Sepuluh Tips dan Fitur Windows 7 Tersembunyi yang Harus Anda Ketahui

14 Jul 2012 10:00 10379 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem operasi Windows 7 adalah sebuah sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini, karena kemudahan serta desainnya yang menarik. Namun apakah Anda sudah mengetahui beberapa fitur Windows 7 yang belum Anda ketahui?.

Sistem operasi Windows 7 adalah sebuah sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini, karena kemudahan serta desainnya yang menarik. Namun apakah Anda sudah mengetahui beberapa fitur Windows 7 yang belum Anda ketahui?.

Pada artikel kali ini Plimbi akan berbagi sedikit mengenai beberapa fitur Windows 7 yang tersembunyi atau belum banyak orang yang mengetahuinya seperti Taskbar, Explorer, Start menu, control panel dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ulasannya:

Windows Docking Untuk menggunakan fitur

- Aplikasi Perekam Video yang Memiliki Banyak Fitur Menarik") ini (Dock a Window) ke kiri atau ke kanan, Anda cukup menggeser (drag) jendela tersebut ke kiri, ke kanan, jika Anda ingin jendela menjadi ukuran penuh Anda tinggal mengklik dua kali jendela tersebut. Anda juga dapat mengkontrol Windows dengan perintah shortcut keyboard berikut ini:

- Tekan logo Windows + Panah Kiri dan Logo Windows + Kanan untuk menggeser;

- Tekan logo Windows+Panah Atas dan Windows+Panah Bawah untuk maximize, restores dan minimize;

- Tekan logo Windows+Shift+Panah Atas dan Windows+Shift+Down panah bawah agar jendela dapat dalam posisi maximize dan me-restore-nya dalam posisi vertikal.

Memindahkan (Switching) Jendela Windows yang Terbuka Cara tercepat untuk berpindah pada aplikasi yang sedang dibuka atau sedang di minimize pada Taskbar Windows, Anda dapat menekan keyboard Logo Windows+1, Windows+2, Windows+3 …. (hingga Windows+9) untuk mengontrol aplikasi yang sedang berjalan Anda tinggal menambahkan # 1, 2, 3 dan seterusnya sesuai jumlah aplikasi yang sedang Anda buka.

Mengontrol Aplikasi Taskbar Untuk memfokuskan dan mengontrol aplikasi pada Taskbar; tekan logo Windows+T.

Saat Anda berada pada Taskbar, pergunakan tombol panah untuk dapat memilih jendela tertentu kedalam sebuah grup lalu tekan tombol "Enter” untuk dapat mengaktifkan (launch) aplikasi tersebut. Untuk me-removefokus pada taskbar tekan tombol Esc.

Pinning Folder Ke Fitur Explorer Jumplist Jika Anda sedang menggunakan atau membuka beberapa folder, dan ingin mengaksesnya secara cepat dan mudah, Anda hanya perlu menggeser folder tersebut dan melakukan Pin ke Explorer Icon yang ada pada Taskbar, dan secara otomatis folder yang Anda ingin akses akan berada pada Explorer Taskbar Windows

Minimize Semua Jendela Explorer yang Tidak Aktif Jika Anda sedang menggunakan atau membuka folder dalam satu jendela explorer dan ingin menyembunyikan (hide/minimize) semuanya; Geser jendela dari title bar dan guncang (shake) jendela tersebut Anda bisa melakukanya dari keyboard dengan menekan logo Windows+Home untuk me-minimize semua jendela yang sedang tidak aktif, pindahkan jendela yang sedang dipergunakan pada posisi yang Anda inginkan. Ketika Anda sudah selesai pada jendela explorer tersebut, tekan logo Windows+Home untuk dapat mengembalkan kembali jendela explorer tersebut ke posisi semula.

Calculator Secara default kalkulator yang terdapat pada Windows 7 mungkin terlihat sederhana sama seperti kalkulator lainnya, tetapi sebenarnya terdapat berbagai fitur lainnya dari kalkulator tersebut seperti konversi bilangan, date conversion, lembar kerja (worksheets) untuk perhitungan hipotik,perhitungan sewa (leasing calculations), perhitungan ekonomi (vehicle and fuel economy calculations).

Anda juga bisa mengubah mode kalkulator yang terdapat pada Windows 7 tersebut ke berbagai mode sperti kalkulator dasar, scientific, programming dan juga pada mode statistik.

Menyembunyikan Wallpappers Dengan Resolusi Gambar Yang Tinggi (High Resolution Wallpapers) Windows 7 menyediakan banyak sekali wallpappers dengan kualitas gambar yang sangat tinggi (high resolution wallpapers) di mana fitur tersebut dapat diakses dengan membukanya pada menu "Personalization” yang berada di Control Panel.

Ada cara mudah untuk dapat mengaksesnya pada Windows Explorer dengan mengetikan perintah berikut ini: C:WindowsGlobalizationMCT Anda akan mendapatkan pemberitahuan beberapa folder pada lokasi yang berbeda-beda tergantung pada tema Windows yang sedang dipergunakan.

Inbuilt Screen Recorder Windows 7 menghadirkan aplikasi in-built sebagai aplikasi (diagnostic tools) yaitu aplikasi Problem Steps Recorder. Aplikasi ini dipergunakan untuk merekam seluruh aktifitas mouse* dan juga keyboard.

Untuk membuka aplikasi pada Windows 7, cukup aplikasi Problem Steps Recorder mewnawarkan tampilan yang mudah (user friendly), Klik Start menulalu ketikan "Problem Steps Recorder” (tanpa tanda petik). Saat Anda mulai menekan tombol "Start Record”, seluruh kegiatan seperti pergerakan mouse dan keyboard akan terekam atau lebih dikenal dengan screenshoots., dan saat Anda menekan tombol "stop record”, seluruh aktifitas tadi akan disimpan ke bentuk format MHTML dengan file .ZIP.

Display Projection Fitur Windows 7 berikutnya adalah Display Projection, untuk mengatur tampilan proyektor saat prsentasi, tekan logo Windows+X untuk membuka aplikasi Windows Mobility Center. Anda juga dapat mengatur beberapa tampilan mode proyektor yang berbeda seperti different "Multiple Display” dengan menekan logo Windows+P.

Task Pane Fitur Task Pane pada Windows 7 ini berguna untuk melihat isi sebuah file tanpa harus membuka aplikasi seperti Microsoft Office, notepad, file PDF dan lainnya. Anda hanya mengarahkan atau menyorotkan sebuah file lalu hanya mengklik logo Task Pane pada Windows Explorer. Itulah beberapa fitur Windows 7 yang belum banyak orang mengetahuinya, dengan membaca artikel Plimbi kali ini, diharapkan akan mempermudah Anda dalam mempergunakan sistem operasi Windows 7. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel