Memaksimalkan Penggunaan Aplikasi Note Pada Perangkat iOS

31 Oct 2012 11:00 3395 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di sinilah salah satu letak manfaat aplikasi Note yang ada pada berbagai smartphone, di mana aplikasi ini dapat membantu Anda terhindar dari hal-hal seperti itu. Dengan berbagai rutinitas sehari-hari yang dijalankan, tentunya membuat daftar catatan kegiatan merupakan hal yang baik, agar tidak ada sesuatu yang terlewat.

Apakah Anda pernah lupa menyampaikan suatu pesan kepada orang lain? Atau juga, pernahkah Anda lupa pada apa yang akan Anda lakukan saat bekerja? Kejadian tersebut merupakan hal yang wajar, karena hampir semua orang pernah mengalami lupa. Di sinilah salah satu letak manfaat aplikasi Note yang ada pada berbagai smartphone, di mana aplikasi ini dapat membantu Anda terhindar dari hal-hal seperti itu. Dengan berbagai rutinitas sehari-hari yang dijalankan, tentunya membuat daftar catatan kegiatan merupakan hal yang baik, agar tidak ada sesuatu yang terlewat.

Dalam berbagai aplikasi yang ada, tentang pekerjaan atau juga pendidikan, Anda akan banyak sekali menemukan aplikasi catatan. Aplikasi tersebut dapat ditanamkan pada berbagai sistem operasi, namun aplikasi seperti ini termasuk jarang digunakan karena fungsinya yang sebagian besar digunakan hanya untuk pengingat saja. Begitu juga jika dipakai pada produk Apple. Aplikasi Note disediakan oleh iOS untuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch. Fitur dalam aplikasi pada iOS berfungsi standar. Walaupun aplikasi ini memiliki kemampuan dan mudah digunakan, Anda masih bisa mengeksplorasinya. Untuk memberikan pengalaman baru, berikut ini adalah tips untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Note tersebut.

Sinkronisasi antar perangkat

Jika Anda memiliki perangkat Apple lebih dari satu, adalah hal yang mudah untuk membuat Note Anda saling tersinkron. Alat yang digunakan adalah fitur dari iOS dan Mac OS X yaitu iCloud. iCloud memiliki pengaturan yang mudah dan gratis digunakan, kecuali Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar maka Anda harus meng-upgrade-nya. Buka Preference pada perangkat iOS atau komputer Mac OS X Anda lalu pilih iCloud. Sign in dengan Apple ID, dan mulai hubungkan Note Anda. Mulai sekarang, setiap Anda membuka iPad, juga akan ditampilkan pada Mac Anda dengan baik.

Sinkronisasi dengan berbagai layanan

Dalam menghubungkan perangkat iPhone dan Macbook, hal ini akan sangat berguna, tetapi Note Anda tetap terperangkap pada perangkat Apple yang terintegrasi iCloud. Untungnya, aplikasi catatan semacam ini memiliki kemampuan untuk menghubungkan dengan berbagai layanan, seperti misalnya akun Google. Hal ini memungkinkan untuk dilakukan. Dimanapun Anda mempunyai akun yang mendukung layanan Mail, Contacts, Calender, Anda dapat memilih untuk menghubungkannya dengan Note, seperti Anda biasa menghubungkan Mail dan Calendar. Akun ini akan menjadi semacam folder Note dalam aplikasi. Anda juga dapat mengubah akun Note default melalui Settings > Note di perangkat iOS dan Default Accound* di Mac OS X.

Menampilkan dan mengedit di browser internet

Adalah hal yang mudah saat Anda dapat melihat sinkronisasi Note dengan berbagai layanan, tetapi ada cara lain untuk mengakses sinkronisasi Note seperti pada iCloud, dan tidak pada perangkat Apple. Hal ini dapat dilakukan melalui browser internet. Syarat yang harus dimiliki adalah browser internet Anda mendukung iCloud dan log in melalui Apple ID Anda. Anda dapat melihat berbagai aplikasi yang terasosiasi dengan iCloud, di antaranya adalah aplikasi catatan. Anda dapat menggunakan tampilan web ini untuk melihat dan mengedit semua Note Anda yang telah tersinkronisasi dengan iCloud. Di lain pihak, tampilan ini akan mengingatkan Anda seperti tampilan Mac dan iOS.

Menampilkan Note pada desktop Mac OS X

Jika Anda menginginkan, apabila telah tersinkron, Anda dapat menggunakan Note pada komputer Mac OS X seperti aplikasi lainnya, yaitu Anda dapat menampilkan Note tersebut pada desktop. Jika Anda mengedit Note di tempat manapun, Note dalam desktop akan ikut terganti sesuai perubahan yang dilakukan. Untuk menampilkan Note pada desktop, buka aplikasi catatan. Kemudian buka Note dengan double klik. Jika Anda telah menutup aplikasi, Note Anda sudah berada di desktop.

Mengubah font default dari Note

Font default mungkin dapat membuat Anda bosan karena sering dilihat. Jika Anda menginginkan mengganti font, hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan. Dalam perangkat iOS, font default dapat diubah dengan memilih Settings pada aplikasi. Anda dapat memilih menggunakan Noteworthy, Helvetica dan Marker Felt. Dengan pilihan tersebut, Anda dapat menggantinya sesuai keinginan sendiri. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel