Tips Tablet Android untuk Mengoptimalkan Kinerja dan Performa

23 Sep 2012 12:00 5498 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak dari kita mungkin sudah memiliki Tablet Android untuk bekerja atau membantu aktifitas sehari-hari. Namun, sudahkah kita memaksimalkan Android yang kita gunakan? Apakah fitur-fitur yang ada di Tablet Android Anda di fungsikan dengan baik? Kali ini Paseban akan coba memberikan **tips Tablet Android** yang bisa membantu bagaimana memaksimalkan kinerjanya.

Banyak dari kita mungkin sudah memiliki Tablet Android untuk bekerja atau membantu aktifitas sehari-hari. Namun, sudahkah kita memaksimalkan Android yang kita gunakan? Apakah fitur-fitur yang ada di Tablet Android Anda di fungsikan dengan baik? Kali ini Paseban akan coba memberikan tips Tablet Android yang bisa membantu bagaimana memaksimalkan kinerja Tablet Android Anda, baik yang sudah lama atau baru dibeli:

Jaringan Internet 3G Tidak semua Tablet Android memiliki jaringan 3G sebagai koneksi internet. Sedangkan kita tahu 3G jauh lebih cepat dibandingkan 2G atau generasi sebelumnya. Untuk mengakalinya, kita butuh perangkat lain misalnya handphone yang memiliki jaringan 3G. Anda bisa menghubungkannya melalui Bluetooth atau kabel. Jadi Tablet Android Anda tetap terhubung Internet dengan jaringan 3G. Namun untuk melakukan hal ini Tablet sudah ber OS-kan 3.0 Honeycomb atau lebih baik.

Efesienkan Penggunaan WiFi WiFi termasuk jenis koneksi yang membutuhkan batrai yang banyak, apalagi bila sinyal wi-fi didekat Anda naik turun. Akan semakin cepat menghabiskan baterai Tablet bila sinyal wi-fi kecil. Jadi perlu pengaturan khusus agar Tablet Anda dapat lebih tahan lama. Karena sebagian kita terkadang malas menghidup-matikan koneksi wifi. Untuk mengatasinya Anda perlu mengatur setingan wireless pada Tablet yang disebut WiFi sleep policy. Caranya pilih menu setting > wireless and network > WiFi setting > WiFi Sleep Policy. Kemudian akan muncul tiga pilihan. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda Status default ‘Never’ akan membuat WiFi Anda terus menyala selama Tablet Anda menyala. Kedua ‘Never when Plugin’ pilihan ini akan memberikan fasilitas tersambung ke WiFi bila Tablet kita terhubungkan dengan arus listrik. Ketiga ‘when screen is turn off’ akan mematikan WiFi secara otomatis bila Tablet Anda dalam keadaan stand-bay. Namuan setingan ini akan berbeda untuk Tablet dengan OS dibawah Honeycomb.

Maksimalkan Penyimpanan Data Untuk Tablet Android Anda bisa menyimpan data Anda di Google Drive sebanyak 5 Giga, atau perusahaan penyimpanan data lain yang seperti Skydrive atau Dropbox. Anda bisa memanfaatkan tempat-tempat penyimpanan ini untuk memberikan ruang yang lebih pada penyimpanan Tablet Anda.

Make Over tampilan deskto Agar tidak bosan dengan tampilan layar Tablet Anda rubah lah gambar desktopnya dengan gambar-gambar yang Anda sukai. Ini juga memberikan kesan fresh bagi pengguna Tabletnya.

Mempercepat Kinerja Tablet Melalui Tampilan Hilangkan semua screen play yang bertujuan mempercantik Tablet atau gambar-gambar bergerak lain. Ini bertujuan untuk mempercepat kinerja Tablet dan juga menghemat baterai.

Gunakan fitur Voice Control Ini sangat bermanfaat ketika Anda ingin bekerja lebih cepat tanpa harus mengetik yang Anda perlukan. Misalnya Anda ingin mencari sesuatu di Google tidak perlu lagi membuka menu dan mengetik yang Anda cari, cukup memberi perintah dengan suara. Daftar perintah yang dapat di proses di Google dapat dilihat di link berikut 

Manfaatkan Aplikasi Maps Ini bisa menjadi aplikasi yang bagus untuk Tablet Anda. Anda tinggal mendownload Google Map With Navigation. Ini dapat membantu navigasi Anda apalagi Tablet memiliki layar yang lebar jadi bisa dengan jelas melihat peta yang ada di Tablet. Google Map Navigation bisa juga diperintah dengan suara, jadi semakin terlihat canggih. Download aplikasi Maps di sini

Upgrade Tablet Anda Hal yang penting di-upgrade pada sebuah Tablet adalah OS-nya. Karena semakin tinggi OS yang Anda pakai maka semakin banyak kemudahan dan aplikasi yang Anda butuhkan. Yang perlu diperhatikan adalah, Anda melakukan proses instalasi dengan benar, kalau tidak bakal membuat Anda semakin sulit.

Video Chat Walau Tablet bukan merupakan handphone Anda tetap bisa memakai fitur vidoe chat pengganti video call. Dengan bantuan aplikasi seperti Fring yang dapat di-download secara gratis Anda dapat melakukan Video Chat dengan tiga teman Anda. Dengan syarat Tablet Anda memiliki kamera yang menghadap kedepan dan yang pasti koneksi internet juga harus bagus untuk mengurangi delay vidoe teman Anda berbicara.

Klik link ini untuk mendownload Fring Ini adalah beberapa tips Tablet Android untuk Anda yang memiliki Tablet tipe lama atau yang baru-baru memiliki Tablet.

Fitur-fitur lain mungkin akan memberikan sentuhan berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan jangan pernah memaksakan sesuatu yang terlihat bagus pada Tablet orang lain kemudian Anda pasang di Tablet sendiri dan memberikan efek yang buruk. Itu itu akan berpengaruh untuk kinerja Tablet. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel