Mengenal Dampak Bermain Game, Cedera, Kesehatan dan Psikologis yang Wajib Anda Tahu

20 Sep 2013 13:30 10908 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bayangkan, Anda tidak bisa lagi menggenggam botol minuman atau kaleng minuman karena pergelangan tangan suda tidak berfungsi dengan baik. Ini sering terjadi pada gamer-gamer konsol yang bermain secara ekstrim.

Bayangkan, Anda tidak bisa lagi menggenggam botol minuman atau kaleng minuman karena pergelangan tangan sudah tidak berfungsi dengan baik. Ini sering terjadi pada gamer-gamer konsol yang bermain secara ekstrim sebagai dampak bermain game. Ilmu kedokteran telah memberikan contoh orang yang cedera karena terlalu banyak bermian game, entah itu cedera pinggang, pergelangan tangan, telapak tangan, punggung dan lain sebagainya. Mungkin pada awalnya kita merasa itu biasa-biasa saja tetapi , lama kelamaan akan berakibat fatal bagi Anda.

Orang yang terlalu kecanduan game bisa tidak beranjak dari tempat duduk dalam waktu yang sangat lama sekali mengacuhkan dampak bermain game. Joystik di tangan tidak pernah terlepas bahkan untuk jalan mengambil air putih saja pun malas. Ini akan mengakibatkan efek yang terus menerus. Mungkin yang paling sering dan terasa adalah bagian pinggang, apalagi Anda duduk tanpa penyandar. Ini suatu posisi yang fatal.

Tidak ada salahnya Anda bermain game dalam waktuyang lama asal kesehatan dan waktu istirahat Anda juga dipikirkan. Anda perlu asupan nutrisi yang cukup, mineral dan pastinya posisi Anda bermain game. Kalau sudah merasa terlalu lama atau ada yang mulai sakit di badan Anda segeralah beranjak dari depan TV atau komputer. Berikut akan Paseban sajikan beberapa cedera yang diakibatkan bermain game dan bagaimana cara menghindarinya.

Cedera game yang pasti tidak Anda inginkan-Carpal Tunnel

Ini mungkin salah satu cedera yang ditakutkan oleh para gamer. Tetapi sebenarnya ini tidak mudah terjadi. Kecuali kita memang sangat intens bermain game tanpa henti dan terus berulang dari hari-kehari. Bila terkena cedera ini, saraf dipergelangan tangan Anda tidak akan bekerja dengan baik. Mungkin jempol atau lebih parah semua jari tidak berfungsi dengan baik. Bentuk telapak tangan Anda juga mungkin berubah. Ini disebebkan oleh beberapa tindakan yang dilakukan secara terus-terusan:

  • Menekan terus-menerus tombol “tembak” di kontrol game dengan jempol Anda. Setelah melakukan tindakan tersebut dalam beberapa jam akan terdapat pembengkakan pada pangkal ibu jari Anda dan pembengkanan ini dapat berpengaruh pada saraf tangan Anda.
  • Menahan tangan Anda pada posisi yang tidak biasa di pada keyboard sambil bermain game FPS. In juga berpotensi mengakibatkan pembengkakan pada pergelangan tangan dan berpengaruh pada saraf.
  • Mengguanakan mouse PC standar dan melakukan tembak-menembak berulang-ulang sambil memutar-mutar mouse dengan cepat. pada kegiatan ini posisi tangan Anda terkadang tidak pas, bila dilakukan terus menerus bisa juga terjadi pembengkanan.

Agak sulit memang dilakukan, tetapi untuk menjaga agar tangan Anda tidak mengalami cedera usahakan posisi tangan tetap pada keadaan biasa, jagan terlalu memaksakan posisi tangan untuk memutar mouse. Atau bila memiliki dana yang lebih, belilah kontroler khusus yang membuat posisi tangan dalam keadaan yang nyaman.

Mata lelah/sakit mata- Ini sering terjadi

Ini dampak yang paling sering terjadi pada gamer. Bukan hanya gamer sebenarnya, untuk pekerja yang memandang layar komputer dalam waktu yang lama atau menonton televisi terlalu lama juga bisa terkena seranga ini. Dampak yang paling dekat mungkin adalah Anda harus menggunakan kacamata. Untuk mengatasinya Anda bisa mengikuti saran-saran dari Mayo Clinic:

1. Jaga ruangan dengan cahaya yang lembut agar tidak terjadi kontras antara layar dan sekitarnya

2. Buat jarak antara layar dengan mata Anda sekitar 50-100cm

3. Posisikan layar pas dengan mata Anda atau agak turun agar Anda tidak perlu mendongak atau menaikkan kelopak mata ketika melihat layar.

4. Kurangi pencahayaan yang terlalu terang seperti cahaya dari matahari atau neon

5. Atur tingkat kecerahan layar hingga terasa nyaman pada mata Anda

6. Jaga kebersihana layar dari debu dan kotoran atau Anda akan mendapatkan permasalahan kontras dan kesilauan

7. Istirahatlah. Berada di depan layar membuat Anda jarang berkedip sehingga mata bisa menjadi kering. Istirahat bisa membantu mengatasi masalah ini.

Posisi Badan- Duduk tegak

Ada dua posisi yang umum pada para gamer. Ada yang di sofa agak membungkuk, biasanya pada game-game yang tidak terlalu perlu fokus yang tinggi, posisi ini biasanya di lengkapi dengan kaki di atas meja. Ada juga yang berposisi siap siaga. Biasanya ini pada game-game FPS, aksi yang mengarahkan gamer untuk lebih condong ke depan, kaki tertekuk, kepala agak condong kedepan dan semua fokus pada layar.

Dimana masalahnya? Semua tekanan ada pada siku Anda (belum termasuk kaki), pergelangan tangan yang bengkok dan jempol tidak normal dan yang terburuk dari semua itu adalah, kepala Anda condong kedepan. Beban akan ditumpukan pada pinggul dan tulang belakang. Akibat dari ini adalah sering merasa bahu sakit, siku, jempol dan punggung.

Bermain di sofa adalah salh satu cara meringankan gejala-gejala ini. Di sofa Anda duduk dengan santai dan posisi badan dalam keadaan rileks. Untuk bermain berjam-jam posisi ini cukup mengurangi dampak negatif posisi saat bermain game. Asalah Anda memang tetap pada posisi yang nyaman.

Cedera yang serius

Anda harus berfikir kalau bukan hanya olah raga yang bisa membuat cedera orang-orang. Setelah Wii keluar, banyak gamer yang ternyata mengalami cedera seperti yang dialamai para atlit seperti terkelir, jatuh dan lain sebagainya. Tidak butuh waktu lama setelah Wii dirilis Sky News melaporkan ada 20 pasien yang menderita punggung tegang beberapa hari setelah Wii dirilis di Inggris. Hingga juru bicara Wii dimintai tips bermain game Wii agar tidak cedera. Mereka memberi tips agar tidak melakukan tindakan yang berlebihan dan kuat, selalu memakai tali pergelangan tangan dan memastikan objek atau orang berada diluar jangkauan Anda.

Keram dan Terkilir

Ini juga merupakan cedera yang banyak dialami atlit. Ini disebabkan oleh aktifitas fisik yang intens dan kurangnya peregangan sebelum aktivitas. Ini juga banyak terjadi pada gamer Wii. Karena hanya sebuah game, prang-orang merasa sepele pada peregangan padahal Wii hampir saja sama dengan berolahraga karena kita bergerak dengan intens. Agar terhindar dari ini, sempatkanlah diri Anda untuk berolahraga yang nyata atau paling tidak keliling komplek lah berjalan-jalan sekitar 30 menit. Atau bila memang malas, lakukan peregangan sebelum bermain Wii. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel