Tips iPhone: Apa Yang Bisa Anda Lakukan Apabila iPhone Menghapus Aplikasi Yang Anda Beli Di App Store (part-1)

22 Dec 2011 10:00 6229 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada tips iPhone kali ini, Plimbi ingin membahas tentang sistem *approval* aplikasi pada App Store masih belum sempurna. Hal yang terjadi dan Anda pengguna iPhone pasti mengetahuinya adalah, Apple sering membiarkan masuk aplikasi yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebijakan mereka dan menghapus aplikasi yang sesungguhnya tidak melanggar kebijakan apapun, dan hal ini Apple lakukan tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

Pada tips iPhone kali ini, Plimbi ingin membahas tentang sistem approval aplikasi pada App Store masih belum sempurna. Hal yang terjadi dan Anda pengguna iPhone pasti mengetahuinya adalah, Apple sering membiarkan masuk aplikasi yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebijakan mereka dan menghapus aplikasi yang sesungguhnya tidak melanggar kebijakan apapun, dan hal ini Apple lakukan tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

Menghapus aplikasi dari App Store yang dilakukan oleh Apple ini akibat dari proses yang belum sempurna, namun yang membuatnya buruk adalah kekurangan minor oleh Apple ini menjadi kekurangan major bagi pengguna karena mereka dirugikan. Dan berikut tips iPhone untuk mengatasi hal tersebut.

Apabila Anda masih ingin menggunakan aplikasi yang telah dihapus oleh Apple

Tips iPhone apabila Anda masih ingin menggunakan aplikasi tersebut adalah, Backup! Meskipun Apple memiliki kemampuan untuk disable aplikasi yang ada di iPhone Anda, sudah umum diketahui bahwa Apple sangat jarang melakukan hal tersebut. Jadi meskipun aplikasi tersebut telah terhapus dari App Store, apabila Anda masih memiliki copy dari aplikasi yang telah mereka hapus, Anda masih bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Tetapi tips iPhone ini tidak berlaku apabila Anda sudah terlanjur menghapus aplikasi tersebut dari iPhone Anda dan belum mem-back up-nya. Apabila hal initerjadi berarti aplikasi tersebut sudah hilang, Anda tidak bisa men-download lagi karena aplikasi tersebut juga telah dihapus di App Store. Jadi Back up aplikasi adalah hal yang sangat penting!

Apabila Anda telah membeli aplikasi untuk iPhone Anda, tips iPhone paling wajib adalah pastikan Anda juga sinkronisasi dan transfer aplikasi tersebut ke komputer, jadi Anda memiliki copy asli dari aplikasi tersebut.

Anda mungkin memahami bagaimana back up bekerja, pada dasarnya Anda hanya membuat duplikat dari sebuah file. Dan pada tips iPhone kali ini Plimbi ingin memberikan dua cara backup yang bisa Anda lakukan, yaitu back up yang selalu up-to-date secara otomatis, atau back up manual.

Backup otomatis

Tips iPhone untuk back up up-to-date secara otomatis adalah menggunakan software pada komputer Anda. Apabila Anda menggunakan Mac OS X, terdapat software "Time Machine" yang telah terintegrasi langsung pada OS. Dengan Time Machine Anda bisa mengaktifkan back up up-to-date otomatis atas folder iTunes Anda, secara default pilihan setting ini akan aktif. Pada Windows Anda bisa menggunakan "Windows Backup and Restore Center" yang juga telah terintegrasi pada OS.

Tips iPhone alternatif adalah back up menggunakan Cloud langsung dari iPhone Anda. Contoh, Anda bisa menggunakan Dropbox dan mengaktifkan back up up-to-date secara otomatis.

Pembahasan mengenai tips iPhone ini, Anda bisa membacanya pada artikel Plimbi mendatang

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel