Tahukah Anda, Apa Perbedaan Nokia PC Suite dengan Nokia Ovi Suite?

25 Apr 2012 19:00 8225 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin kita semua sudah familiar dengan keberadaan Nokia PC Suite. Sebuah *software* yang harus di-*install* pada perangkat komputer ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara ponsel Nokia dengan komputer yang Anda miliki.

Mungkin kita semua sudah familiar dengan keberadaan Nokia PC Suite. Sebuah software yang harus di-install pada perangkat komputer ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara ponsel Nokia dengan komputer yang Anda miliki. Keberadaan Nokia PC Suite bisa dibilang sudah sangat lama, mulai dari ponsel Nokia lawas seperti Nokia 6600, Nokia 3650, maupun Nokia seri N yang sedikit lebih baru. Ponsel-ponsel tersebut seringkali dihubungkan dengan komputer melalui software Nokia PC Suite.

Keberadaan Nokia PC Suite hingga sekarang pun masih bisa dinikmati. Anda dapat dengan mudah menemukan Nokia PC Suite pada situs resmi Nokia dan secara gratis dapat diunduh di sini. Ukurannya termasuk besar, yakni 66MB, namun sudah didukung dengan berbagai bahasa dunia. Nah, jika Anda sudah sangat paham betul dengan Nokia PC Suite, kini saatnya Anda mengenali saudara dekatnya yaitu Nokia Ovi Suite. Nama Ovi terdengar tidak asing bagi pecinta ponsel Nokia masa kini, Ovi disebut-sebut sebagai market layaknya Google Play Store pada ponsel Android, atau iTunes pada iOS. Tidak cukup sampai disitu saja, Ovi juga mengakomodasi layananan lainnya bagi pengguna Nokia, misalnya menyediakan push email.

Apabila Ovi sudah familiar dengan Anda, tentunya akan dengan mudah menerjemahkan Nokia Ovi Suite, suatu perangkat yang akan menyediakan ponsel Nokia masa kini yang sudah mendukung layanan Ovi untuk berkomunikasi dengan komputer, untuk mengunduhnya Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi Nokia di sini Nokia Ovi suite juga dikenal sebagai Nokia Suite. Dengan fungsi yang sama, bisa dibilang Nokia Ovi Suite adalah penerus si legendaris, Nokia PC Suite. Pada kesempatan kali ini, Plimbi akan membahas perbedaan-perbedaan mendasar dari kedua jenis software besutan Nokia tersebut. Perbedaan mendasar ada pada kompatibilitas ponsel Nokia yang didukung, jika Nokia PC Suite bisa digunakan untuk semua ponsel Nokia, mulai dari seri s40 hingga pada tingkatan Symbian yang lebih tinggi.

Untuk Nokia PC Suite bisa dibilang merupakan software wajib bagi semua ponsel Nokia yang mendukung sarana multimedia. Ya, itu adalah satu-satunya kelebihan yang dimiliki Nokia PC Suite yang terlanjur tua oleh waktu, selebihnya kelebihan ada pada Nokia Ovi Suite. Berikut kelebihannya :

1. Terdapat Ovi Store yang memungkinkan kita untuk bisa konten-konten yang disediakan secara gratis langsung melalui peranngkat komputer dan kemudian disingkronisasikan ke ponsel Nokia.

2. Memiliki kemampuan backup dan restore konten Ovi seperti aplikasi.

3. Memiliki kemampuan untuk melakukan update aplikasi dan firmware yg ada di ponsel Nokia Perlu Anda perhatikan, dukungan fitur-fitur utama tersebut hanya tersedia bagi ponsel-ponsel Nokia yang telah terintegrasi didalamnya, jika tidak, maka akan ada beberapa fitur yang tidak berfungsi. [IQ]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel