Bagaimana Cara Menggunakan Skydrive dari Ponsel Symbian?

21 Nov 2012 19:30 4254 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Skydrive merupakan salah satu produk buatan salah satu perusahaan besar di dunia, Microsoft. Skydrive yang sebelumnya bernama Windows Live Skydrive dan Windows Live Folders ini merupakan file hosting service yang mengijinkan para penggunanya untuk mengunggah dan mensinkronisasi data dengan menggunakan sistem cloud storage yang memungkinkan para penggunanya mengakses data tersebut melalui web browsers atau bahkan dari gadget mereka.

Skydrive merupakan salah satu produk buatan salah satu perusahaan besar di dunia, Microsoft. Skydrive yang sebelumnya bernama Windows Live Skydrive dan Windows Live Folders ini merupakan file hosting service yang mengijinkan para penggunanya untuk mengunggah dan mensinkronisasi data dengan menggunakan sistem cloud storage yang memungkinkan para penggunanya mengakses data tersebut melalui web browsers atau bahkan dari gadget mereka.

Setiap para pengguna mendapatkan kuota 7GB untuk para pengguna baru dan 25GB untuk pengguna yang mendaftar sebelum tanggal 22 April 2012. Kuota tersebut berfungsi sebagai ukuran storage Anda untuk menyimpan data secara online. SkyDrive sendiri dirilis pada tanggal 1 Agustus 2007 yang dimunculkan dalam beta version untuk kalangan terbatas sebagai percobaan, barulah pada tanggal 9 Agustus 2007 nama Windows Live SkyDrive diberikan. SkyDrive juga memiliki berbagai fitur unggulan seperti aplikasi Office Web Apps, integrasi dengan aplikasi Office, integrasi dengan email dan Bing (mesin pencari seperti Google namun milik Microsoft). SkyDrive juga mendukung hingga 94 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir kebingungan dengan bahasa yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Kali ini Plimbi akan membahas mengenai cara mengakses Skydrive melalui ponsel Symbian. Berikut adalah cara menggunakan Skydrive.

  • Unduh dan install aplikasi SkyFiles melalui Ovi Store. SkyFiles sendiri tersedia dalam dua versi, yaitu Free dan Pro. Untuk yang Pro, Anda diminta untuk membayar sebesar Rp. 3,000.

  • Setelah selesai mengunduh, jalankan aplikasi dengan memilih opsi Launch, dan tunggu hingga aplikasi terbuka.

  • Masukkan akun SkyDrive Anda dengan menggunakan Windows Live ID. Bila Anda tidak memiliki akun Windows Live ID, ada baiknya Anda membuat akun ini di komputer Anda, sehingga Anda lebih mudah dalam mengisi biodata diri yang dibutuhkan ketika melakukan registrasi. Lakukan proses Sign In dan ikuti prosesnya hingga selesai.

  • Setelah proses Sign In selesai, Anda akan dapat melihat cloud service dari SkyDrive di layar ponsel Anda. Setelah itu, Anda harus menentukan di mana letak folder dari ponsel Anda untuk menyimpan hasil unduhan dari SkyDrive ke ponsel Anda.

  • Setelah Anda memilih folder tujuan Anda, Anda dapat memilih data yang ingin Anda unduh dari SkyDrive Anda. Pilih ikon untuk dicentang kemudian pilih Download di sebelah kiri bawah, maka data yang dicentang akan diunduh secara otomatis ke dalam folder pilihan Anda di dalam ponsel Symbian Anda.

  • Sedangkan bila Anda ingin mengunggah data dari ponsel Symbian Anda, pertama Anda menentukan folder tujuan di SkyDrive tempat di mana Anda akan menyimpan data yang akan Anda unggah. Kemudian pilih data yang berada di ponsel Symbian Anda dengan mencentang kotak di sebelah kanan. Anda dapat mengunggah lebih dari 1 file dari ponsel Anda. Setelah itu, tunggu hingga proses pengunggahan selesai.

  • Semua files yang berada di dalam SkyDrive Anda, dapat Anda atur sesuka hati Anda, dari melakukan pemindahan, penghapusan, penggantian nama, hingga memngirimkan tautan ke teman teman Anda melalui surat elektronik. Atau bahkan Anda dapat menambah folder baru di akun SkyDrive Anda dengan memilih opsi di kanan paling bawah kemudian masukkan nama folder yang Anda inginkan.

Di atas merupakan langkah langkah agar Anda dapat mengakses dan juga langkah langkah untuk mengunduh, mengunggah, dan juga mengatur files di dalam SkyDrive Anda. Untuk Anda yang memerlukan files storage di ponsel Symbian Anda, SkyDrive merupakan pilihan matang dan tepat untuk Anda. Pengaturan dan juga kontrol tampilan antar muka yang ramah, akan membuat Anda lebih mudah untuk memahami dan juga menggunakan aplikasi ini.

Dengan SkyFiles, Anda dapat menyimpan dan mengakses data milik Anda di mana pun dan kapan pun Anda menginginkannya. Jadi tidak perlu takut lagi data Anda tertinggal di rumah ketika Anda memerlukannya di kantor, Anda hanya tinggal mengakses SkyDrive dan langsung mengakses data Anda. Anda dapat mengunduh SkyFiles dari Ovi Store langsung dari sini. Aplikasi ini berukuran 0.55MB dan untuk aplikasi yang ini adalah versi yang gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ketika akan mengunduh aplikasi ini. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel