Nikon D800 - Kamera DSLR Pro Terbaik Saat Ini

2 Sep 2012 18:00 6089 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kamera DSLR apakah yang memiliki kualitas gambar tinggi saat ini? Jawabannya adalah Kamera Nikon D800. Kamera level professional yang berhasil menyabet juara sebagai kamera DSLR terbaik di ajang Camera Grand Prix 2012 ini memang memiliki kemampuan yang tidak main-main, bahkan bila melihat spesifikasinya bisa membuat fotografer professional pun merinding dibuatnya.

Kamera DSLR apakah yang memiliki kualitas gambar tinggi saat ini? Jawabannya adalah Kamera Nikon D800. Kamera level professional yang berhasil menyabet juara sebagai kamera DSLR terbaik di ajang Camera Grand Prix 2012 ini memang memiliki kemampuan yang tidak main-main, bahkan bila melihat spesifikasinya bisa membuat fotografer professional pun merinding dibuatnya. Tetapi nanti dulu, bukan hanya spesifikasinya saja yang membuat merinding tetapi harganya juga bisa membuat lutut Anda lemas. Kualitas resolusi gambar sampai 36.3 megapiksel dan harga jual sebesar 30 juta Rupiah (body only). Masih berani mendengar kejutan-kejutan yang dimilki Nikon D800? Kalau begitu Plimbi akan membahasnya di bawah ini.

Desain

Body dari Nikon D800 didesain untuk memberikan Anda sebuah kamera DSLR yang kompak saat Anda gunakan dan ringan untuk digunakan pada kondisi apapun. Dengan material terbuat dari magnesium alloy sehingga memiliki ketahanan di segala medan dan anti lumpur dan debu. Dengan menggunakan kamera Nikon D800 ini akan memberikan kesan profesional walaupun Anda sendiri baru memulai hobi fotografi belum terlalu lama. Tipe body Mid-size SLR dari Nikon D800 yang kokoh dan gagah akan memberikan Anda rasa percaya diri yang lebih untuk unjuk gigi kehandalan fotografi yang Anda miliki di depan model-model yang sudah berpse di depan Anda.

Performa

Kamera ini memiliki sensor resolusi gambar sampai 36.3 megapiksel dan dianggap sebagai kemampuan sensor tertinggi yang pernah dimiliki oleh sebuah kamera saat ini. Dengan ukuran piksel yang besar hasil file dari foto juga sangat besar, yakni 76 MB untuk foto jenis RAW sedangkan untuk kualitas di atasnya yaitu 16bit TFT, ukuran file bisa sampai 212.1 MB. D800 mampu menghasilkan foto dengan kualitas resolusi 7360 x 4912 piksel. Menggunakan sensor CMOS berukuran 35.9 x 24 mm. Jenis sensor terbaru ini membuat Nikon D800 mampu memiliki ISO dengan range 100-6400 dengan kualitas noise yang minimum. Kemampuan ISO sensitivitasnya terbilang luas hingga mencapai 50-25.600 yang mungkin akan berguna pada situasi tertentu. Nikon D800 menggunakan layar display LCD 3.2 inci yang bisa Anda atur ambient cahayanya secara manual maupun otomatis.

Untuk sistem autofocus D800 memiliki sistem yang sama dengan daudaranya yaitu D4 yang juga memiliki 51 titik focus yang bisa ditangkap oleh kamera. Sistem autofoucus ini bisa tetap berjalan pada kombinasi bukaan lensa f/8. Bahkan pada kondisi cahaya yang minim, sistem ini dapat tetap bekerja dengan baik. Nikon D800 memiliki kecepatan mengambil gambar yang cepat, dengan kecepatan satu detik per shutter. Kecepatan dan akurasi menjadi kemampuan terbaik yang bisa Anda dapatkan dari Nikon D800.

Fitur

Fitur lengkap untuk sebuah kamera DSLR telah dimiliki oleh D800. Termasuk fungsi merekam video yang sangat baik. Nikon D800 mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080p dengan kecepatan 24fps. Bahkan bila kita mengambil video dengan resolusi HD 720P keceptan bisa bertambah signifikan sampai 60fps. Kemampuan ini membuat Nikon D800 juga ideal untuk Anda yang bergerak dalam dunia film. Kita dapat melihat hasil foto dan video lewat projector dan TV melalui slot HDMI.

Sama seperti kamera DSLR pada umumnya, Nikon D800, Anda juga bisa melihat objek gambar yang akan Anda ambil melalui optical viewfinder, namun yang membedakan adalah Nikon D800 memiliki 100% coverage pada viewfindernya, artinya kita bisa melihat semua yang akan dicapture oleh kamera dan hasilnya akan sama dengan yang terlihat pada optical viewfinder tadi. Selain feature optical viewfinder, kamera ini juga sudah menggunakan live viewfinder sehingga kita juga dapat melihat objek yang akan difoto melalui LCD kamera saja.

Untuk keperluan menyimpan data Nikon D800 menyediakan dua tipe penyimpanan yaitu CF dan SD. Untuk merekam kecepatan tinggi, kamera ini juga mampu menggunakan jenis kartu memori UDMA-7 dan SDXC/UHS-1, serta tersedia flash built-in yang kompatibel dengan jenis kontrol nirkabel Speedlights. Sedangkan untuk kemampuan baterai, Nikon D800 menggunakan jenis baterai MB-D12 Lithium-ion yang mampu mengambil gambar hingga 900 jepretan untuk setiap pengisian penuh pada baterai. Dua kali lipat lebih banyak kamera DSLR umumnya.

Kesimpulan

Nikon D800 hadir dengan resolusi ekstrim dan kemampuan yang mencengangkan. Kamera ini memang dirancang untuk fotografer, videographer, dan film maker profesonal. Tetapi kamera ini juga bisa menjadi kamera hobi bagi Anda penggemar fotografer yang memilki kocek yang cukup tebal. Nikon D800 adalah kamera dengan kemampuan raksasa khususnya bagi Anda yang membutuhkan kualitas gambar dengan piksel besar, tetapi ingat harga kamera ini cukup tinggi mengingat Anda hanya akan mendapatkan body only untuk Anda bawa pulang. Bila Anda hanya membutuhkan ukuran piksel standar, dengan uang sejumlah 30 juta rupiah bisa Anda gunakan untuk kamera DSLR medium berikut aksesorisnya. Sekali lagi pilihan kembali di tangan Anda. [RR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel