Mengenal Lebih Jelas Mengenai Palm OS untuk PDA dan Smartphone

2 Dec 2011 11:00 6090 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Palm OS merupakan sistem operasi *smartphone* dan PDA yang dikembangkan oleh Palm Inc. pada tahun 1996. Palm OS diciptakan untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya ketika digunakan dengan *user interface* yang berbasis *touchscreen*.

Palm OS merupakan sistem operasi smartphone dan PDA yang dikembangkan oleh Palm Inc. pada tahun 1996. Palm OS diciptakan untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya ketika digunakan dengan user interface yang berbasis touchscreen.

Saat ini, versi berlisensi dari merek dagang Palm OS berubah menjadi OS Garnet dengan versi terbarunya Palm OS Garnet 5.4.9. Palm OS awalnya dikembangkan di bawah komando Jeff Hawkins dari palmComputing, Inc. lalu kemudian diakuisisi oleh US Robotic Corp dan akhirnya dibeli oleh 3Com. Pada bulan Januari 2002 silam, Palm mendirikan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki untuk dikembangkan dengan lisensi Palm OS yang dinamakan dengan PalmSource. Tahun 2007 tepatnya pada tanggal 25 Januari, ACCESS mengumumkan perubahan nama sistem Palm dari Palm OS menjadi OS Garnet hingga sekarang ini.

Palm OS v1.0 awalnya dirilis pada tahun 1996 dengan 1000 perangkat percontohan, dan dengan rilisnya Palm seri III, versi 3.0 dari Palm OS inipun mulai diperkenalkan. Setelah itu, Palm menyediakan upgrade secara bertahap mulai dari versi 3.1, 3.3 dan versi 3.5 yang dilengkapi dengan penambahan dukungan warna, perluasan multiple port, prosesor baru dan tambahan-tambahan lainnya.

Beberapa lama kemudian, versi terbaru dari Palm ikut menyusul, di mana Palm merilis versi 4.0 dengan seri smartphone M200. Tentu saja hal ini memungkinkan adanya penambahan standar untuk kartu memori eksternal serta peningkatan keamanan dari phone library.

Setelah perilisan Palm OS 4.0, Pal juga merilis versi 5.0 yang dilengkapi dengan dukungan khusus untuk prosesor ARM perangkat PDA. Tetapi tidak lama kemudian, Palm melakukan beberapa revisi karena terjadi maintenance semenjak perilisannya tersebut. Dengan berbagai revisi demi revisi akhirnya Palm berani memperkenalkan produknya kembali dengan memproduksi universal sound dan graphics library yang berlaku bagi seluruh perangkat yang kemudian Palm memperkenalkan Graffiti 2. Penerus Palm OS 5 direncanakan akan dirilis sebagai Palm OS Cobalt (6,0). Versi ini dikembangkan oleh PalmSource tetapi tidak pernah diadopsi oleh Palm Inc. atau lisensi yang lainnya. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel