Generasi Milenial Masa Kini

9 Nov 2020 10:15 482 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Generasi milenial masa kini

Generasi milineal yang awalnya selalu terabaikan ,bahkan seringkali kata milenial dijadikan pusaran perdebatan dewasa ini. Ada sebagian masyarakat yang menyebut milenial  sebatas anak muda  seperti  remaja pada  umumnya yang ada di Indonesia saat ini seperti kenakalan remaja, dengan perilaku yang menyimpang dari norma- norma lainnya di kalangan masyarakat.

Pandangan tentang generasi milenial atau anak muda diera zaman now ini ternyata tidak seperti yang dikatakan selama ini .Generasi milenial zaman now seperti sekarang ini ternyata tidak berbahaya malahan  kini mereka diincar oleh berbagai pihak termasuk panggung politik, karena nyatanya mereka mampu berfikir dengan rasional dan memiliki cara berfikir yang independen ,modern dan berjiwa muda.Generasi milenial yang berjiwa muda ,energik dan mampu menjawab tantangan zaman dengan baik dan mampu bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai sarana membangun ekonomi yang lebih baik dimasa depan .

Generasi milenial dipandang memiliki peran penting dalam revolusi industri 4.0 . Generasi milenial yang dikenal kehidupannya begitu melekat dengan media sosial dan internet ini dipandang  mampu berinovasi dan berkreasi dalam revolusi industri .Dari generasi milenial ini di era industri baru seperti: pekerjaan ,cara  berkomunikasi,berbelanja,bertransaksi  hingga gaya hidup dipandang bisa  lebih berkualitas dan dunia industri pun dengan keberadaan generasi milenial mampu menciptakan serta membuka usaha baru dan lapangan pekerjaan baru.

Revolusi Industri 4.0. dalam perkembangannya membutuhkan generasi muda untuk mengembangkan industri digital ,karena generasi muda yang disebut generasi milenial dipandang paling siap menghadapi tantangan dimasa depan. Sisi lain Indonesia sudah menetapkan Roadmap Making Indonesia 4.0 menghadapi revolusi industri 4.0 sebagai strategi mencapai target 10 besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2030. Indonesia dipandang mampu bersaing menghadapi  industri global yang telah ada didepan mata .

Jumlah penduduk yang banyak mencapai 200 juta jiwa lebih kemudian ditunjang  infrastruktur memadai dan sumber daya manusia yang dimiliki  Indonesia bisa menjadi modal penting menghadapi revolusi industri 4.0.Modal yang dimiliki Indonesia selama ini bisa memiliki nilai lebih dengan adanya generasi milenial ,Milenial memiliki keahlian mumpuni yang mampu meningkatkan produktivitas industri.Milenial juga dianggap mampu menciptakan industri baru , mengurangi pengangguran ,menguatkan,memperbesar pasar domestik ataupun global.

Indonesia memiliki kemampuan besar dalam revolusi  industri  04 dengan memperdayakan generasi milenial .Generasi milenial yang dimiliki  Indonesia jumlahnya mencapai 90 juta jiwa, sebuah umlah yang tidak sedikit .Sementara itu,Indonesia memerlukan sekitar 17 juta jiwa tenaga kerja yang melek tehnologi digital pada tahun 2030.Tidak sekedar tenaga kerja yang  melek tehnologi digital,tetapi perlu pelatihan ,pembekalan pada generasi milenial berupa pendidikan formal ,non formal ,informal yang relevan .

Tags

About The Author

Suryatiningsih 38
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel