Aplikasi Adobe Photoshop Dari Desktop Hingga Ponsel

5 Jul 2012 08:00 15371 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi Adobe Photoshop adalah perangkat lunak untuk proses pengeditan grafik yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems. Bermula dari sebuah proyek yang dikembangkan oleh dua bersaudara untuk perangkat komputer dari Apple.

Aplikasi Adobe Photoshop adalah perangkat lunak untuk proses pengeditan grafik yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems. Bermula dari sebuah proyek yang dikembangkan oleh dua bersaudara untuk perangkat komputer dari Apple. Kini Adobe Photoshop telah menjadi sebuah stAndar industri untuk aplikasi editor grafik. Di mana berkas yang dihasilkan oleh Adobe Photoshop dengan ekstensi PSD sudah umum dipertukarkan pada berbagai industri kreatif yang mengolah grafik.

PSD adalah berkas yang digunakan untuk menyimpan berbagai layer yang digunakan dalam Adobe Photoshop. PSD sendiri adalah kependekan dari Photoshop Document. Selain layer, PSD juga menyimpan informasi seperti masks, properti warna, profil ICC yang digunakan untuk pengelolaan warna, mode CMYK, nilai transparansi, teks, alpha channels, paths, dan konfigurasi duotone. Selain dari berbagai informasi yang bisa disimpan, berkas PSD juga mendukung resolusi gambar hingga mencapai ukuran 30.000 x 30.000 piksel. Ukuran yang sangat besar sekali dan pada kebanyakan aplikasi tidak dibutuhkan. Namun bila Anda bekerja pada percetakan banner iklan berukuran raksasa, ukuran resolusi gambar yang sangat tinggi akan sangat membantu menghasilkan banner dengan detail yang halus.

Adobe Systems juga mengembangkan berbagai aplikasi selain Adobe Photoshop. Karena popularitas Photoshop dengan berkas PSD-nya, maka Adobe Systems juga mengintegrasikan format Photoshop pada berbagai produk mereka yang lain. Berkas PSD dapat diekspor/impor dari dan ke Adobe Illustrator (grafik vektor), Adobe Premiere Pro (video), dan Adobe After Effects (motion graphics). Belum lagi dukungan aplikasi dari pihak ketiga yang juga mendukung format PSD pada aplikasi mereka. Membuat berkas yang dihasilkan oleh Adobe Photoshop adalah aplikasi editor grafik yang paling luas dukungannya. Anda tidak akan kesulitan untuk bertukar berkas PSD dengan berbagai rekan kerja atau perusahaan berbeda. Karena Adobe Photoshop secara de facto adalah stAndar industri untuk aplikasi editor grafik.

Pada satu sisi dukungan Adobe Photoshop yang luas merupakan suatu keuntungan. Namun disini lain ini membuat Adobe Systems dapat menaikkan harga penjualan Adobe Photoshop jauh melebihi pesaingnya tanpa harus kehilangan banyak penggunanya. Harga yang tinggi untuk Adobe Photoshop mungkin bisa membuat Anda berpikir dua kali untuk menggunakannya. Apalagi beberapa pesaing Adobe Systems ada yang mulai menjual aplikasi editor grafik yang mempunyai fitur mendekati Adobe Photoshop. Untuk mengatasi ini, Adobe Systems mengeluarkan produk editor grafik lain, yaitu Adobe Photoshop Element. Produk ini mempunyai harga jauh dibawah Adobe Photoshop namun dengan beberapa fitur yang dikurangi. Tapi Adobe Photoshop Element sudah mencukupi untuk sebagian besar pekerjaan pengeditan grafik.

Ada versi online dari Adobe Photoshop yang disediakan oleh Adobe Systems, yaitu Adobe Photoshop Express. Paling penting dari Photoshop versi online ini adalah aplikasi ini tersedia secara gratis. Namun jangan mengharapkan kalau Adobe Photoshop Express akan sama dengan versi desktop. Adobe Photoshop Express lebih ditujukan untuk pengguna yang ingin melakukan proses edit sederhana semisal melakukan cropping atau mengubah ukuran grafik. Karena Adobe Photoshop Express adalah aplikasi berbasis web, maka Anda bisa menggunakan peramban untuk mengaksesnya. Asalkan peramban Anda sudah diinstal dengan flash player. Adobe Photoshop Express adalah aplikasi yang dibuat menggunakan teknologi flash. Karena alasan itulah Anda membutuhkan* plugin flash player* untuk menjalankan Adobe Photoshop Express di peramban. Beberapa peramban seperti Google Chrome sudah mempunyai flash player secara default. Jadi Anda tidak perlu lagi menambahkan plug-in flash player.

Adobe Systems terus berusaha melakukan penetrasi ke berbagai ceruk pasar yang tersedia. Produk Adobe Photoshop Express mereka juga sudah merambah ranah mobile dengan diluncurkan aplikasi tersebut untuk platform iOS (iPhone, iPad) dan Android. Karena aplikasi Adobe Photoshop ini berjalan pada platform mobile seperti pada ponsel, maka antarmuka Adobe Photoshop Express disesuaikan agar mudah digunakan pada ponsel. Misalnya untuk menerapkan suatu filter pada foto yang Anda ambil menggunakan kamera ponsel, Anda tinggal geser dan pilih filter yang bisa disentuh untuk menerapkannya. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan beberapa sentuhan di layar ponsel Anda. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel