3 Tools untuk Membantu Mengoptimalkan Menu Bar Pada Mac OS X Anda

10 Aug 2012 11:00 3187 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menu bar pada Mac OS X mendapatkan perhatian lebih saat ini dibandingkan Dock. Alasannya sangat sederhana, sangat kompak dan dinamik jika dibandingkan dengan Dock.

Menu bar pada Mac OS X mendapatkan perhatian lebih saat ini dibandingkan Dock. Alasannya sangat sederhana, sangat kompak dan dinamik jika dibandingkan dengan Dock. Dengan bantuan aplikasi untuk menu bar pada Mac OS X, Anda dapat mengetahui jumlah email yang masuk dan belum dibaca, namun tentu saja tidak mengganggu aktivitas saat Anda sedang menggunakan iMac. Aplikasi untuk menu bar ini terkadang disertai dengan alat atau tools yang berguna dan sistem pengaturan yang mudah dijangkau tanpa harus menyita banyak ruang pada layar perangkat Anda.

Jika Anda memiliki masalah terhadap menu bar pada iMac karena terlihat berantakan dan tidak rapi, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena pada artikel kali ini Anda akan dibantu untuk mengatur menu bar pada iMac agar terllihat rapi dan mampu teroptimalkan dengan baik tentunya dengan beberapa aplikasi atau tools untuk penggunaan menu bar. Di bawah ini Anda akan menemukan tiga tools untuk membersihkan, mengatur dan memperluas fungsi dari menu bar pada iMac Anda. Untuk mengetahui ketiga tools tersebut, berikut ulasannya.

Bartender - Menjaga Menu Bar Anda Tetap Rapi

Masalah utama pada saat Anda pertama kali menggunakan iMac adalah overload aplikasi yang berada pada menu bar. Seiring dengan waktu, Anda dapat mengumpulkan sejumlah besar aplikasi yang mengisi layar iMac Anda dan juga akan menyita ruang pada desktop. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa meminta bantuan kepada aplikasi yang bernama Bartender.

Bartender akan membantu Anda untuk menata menu bar Anda dengan menyembunyikan beberapa aplikasi pilihan atau dengan cara memindahkan aplikasi tersebut ke Bartender Bar yang mana akan ditampilkan secara minimalis namun tetap dengan tampilan yang memukau khas Apple. Anda dapat mengaktifkan Bartender Bar tersebut dengan cara mengklik ikon Bartender Bar atau menggunakan hotkey tertentu. Meskipun masih berjalan pada versi Beta, namun aplikasi ini layak untuk Anda coba. Anda bisa mencoba aplikasi ini secara gratis di sini.

MenuBar ReArranger

Ketika Anda mengatur menu bar bawaan iMac, Anda pasti menekan tombol command (cmd), maka selanjutnya menu bar Anda akan terpampang berada di samping satu sama lain dalam urutan pada saat dijalankan. Tentunya Anda tidak bisa mengatur posisi menu bar yang terpampang sesuai dengan keinginanan Anda. Kekurangan ini juga akan mengurangi keindahan tampilan desktop iMac. Untuk mengatur posisi menu bar agar terlihat indah, maka Anda perlu bantuan dari sebuah tools yang bernama MenuBar ReArranger. Anda bisa mendapatkan tools ini dengan sebelumnya harus membayar sebesar $4,99 namun Anda akan mendapatkan fungsi yang sangat membantu dalam menngoptimalkan penggunaan menu bar Anda. Pada saat penggunaan pertama, jalankan Application> AppleScriptEditor lalu buat file baru. Selanjutnya, tambahkan aplikasi menu bar Anda menggunakan struktur berikut (termasuk tanda petik):

3 Tools untuk Membantu Mengoptimalkan Menu Bar Pada Mac OS X Anda

Simpan skrip sebagai Application file di iMac Anda. Selanjutnya pergi ke System Preferences> Users and Groups> Login Items lalu tambahkan file yang baru saja Anda buat tadi. Untuk menghindari duplikasi, Anda harus mematikan pilihan open at login pada application preferences dari item yang Anda tambahkan pada skrip startup. Untuk mendapatkan tools ini Anda bisa mengunjungi link ini.

Secondbar

Bagian yang membuat frustasi tentang menggunakan beberapa monitor pada sistem Anda adalah ketersediaan satu menu bar. Dan pada akhirnya, Anda bermain cursor tennis pada sistem Anda, dengan jendela aplikasi pada satu layar dan menu bar di sisi lain. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa menggunakan Secondbar. Aplikasi gratis yang merupakan hasil pengembangan dari developer BetterTouchTool ini memungkinkan Anda untuk menambahkan menu bar kedua pada monitor Anda yang lainnya. Namun perlu di catat, bahwa aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan yang sangat awal. Ini berarti bahwa tidak semua sistem operasi Mac mendukung terhadap aplikasi ini. Jadi tidak dipungkiri terjadi beberapa bug di sana sini. Namun aplikasi ini masih layak untuk Anda coba. Untuk mendapatkan aplikasi gratis ini, Anda bisa mengunjungi link ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel