Lima Tips dan Trik iPhone Agar Mengetik Lebih Nyaman

4 Nov 2012 14:00 4127 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin beberapa dari kita sering menemui kesulitan ketika mengetik di iPhone karena terbiasa dengan mode keyboard Windows. Apalagi untuk orang-orang yang baru menggunakan produk Apple, mungkin akan sedikit kesulitan ketika mengetik di iPhone.

Mungkin beberapa dari kita sering menemui kesulitan ketika mengetik di iPhone karena terbiasa dengan mode keyboard Windows. Apalagi untuk orang-orang yang baru menggunakan produk Apple, mungkin akan sedikit kesulitan ketika mengetik di iPhone.

Untuk itu Plimbi akan memberikan sedikit tips dan trik iPhone agar mengirim SMS dan mengetik dapat lebihnyaman. Tips dan trik iPhone ini juga berlaku untuk iPod Touch dan iPad:

Mengakifkan Mode Caps Lock

Caps lock menjadi lambang teriak atau berbicara dengan nada marah bila kita sedanga chat atau SMS-an. SMS atau Chat dengan huruf besar cukup sering kita gunakan karena mungkin kita tidak bisa menghindari marah apalagi wanita yang pacarnya telat menjemput atau datang ke tempat makan yang telah dijanjikan (sedikit pengalaman pribadi). Huruf besarpun menghiasi layar Handphone dengan tanda seru yang banyak.

Untuk membuat mode caps lock anda hanya perlu men tap dua kali tombol shift, ketika tombol berubah menjadi biru berarti sudah dalam mode caps lock. Dan Anda siap untuk marah-marah di SMS atau chat. Untuk mematikannya tap sekali di tombol shift.

Mematikan Auto Correct

Agak menyebalkan memang ketika sedang mengetik SMS muncul pop up auto correct padahal kita tidak menginginkan hal tersebut. Apalagi untuk bahasa alay yang pastinya tidak pernah sesuai dengan EYD model SMS anak jaman sekarang. Dan auto correct iPhone hanya tersedia untuk bahasa Inggris saja jadi, kita kurang memerlukan hal itu. Untuk mematikan auto correct tap menu setting, General, keyboard kemudian ganti mode auto correct menjadi off. Selain itu, pada menu setting ini Anda juga bisa mematikan mode chek spelling agar huruf pertama setiap kalimat baru tidak huruf kapital.

Simbol-Simbol dalam iPhone

Sulit menemukan simbol-simbol favorit ketika mengetik di iPhone seperti bullet, tanda tanya terbalik dan lain-lain? Anda hanya perlu menahan tombol (tekan lama) tertentu untuk memunculkan simbol-simbol selain huruf.

Contoh, tekan lama tombol "1,2,3 atau ?” maka akan ada pilihan di tab baru yang siap untuk Anda gunakan. Kemudian geser jari Anda untuk memilih simbol yang disedikan dan lepaskan. Contoh. tekan dan tahan tombol "?” maka Anda akan menemunkan tombol "¿” atau tahan tombol "!” maka akan ada tombol "¡”. Tekan dan tahan tombol lai maka Anda akan menemukan simbol-sombol unik lainnya. Jadi, bukan tidak ada simbol seperti itu di iPhone, hanya saja disembunyikan.

Tambahan ".com” ".net” ".id” ".org” dan Dot-Dot Lainnya

Ketika Anda ingin ingin browsing atau memasukkan alamat email tidak perlu lagi menambahkan .com, .org atau dot-dot yang lainnya setiapa saat ketika Anda ingin internetan. iPhone akan mendeteksi secara otomatis ketika Anda mengetikkan kata kunci di kolom browsing. Anda hanya perlu menahan tombol pada kolom brows maka akan muncul pop up yang berisikan segala jenis dot-dot yang ada. ini seperti fitur Google yang akan menyediakan pop up pilihan ketika kita memasukkan suatu kata kunci dan akan muncul pilihan-pilhan kata kunci. Hanya saja di iPhone pilihan pop up menydiakan dot-dot yang ada di internet.

Menciptakan Shortcut Keyboard Sendiri

Di iPhone Anda bisa menciptakan tombol-tombol shortcut sendiri sesuka hati Anda. Dengan mengetikkan hanya beberapa huruf akan menjadi kalimat yang Anda inginkan. Rasanya fitur ini akan cukup membantu kita mengetik dengan cepat. Misalnya "myadd” akan menjadi alamat rumah Anda ketika di ketikkan, atau "gm” menjadi "gak mau”. Caranya:

  • Pilih menu setting, general kemudian keyboard

  • ulir kebawah sampai menemukan menu shortcut section kemudian add shortcut

  • Di kolom kosong frase masukkan kalimat yang ingin di buat shortcutnya dan dibagian shortcut masukkan huruf yang menjadi shortcut kalimat tersebut.

  • Save dan shortcut Anda siap untuk digunakan
    Ketika Anda mengetik huruf "gm” kemudian menekan spasi maka akan muncul kalimat yang sudah dibuat shortcut-nya. Jadi tidak perlu capek-capek mengetik banyak-banyak ketika Anda ingin mengirim Alamat rumah keteman. Cukup dengan mengetik "myadd”, akan muncul pop up baru yang menunjukkan kalimat yang Anda simpan untuk jadi shortcut kemudian spasi untuk accept.

Demikian tips dan trik iPhone kali ini semoga berguna bagi Anda. Semoga bermanfaat. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel