Tips Membeli Laptop untuk Pelajar

2 Oct 2012 18:00 5058 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memilih laptop yang disesuaikan dengan kebutuhan pelajar memanglah tidak mudah, maka dari itu simak tips dan trik membeli lapto baru/second khusus untuk pelajar berikut ini.

Dewasa ini laptop bukanlah sesuatu yang mahal, hampir semua orang memilikinya, begitu pula para pelajar. Memiliki laptop dinilai lebih praktis dibandingkan dengan memiliki seperangkat komputer desktop di rumah. Dengan sifatnya yang mobile yang bisa dibawa kemana-mana menjadikan laptop sebagai pilihan utama bagi para pelajar.

Namun memilih laptop yang disesuaikan dengan kebutuhan pelajar memanglah tidak mudah terhitung banyaknya model dan rentang harga yang beragam. Maka untuk itu khusus untuk ulasan kali ini, Plimbi akan memberikan tips membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan para pelajar. Tips penting ini perlu diperhatikan untuk Anda yang saat ini masih berstatus pelajar. Untuk mengetahui apa saja tips membeli laptop terbaik untuk Anda, berikut ulasannya.

Pilih Ukuran yang Tepat Meksipun laptop dengan ukuran 15 inch cenderung memiliki harga yang murah, namun laptop dengan model 13 - 14 inch merupakan pilihan yang terbaik untuk para pelajar karena sangat mudah untuk di bawa kemana-mana dan memiliki berat yang tidak terlalu membebankan bagi para pelajar dan tentunya dengan berat yang tergolong ringan akan memudahkan untuk transportasi dari kelas satu ke kelas yang lain. Jika Anda tergolong masih berada di bangku SMA, maka laptop dengan ukuran 15 inch akan baik-baik saja, namun jika Anda berada di bangku kuliah, maka ukuran yang sesuai untuk Anda adalah ukuran 13 - 14 inch karena akan memudahkan Anda berpindah dari kelas satu ke kelas yang lain.

Bayar untuk Desain Premium Selain mementingkan fitur back-to-school, Anda para calon pembeli pun juga harus memperhatikan desain dan bahan material yang terkandung pada laptop yang akan dibeli. Anda tidak akan menginginkan menenteng laptop yang tebal dan berukuran jumbo di lingkungan sekolah atau kampus Anda bukan? Maka pilihlah laptop yang memilliki desain ramping, setidaknya laptop yang dipilih memiliki bahan tutup logam yang akan membantu melindungi layar dan tahan dari keausan selama bertahun-tahun di sekolah. Banyak pilihan laptop yang memiliki bahan logam atau alumunium solid dan juga desain tipis yang salah satu contohnya adalah HP Sleekbook. Laptop ini memiliki finishing alumunium di bagian penutupnya dan juga di sekitar keyboard dan sentuhan bahan yang halus pada bagian bawah yang akan memudahkan untuk digenggam.

Dapatkan Spesifikasi yang Mumpuni Lepas dari apa yang Anda dengar, CPU dapat membuat perbedaan yang besar. Misalnya, Intel Core generasi ketiga yang juga disebut Ivy Bridge, menawarkan hingga dua kali kinerja grafis 3D, yang berarti Anda dapat bermain World of Warcraft pada frame rate yang halus. Jika Anda ingin menhemat uang, maka Anda bisa membeli generasi kedua dari Intel Core. Jauhi Pentium CPU karena memiliki performa yang lambat dan tidak bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang. Adapun memori sebesar 4GB cukup untuk mengatasi kegiatan studi Anda, namun jika Anda menemukan laptop dengan memori sebesar 6 atau 8GB tapi dengan harga yang sama dengan laptop bermemori 4GB, jangan ragu untuk mendapatkannya. Sebuah drive penyimpanan untuk laptop memiliki dampak yang sama dan banyak pada kinerja CPU-nya. SSD atai Solid State Drive secara dramatis meningkatkan kinerja seluruh sistem jadi pertimbangkan sebuah sistem di dalam laptop sebelum Anda membelinya. Jika Anda membeli laptop dengan harddrive tradisional, maka cari yang beroperasi pada kecepatan 7,200 rpm dan jika memungkinkan pilih yang memiliki ukuran 500GB, meskipun ukuran 320GB sudah bisa mengatasi kegiatan studi Anda.

Pertimbangkan sebuah Ultrabook Intel dan mitranya menciptakan kelas baru dari sebuah laptop yang bernama Ultrabook, laptop ini memiliki desain yang sangat tipis dan sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Ultrabook juga mampu bertahan hingga 5 jam pemakaian dalam waktu yang normal. Laptop jenis ini memang tergolong mahal, namun ada beberapa fitur yang orang tua dan siswa harus pertimbangkan. Ultrabook dengan harga yang rendah menggabungkan SSD dengan harddrive tradisional yang tidak berpengaruh banyak terhadap kegiatan studi para pelajar. Namun laptop dengan harga yang lebih mahal lagi seperti MacBook Air dan ASUS Zenbook Prime UX 31A menawarkan kinerja yang cepat namun dengan memori yang terbatas hanya 128GB.

Cari yang Setidaknya Mampu Bertahan Hingga 5.5 Jam Memilih laptop yang memiliki daya baterai yang kecil akan merepotkan Anda untuk membawa power cord kemanapun Anda pergi. Ini tidak selalu mudah bagi para pelajar untuk plug-in daya baterai ketika mereka sedang berada di kelas atau sedang menyelesaikan tugas di kantin. Jadi usahakan mencari laptop yang mampu bertahan setidakya selama 5.5 jam. Sementara itu terlalu mahal untuk para kantong pelajar, MacBook Air mampu membawa Anda selama 8 jam untuk penggunaan browsing via WiFi. Untuk alternatif lain Anda bisa memilih Sony VAIO S Series 13 yang juga memiliki harga yang sedikit mahal bisa membawa Anda bertahan hingga 6 jam.

Pilih Keyboard dan Touchpad yang Baik Anda para pelajar setidaknya akan sering mengetik untuk menyelesaikan tugasnya, dan melakukan update di akun jejaring sosial, sehingga para pelajar harus pandai memilih keyboard yang benar-benar nyaman saat digunakan untuk mengetik. Dan jangan mengabaikan touchpad yang sama penting. Pastikan navigasi desktop benar-benar berjalan dengan halus dan juga pastikan multi-touch gesture seperti pinch to zoom benar-benar berjalan sangat halus. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel