LCD dengan resolusi 1920x1080, dan menggunakan OS Windows 7 Ultimate 64-bit.

Pengujian ASUS Sabertooth 990FX dilakukan dalam 3 kondisi yang dapat di atur melalui BIOS dari ASUS Sabertooth 990FX yaitu Normal, Optimal, dan Power Saving.

Pengujian pertama dilakukan dengan menggunakan Software Cinebench R11.5. Cinebench merupakan aplikasi pengujian dalam hal mengukur kinerja Hardware dalam proses render sebuah scene 3D. Hasil dari Cinebench merupakan skor yang berbentuk point, semakin tinggi point yang dihasilkan, maka semakin baik pula kinerja dari Hardware yang diuji. Pada Cinebench R11.5 ini, ASUS Sabertooth 990FX ini mendapat skor 6.82 point pada saat keadaan Optimal, 6.02 point pada saat keadaan Normal, dan 5.99 point dalam keadaan Power Saving.

Pengujian selanjutnya menggunakan aplikasi yang sudah banyak dikenal oleh pengguna computer khususnya untuk pencinta design yaitu Adobe Photoshop CS 6. Seperti yang telah Anda ketahui, Adobe Photoshop CS 6 merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda memanipulasi suatu gambar. Pada aplikasi Adobe Photoshop ini kami menggunakan Action bernama Photoshop Speed Test yang tersedia pada Photoshop CS 6 ini, hasil dari pengujian ini akan ditampilkan dalam bentuk waktu menit:detik dan ASUS Sabertooth 990FX mendapatkan hasil 0:01:55 pada mode Optimal, 0:02:51 pada mode Normal, dan 0:01:58 pada mode Power Saving. Semakin cepat waktu yang dihasilkan maka semakin baik Harware yang diuji.

Pengujian selanjutnya akan dilakukan menggunakan Software 3DMark Vantage. Aplikasi 3DMark Vantage merupakan suatu aplikasi yang telah digunakan banyak orang untuk menguji kemampuan hardware yang dimilikinya dan sebagai barometer standart pengujian Hardware. Pada 3DMark Vantage ini, pengujian akan mencangkup dari segi skor CPU, skor GPU, dan P-rating. ASUS Sabertooth 990FX mendapatkan skor 21223 untuk CPU dalam mode Optimal, 18930 dalam mode Normal, dan 18898 dalam mode Power Saving. Pada skor GPU, ASUS Sabertooth 990FX mendapatkan skor 17408 pada mode Optimal, 16980 pada mode Normal, dan 16716 pada mode Power Saving. Pada P-Rating, mendapatkan skor 18227 pada mode Optimal, 17429 pada mode Normal, 17213 pada mode Power Saving. Semakin besar skor yang dihasilkan maka semakin baik kinerja Hardware.

Kesimpulan dari review ASUS Sabertooth 990FX diatas, dari sekian banyak Motherboard yang mempunyai performa tinggi yang dihasilkan oleh ASUS, Motherboard ini mampu mempertahankan kualitasnya dalam pengujian diatas. Secara keseluruhan, ASUS Sabertooth 990FX merupakan Motherboard AMD AM3+ yang layak untuk diacungi jempol. [JON]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel