A.Hassan Guru Utama Persis

29 Mar 2019 10:20 3076 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Semenjak A.Hassan masuk Persis kemudian Persis menjadi identik dengan A.Hassan dan sebalik A.Hassan dengan Persis identik dengan Persis.A.Hassan dengan Persisnya mampu menempatkan Persis sejajar gerakan modernis Islam di Indonesia. Pemikiran A.Hassan yang tegas hingga menjadikannya guru utama Persis

       A.Hassan adalah tokoh gerakan pembaharu Islam yang berasal dari Indonesia dikenal sampai semenanjung Malaysia dan Singapura.A.Hassan dikenal ahli tafsir,ahli hadist,dan ahli berbagai ilmu pengetahuan lainnya .Tak heran A.Hassan terkenal sebagai ulama yang militan ,berpendirian kuat dan memiliki kecakapan yang luarbiasa .
        A.Hassan memiliki nama lengkap Hassan bin Ahmad yang lebih dikenal dengan panggilan Ahmad Hassan atau sering disebut A.Hassan. A.Hassan berasal dari keluarga campuran Indonesia -India ,meski A.Hassan anak keturunan India .A.Hassan lahir dan dibesarkan di negara Singapura tahun 1887 . Ayahnya bernama Ahmad atau juga bernama Sinna Vappu Maricar adalah ahli bidang agama dan , seorang penulis sastra Tamil.Ayahnya A.Hassan adalah orang India berasal dari Arab yang diberi gelar Pandit atau pendeta karena keturunan dan kealimannya ibunya bernama Muznah berasal dari Palekat,Madras,India tetapi lahir di Surabaya .Ahmad & Muznah menikah di Surabaya ketika Ahmad bekerja di kota itu kemudian mereka menetap di Singapura .
       Pendidikan yang diperoleh A.Hassan sebagian besar dari ayahnya ketika Ia masih kecil.Dari kecil A.Hassan tidak mendapat pendidikan formal mengingat sejak umur 7 tahun Ia mulai bekerja .Ia bekerja pada usia 12 tahun sambil berusaha belajar privat bahasa Arab dan beberapa ilmu pengetahuan pada sejumlah ulama seperti Muhammad Thoib dari Minto Road ,H,Ahmad dari Bukittinggi ,A.Latief dari Malaka dan Syekh Hassan,Ibrahim dari India ,Marbar .
      Pada tahun 1910-1921 A.Hassan bekerja sebagai guru bahasa Inggris ,guru agama dan beberapa pekerjaan lain sebagai pekerjaan sampingan mulai dari pedagang minyak wangi,testi,permata,agen distribusi es dan kolumnis surat-surat kabar terbitan Singapura dan Indonesia .Pada tahun 1911 A.Hassan menikah dengan Maryam yang berasal dari Peranakan Tamil,Melayu.Dari pernikahan dengan Maryam dikarunai 7 orang anak .
       Pada tahun 1924 A.Hassan pindah ke Bandung untuk meneruskan bisnis testil .Di kota ini Ia berkenalan dengan beberapa ulama Islam seperti :Mahmud Yunus dan Muhammad Zamzam .Mereka terkenal sebagai pedagang testil yang sukses dan juga diken sebagai tokoh Persatuan Islam yang didirikan tahun 1923. Dari perkenalannya dengan Muhammad Zamzam,Mahmud Yunus ini pula yang menghantarkan A.Hassan masuk bergabung organisasi Persis pada tahun 1926 .
      Sejak A.Hassan  masuk Persis membawa organisasi Persis ini menjadi berbeda,unik memiliki cirikhas menjadi pembeda dengan organisasi lainnya di Indonesia yakni berdebat dalam meluruskan ,mempertahankan pemahamannya dalam.ajaran Islam.A.Hassan masuk Persis bukan tertarik pada paham-pahamnya melainkan ternyata A.Hassanlah yang membawa Persis menjadi gerakan Islah 
      Alasan lain yang mendorong A.Hassan masuk Persis adalah kesadaran A.Hassan yang menyadari pemikirannya memang sebaiknya dituangkan dalam sebuah gerakan agar bisa berkembang efektif.Semenjak A.Hassan bergabung Persis yang akhirnya membawa organisasi ini menjadi menarik,unik dimana gabungan pemikiran A.Hassan yang tajam sama Persis yang keras menjadikan sebuah gerakan Tajid yang cepat meluas .
     Pada masa berikutnya boleh dikatakan Persis identik dengan A.Hassan dan Ia menempatkan Persis dalam barisan gerakan pembaharuan modernis di Indonesia.A.Hassan dengan gerakan Persisnya membawa perkembangan luarbiasa bagi Persis dengan pemikiran-pemikirannya yang tegas hingga kemudian A.Hassan menjadi guru utama Persis .A.Hassan sebagai guru utama Persis dengan pemikiran-pemikirannya mampu membawa Persis menjadi sejajar dengan organisasi pembaharuan dimasanya.
       A.Hassan dikenal sebagai ulama yang berkharisma membuat Persis semakin unik dengan metode dakwahnya yaitu berdebat .Perdebatan yang dilakukan dengan berbagai tokoh ,pendeta yang digelar beberapa kali boleh dikatakan tak terkalahkan . Menariknya dalam beberapa perdebatan yang digelar A.Hassan berhasil mengislamkan kaum Atheis .
      Keberanian A.Hassan berdebat yang demikian itu pada akhirnya memunculkan pemikiran kritis dalam menghancurkan taklid  dikalangan umat Islam. A.Hassan dikenal tokoh tegas pemikirannya adalah sosok ulama yang tetap memiliki kelemahan  kelebihannya ,namun meski demikian A.Hassan seorang ulama keturunan India yang selalu tetap berpenampilan sederhana berpakaian Indonesia memakai sarung dari kain pelekat India,jas putih,tutup leher,memakai sepatu ,berpeci hitam dalam menghadiri berbagai pertemuan.
       Sikap pendirian A.Hassan yang keras,kuat dan terkadang kontroversial terutama berhadapan berbagai persoalan yang tidak sesuai ajaran Islam ,bahkan tak jarang menimbulkan reaksi banyak orang hingga timbul kebencian ,permusuhan yang datang dari teman sendiri.Ia ttetap tegas pada pendiriannya.namun dibalik itu semua A.Hassan adalah orang yang ramah,santun,supel,pandai bergaul dan hormat pada siapapun walau pada musuhnya sendiri.
      Dibalik sosok yang dikenal tegas A.Hassan adalah penulis yang produktif dengan karya-,karya bukunya berbahasa Indonesia jumlahnya mencapai puluhan dari masalah agama di antaranya masalah  taklid Beberapa buku tersebut seperti:buku At Tauhid,pengajaran sholat,Halalkah bermadzab dan lainnya.

Tags

About The Author

Ningsih 25
Pena

Ningsih

seorang penulis yang lagi belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel