Perbandingan Ponsel Nokia Dual GSM SIM: Nokia C2-00 vs X1-01

7 Dec 2011 13:00 5288 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kita tahu bahwa Nokia merupakan salah satu manufaktur terbesar dalam teknologi *mobile*, tidak ingin semakin ketinggalan dari para pesaingnya di pasaran ponsel, baru-baru ini Nokia meluncurkan produk Nokia dual GSM barunya.

Seperti halnya kebanyakan produk besutan Nokia, tidak ada embel-embel daya tarik khusus yang ditawarkan oleh ponsel mereka di pasaran, meskipun demikian biasanya ponsel Nokia memiliki kelebihan dalam hal usia baterai dan harganya yang murah.

Kita tahu bahwa Nokia merupakan salah satu manufaktur terbesar dalam teknologi mobile, tidak ingin semakin ketinggalan dari para pesaingnya di pasaran ponsel, baru-baru ini Nokia meluncurkan produk Nokia dual GSM barunya.

Nokia dual GSM barunya tersebut adalah Nokia C2-00 dan X1-01. Nokia X1-01 merupakan ponsel Nokia dual GSM yang dilengkapi dengan microSD 16GB dan memiliki kemampuan MP3 player.

Simak kelebihan dan kekurangan dari Nokia C2-00 vs X1-01 sebagai Nokia dual GSM.

Desain dan Display

Nokia C2-00 memiliki konsep candy bar yang sederhana, materialnya terbuat dari bahan plastik yang begitu kentara. Dari segi tampilan, mungkin agak sedikit terlihat jadul seperti halnya ponsel-ponsel low end Nokia dulu. Meskipun demikian, untuk pengguna berusia lanjut ponsel seperti Nokia C2-00 ini akan sangat cocok karena menyuguhkan kemudahan dalam penggunaannya.

Sedikit berbeda dengan Nokia C2-00, Nokia X1-01 memiliki desain yang cukup menarik dengan warna cerah yang menyelimutinya. Tetapi jika Anda perhatikan, desainnya sedikit mirip seperti salah satu produk Samsung Z170, hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil dan tombol di sekitar trackball.

Secara umum, dimensi Nokia C2-00 terasa sedikit kekecilan ketika berada didalam genggaman tangan, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan mudah jika dioperasikan dengan satu tangan dibanding dengan dua tangan, terutama ketika Anda akan mengetik pesan dan mengakses tombol-tombol yang berada di sebelah kanan bawah seperti angka 9 dan #.

Kulaitas Nokia C2-00 yang disertai dengan fitur Easy Swap, memungkinkan penggantian kartu SIM kedua tanpa harus mematikan ponsel, sementara Nokia X1-01 memiliki kelebihan dalam hal ketahanan baterai yang luar biasa dengan dilengkapi fitur musik yang inovatif.

Kinerja

Nokia dual SIM merupakan ponsel dual on GSM-GSM di mana dua buah kartu SIM bisa menerima SMS, panggilan ataupun terhubung ke internet secara bersamaan. Kedengarannya memang seperti menarik, tetapi sebenarnya hal tersebut memang sebuah standar pada ponsel dual SIM on GSM-GSM pada umumnya.

Jika Nokia C2-00 diklaim sebagai ponsel minimalis, maka Nokia X1-01 yang merupakan penerus ponsel Nokia sebelumnya Nokia X1-00 diklaim sebagai ponsel musik dengan harga minimalis. Harga minimalis yang dimiliki X1-01 sayangnya tidak didukung dengan fitur kamera, berbeda dengan Nokia C2-02 yang telah mendukung kamera VGA mesipun kualitasnya tak ada yang bisa Anda harapkan.

Kesimpulan

Dalam hal desain, Nokia X1-01 memang lebih unggul daripada Nokia C2-02, tetapi jika dilihat dari fitur Nokia C2-02 yang mengunggulinnya. Hal ini wajar jika melihat dari harga yang ditawarkan di mana Nokia C2-02 ditawarkan dengan kisaran harga Rp 575.000 sedangkan Nokia X1-01 ditawarkan pada rentang harga Rp 375.000. Nokia C2-02 pun memiliki varian warna yang lebih variatif dibanding Nokia X1-01. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel