Berbagai Teknik dan Cara Screenshot Android yang Tidak Merepotkan

29 Nov 2012 13:30 18190 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda ingin mengambil screeenshot, misalnya agar dapat menunjukkan langkah-langkah setting Android atau mungkin gambaran aplikasi Android yang sedang Anda gunakan pada teman Anda, proses yang harus Anda jalani bisa saja akan membingungkan.

Jika Anda ingin mengambil screenshot, misalnya agar dapat menunjukkan langkah-langkah setting Android atau mungkin gambaran aplikasi Android yang sedang Anda gunakan pada teman Anda, proses yang harus Anda jalani bisa saja akan membingungkan. Ketika Android 4.0 Ice Cream Sandwich menawarkan fitur pengambilan screenshot di dalam sistem operasinya, banyak orang yang masih kesulitan saat menggunakan versi Android sebelum Android ICS. Tanpa melihat perangkat Android apa yang Anda punyai, Anda dapat mengambil screenshot tanpa melakukan root pada perangkat Android Anda tersebut.

Tetapi jika melakukan root, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih, termasuk pada Android ICS. Ada beberapa macam teknik ketika Anda ingin mengambil screenshot melalui platform Android. Berikut Plimbi akan memberikan cara screenshoot android.

1. Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Jika Anda memiliki perangkat Android dengan sistem operasi Android ICS ke atas, mengambil screenshot adalah suatu hal yang mudah dilakukan. Cukup tekan dan tahan pada tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Kemudian Anda akan melihat animasi pada layar yang mengindikasikan bahwa screenshot yang Anda ambil telah disimpan. Android akan menyimpan screenshot itu pada Gallery. Buka Gallery dan tap screenshot untuk melihat screenshot Anda.

2. Android SDK

Anda dapat mengambil screenshot pada berbagai perangkat Android dengan menggunakan Android SDK. Setelah Anda mengatur Android SDK, yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan smartphone atau tablet Android yang Anda miliki pada komputer dengan menggunakan kabel USB dan mengaktifkan SDK. Ini bukan merupakan program yang mudah digunakan, namun jika Anda telah mengaturnya, maka Anda akan merasakan kemudahan dalam pengambilan screenshot.

3. AShot (Android Screen Capture)

AShot bisa didapatkan secara gratis, dan terbuka bagi siapa saja yang ingin mengambil screenshot Android melalui komputer. Pemakaian program ini membutuhkan instalasi Android SDK yang telah diatur oleh Anda. AShot menawarkan berbagai variasi fitur yang dapat dimanfaatkan melebihi fitur screenshot dari Android SDK, termasuk near-real-time streaming pada layar Android ke program AShot pada komputer Anda.

4. Shortcut Pabrikan Perangkat Android

Beberapa pabrikan perangkat Android memberikan fitur spesial berupa shortcut screenshot pada perangkat pre-Android 4.0. Sebagai contoh, pada banyak perangkat Android keluaran Samsung, Anda dapat menekan tombol Home dan Power secara bersamaan untuk mengambil screenshot. Secara praktis, Anda dapat menekan dan tahan tombol Home, kemudian dengan cepat menekan tombol power. Contoh lain yang spesifik, pada Galaxy S, lakukan tekan dan tahan pada tombol back dan Power, atau bisa juga menekan tombol back kemudian double tap pada tombol Home. Perangakat pre-Android 4.0 yang berbeda memiliki variasi shortcut yang berbeda pula, dan mungkin Anda akan menemukan bahwa perangkat Android yang Anda miliki ternyata mempunyai shortcut screenshot yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

5. Aplikasi perangkat Android

Beberapa pabrikan memberikan pilihan aplikasi melalui Google Play Store yang mudah digunakan dalam pengambilan screenshot pada sistem operasi Android yang dibenamkan pada perangkat buatannya. Sebagai contoh, pengguna perangkat Android dapat menggunakan aplikasi pengambil screenshot macam Screenshot Free dari developer Wise Shark Software yang bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa melakukan rooting pada perangkat Android Anda. Jika Anda menginginkan aplikasi untuk mengambil screenshot yang lebih spesifik, Anda dapat mencarinya melalui Google Play Store.

6. Aplikasi Root

Android tidak mengizinkan aplikasi untuk melihat layar perangkat Android Anda karena masalah keamanan. Oleh karena itu, tidak ada izin untuk pengambilan screenshot tersebut. Untuk mendapatkan kontrol penuh pada sistem Android tanpa harus melalui izin dari Android, Anda dapat melakukan rooting. Setelah melakukan rooting, Anda dapat melakukan instalasi aplikasi screenshot yang memerlukan rooting untuk menjalankannya. Melalui Google Play Store, ada banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda dapatkan, baik berbayar maupun gratis. aScreenshot, merupakan salah satu aplikasi gratis dari developer Loong yang dapat bekerja untuk Anda dalam hal pengambilan screenshot. Anda dapat mengambil screenshot dengan berbagai variasi, seperti menggoyangkan perangkat Android dan tap notification.

Jadi, teknik apa yang akan Anda pilih untuk mengambil screenshot pada perangkat Android yang Anda miliki? [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel