Media Sosial dan Generasi Milenial

6 Nov 2020 17:25 885 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Media sosial dan generasi milenial yang tidak terpisahkan, karena generasi mileniallah membuat media sosial berkembang seperti sekarang ini

Generasi milenial atau sering disebut Millenials adalah sebutan untuk generasi yang  lahir tahun 1980- 2000-an.Generasi yang disebut generasi milenial  ini sering disebut generasi praktis , karena untuk mendapatkan informasi hanya dengan mengakses internet  .Generasi milenial belakangan ini menjadi perbincangan publik hingga kemudian istilah generasi milenial demikian fenomena ,populer dikalangan masyarakat.  demikian melek digital yang kemudian disebut masyarakat digital
     
Generasi milenial ini terbiasa hidup dengan internet ,game,gadget dalam kehidupan sehari- hari.Generasi milenial yang terbiasa hidup dengan internet ,game,gadget dalam kehidupan sehari membuat gaya hidup generasi milenial  demikian maju dan mampu berpikir ke depan .Kebiasaan generasi milenial zaman now memang menjadi kebiasaan yang unik dan khas anak muda zaman sekarang .Kebiasaan generasi milenial yang tidak bisa lepas dari tehnologi hingga mereka menggantungkan sebagian hidupnya  dengan tehnologi dan media sosial.

     
Generasi Milenial yang hidup diera digital dimana segala aktivitas menuntut serba cepat  tidak lepas dari  perkembangan tehnologi digital.Gaya hidup generasi milenial yang demikian modern dan selalu aktif di media yang lain dari biasanya. Media ini tidak lagi berbentuk media televisi,media  visual atau media audio   dan dunia baru ini yang  kemudian dinamakan media sosial .Media sosial yang dikenal sebagai sarana bagi generasi milenial  untuk berselancar di dunia maya itu seperti: Facebook,Twitter,Whatsapp,Line dan media sosial lainnya menjadi tempat yang asyik berkomunikasi   sesama pengguna media sosial lainnya dengan membentuk grup hingga kemudian terbangun komunikasi yang baik  diantara mereka.


Mereka yang disebut generasi milenial ini dikenal  memiliki akun- akun  media sosial yang demikian aktif berselancar di dunia maya . Generasi milenial  ini selalu terus menerus mengikuti perkembangan tehnologi agar tidak dipandang  gagap tehnologi alias Gaptek .Sisi lain generasi milenial dikenal demikian aktif dalam mengikuti perkembangan media sosial hingga kemudian generasi milenial ini dengan media sosial tak bisa dipisahkan.


Media sosial dan generasi milenial  dalam perkembangannya dewasa ini menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dan  memiliki hubungan demikian erat.Hal ini dilihat dari pola hidup generasi milenial dalam memahami perkembangan tehnologi modern yang berkembang dewasa ini.Generasi milenial ini dalam memahami perkembangan tehnologi modern demikian cepat dan tanggap .

Perkembangan tehnologi yang dinamakan media sosial tersebut menjadikan generasi milenial sebagai garda depan membangun bangsa dengan ide,gagasan ,pemikiran yang tidak terfikirkan sebelumnya  .Media sosial yang awalnya hanya tempat berbagi chat kini oleh generasi milenial tidak lagi menjadi sebatas membangun komunikasi sesama sahabat ,teman,keluarga  melainkan media sosial tidak saja  sebagai tempat  berbagi informasi berita,hingga membangun bisnis  .   

Generasi milineal yang awalnya selalu terabaikan ,bahkan seringkali kata milenial   dijadikan pusaran perdebatan. Ada sebagian masyarakat yang menyebut milenial  sebatas anak muda  seperti  remaja pada  umumnya yang ada di Indonesia saat ini seperti kenakalan remaja  dengan perilaku yang menyimpang dari norma- norma dalam masyarakat .


Pandangan tentang generasi milenial atau anak muda diera zaman now ini ternyata tidak seperti yang dikatakan selama ini .Generasi milenial zaman now seperti sekarang ini ternyata tidak berbahaya malahan  kini mereka diincar oleh berbagai pihak termasuk panggung politik ,karena  nyatanya mereka  mampu berfikir dengan rasional dan memiliki cara berfikir yang independen ,modern dan berjiwa muda.Generasi milenial yang berjiwa muda ,energik dan mampu menjawab tantangan zaman     dengan baik dan mampu  bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai sarana membangun ekonomi yang lebih baik dimasa depan .

Media sosial   zaman now tidak lagi  menjadi sarana komunikasi melalui akun- akun media sosial sebagai pengguna yang pasif dengan hanya chat,membuat status di Facebook,Twitter, Line,Whatsap.


Generasi milenial saatnya kini beraksi dengan kegiatan- kegiatan yang positif dan inovatif  menjadi pengguna Media sosial yang aktif seperti pembuat konten aktif ,pemberi kritik dan saran pada forum online  hingga menjadikan media sosial sebagai alat atau media untuk mendapatkan uang atau menjadikannya sebagai sebuah profesi dari media sosial.Dari media sosial tersebut generasi milenial bisa  dijadikan sebagai sarana sebagai profesi Youtuber,selebgram hingga menjadi blogger terkenal.
     
Media sosial  dengan kelebihannya bukan hanya  untuk berbagi cerita,tulisan,aktivitas saja.Kini Media sosial yang sarat dengan fitur- fitur modern dari mulai foto,file,gif dan video generasi milenial bisa menciptakan lapangan kerja yang disebut Start up .Start up adalah bisnis usaha digital yang baru dirintis dengan memanfaatkan  akun media sosial dalam bisnisnya.Startup berbasis tehnologi dengan pemanfaatan media sosial pada berkembangannya mengalami kemajuan yang luar biasa.


Bermodal akun  media sosial generasi milenial mampu mencari rezeki dengan cepat ,bahkan usaha bisnis  startup - startup ini sukses justru milik generasi milenial. Startup yang dikembangkan oleh generasi milenial seperti e-commerse memberi kemudahan dalam berbelanja dengan mudah melalui gadget dan akses internet.


Kehadiran industri Startup tidak hanya mampu mengubah gaya hidup,melainkan mampu membangun peradapan dan generasi yang inovatif ,kreatif serta dinamis. Dari perkembangan yang demikian tersebut dapat dikatakan peran   media sosial dan generasi milenial menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Media sosial menjadi tempat ekspresi diri bagi generasi milenial yang kemudian bisa jadi ekspresi generasi milenial ini menjadi sebuah informasi.Dari sisi lain media sosial dan generasi milenial kehadirannya menjadi pembeda ditengah- tengah masyarakat  

Tags

About The Author

Suryatiningsih 38
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel